+6285338000050 +6282247117719 +62370-6173082 lombokclick@gmail.com
+6285338000050 +6282247117719 +62370-6173082 lombokclick@gmail.com

Month

Juni 2016

Kata lombok memang terkesan aneh, kenapa demikian? Karena lombok artinya cabe dan banyak para wisatawan yang datang ke lombok selalu membayangkan kuliner yang pedas lantaran makna lombok itu cabe, tapi makna kata lombok yang sebenarnya adalah “lurus” yang memang sudah tertulis sejak jaman kerajaan Majapahit pada buku negara kertagama yang berbunyi ” lombok Sasak Mirah Adi ” terus apa makna dari kalimat tersebut? Kalau kita kaji kalimat tersebut dengn cara pisahkan perkata yaitu lombok artinya lurus, Sasak artinya orang lombok sendiri, Mirah artinya permata dan Adi artinya kejayaan. Nah sudah jelas sekarang makna kalimat yang sudah tertulis di buku negara kertagama tersebut, yaitu orang lombok yang memiliki hati yang lurus untuk di jadikan  permata kejayaan.

Lombok memang sudah mengalami peradaban yang panjang bukan hanya peradaban dari kerjaan Majapahit tapi sudah di kuasai sebelumnya oleh kerajaan Sriwijaya yang terbukti dengan ditemukannya bukti arkeologis yaitu empat arca Budha yang dimana 2 di simpan di musium pusat Jakarta dan 2 lagi di simpan di musium NTB, dan masih banyak lagi penemuan penemuan para arkeolog yang membuktikan bahwa lombok sudah exist sejak dahulu kala.

Terus apa donk bukti kerajaan Majapahit yang lain selain tulisan di buku negara kertagama itu? Banyak kok buktinya antara lain nama nama daerah di Lombok banyak yang sama dengan nama kota di Jawa contohnya kota Kediri, di lombok pun ada desa Kediri, kota Gersik, di Lombok pun ada desa Gersik, kota Surabaya, di Lombok pun ada desa Surabaya dan masih banyak daerah lain. Terus dari tulisan aksara kejawen, di Lombok pun sama bentuk tulisannya, kalau di Jawa dibaca Ho No Co Ro Ko, tapi di Lombok dibaca Ha Na Ca Ra Ka, itulah buktinya bahwa lombok sudah sering di kunjungi orang luar. Naaaah pasti berpikir “masak saya kalah dengan orang zaman dulu yang sudah datang ke lombok dan tidak tau pakai apa mereka datang”. Ayok makanya ke lombok biar tidak penasaran.

Dimana sih lombok itu? Oke!!!! lombok itu bereda percis di timurnya Bali terpisah oleh selat Lombok yang terkenal dengan nama wilies Line pemisah flora dan fauna yaitu bali ke barat mengikuti flora dan fauna Asia sedangkan lombok ke timur mengikuti flora dan fauna Australia  dan di timurnya lombok ada pulau Sumbawa yang terpisah dengan selat alas. kalau kita datang menggunakan pesawat dari Jakarta waktu tempuhnya sekitar 2 jam, Surabaya sekitar 1 jam, kalau dari Bali hanya 30 menit, Deket kok, apa lagi sekarang lombok sudah punya airport internasional walaupun masih sederhana he he he he, tapi ada penerbangan direct dari malaysia, singapore, dulu sempat ada dari Australia Perth dan akan ada dari Hongkong dan Dubai. Terus suku asli lombok adalah suku Sasak yang menggunakan  bahasa sasak sebagai bahasa sehari hari dengan luas pulau 4.725km2  dan jumlah penduduknya sekitar 3.000.000 jiwa yang 80% Muslim sisanya hindu, Kristen, Katolik, Konghucu dan budha, lombok terbagi menjadi 4 kabupaten dan satu kodya yaitu kab Lombok timur, Kab Lombok tengah, Kab Lombok barat, Kab Lombok Utara dan kodya mataram sebagai pusat pemerintahan, komersial dan pendidikan.

Masih bingung niiiih kalau mau ke lombok? Jangan khawatir di Lombok sekarang sudah banyak Tour and Travel yang menyediakan jasa paket liburan di Lombok yang resmi yang akan membawa Anda ke tempat tempat yang indah di Lombok, karena di Lombok adalah surganya dunia bagi wisatawan manca negara karena di Lombok pantainya indah indah, air terjun cantik cantik, budayanya menarik, banyak pulau kecil yang kami sebut Gili yang di jadikan tempat persinggahan yang menakjubkan bagi Tourist asing, pemandangan bawah laut yang menawan, gunung Rinjani yang tinggi nan indah sebagai gunung tertinggi no 2 di indonesia dan masih banyak lagi.

Pasti dah mahal kalau ke lombok? Jangan khawatir di Lombok pun banyak Tour and Travel yang menyediakan paket wisata murah di Lombok, pokoknya jangan sampai tidak ke lombok, pasti Anda akan terus penasaran dengan cabe di Lombok, pedes banget atau sekedar pedes,

silakan cek gambar untuk tempat – tempat wisata yang indah di Lombok.

Air Terjun Mangku Sakti Lombok

Liburan di Lombok binggung mau ke mana? Objek wisata di Lombok memang bikin bingung, ada objek wisata pantai, gunung, kuliner, sampai air terjun. Semuanya menarik dan patut dikunjungi. Nah, salah satu objek wisata yang memiliki kencantikan gila, ya Air Terjun Mangku Sakti Lombok. Kecantikannya yang super gila bakalan bikin kamu heboh sendiri.

Letak objek wisata ini adalah di Desa Sanjang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Menuju tempat ini kamu bisa menggunakan kendaraan motor atau mobil. Jaraknya sekitar 50 km dari pusat kota Selong, ini jika kamu melewati jalur perbukitan Sembalun, akses jalannya cukup terjal dan kamu akan merasakan hawa yang sangat sejuk. Kamu juga bisa melewati jalur pantai timur ke arah utara, yaitu melewati Kecamatan Sambelia jaraknya sekitar 100 km, bedanya jalannya landai dan hawanya panas. Kamu bisa memilih jalur mana yang ingin kamu lewati.

Air Terjun Mangku Sakti ini dikelola oleh masyarakat setempat. Sesampainya di area parkir kamu harus membayarRp. 10.000 untuk motor, sedangkan mobil Rp. 20.000. Uang parkir tersebut sudah termasuk tiket masuk. Dari area parkir, kamu masih harus menempuh perjalanan sekitar 4 km. Kalau kamu menggunakan motor kamu bisa melanjutkan perjalananmu menuju air terjun dengan motor. Namun, jika kamu menggunakan mobil, kamu akan kesulitan. Ini karena akses mobil yang tidak bisa masuk ataupun sulit karena jalannya tanah kerikil, becek, dan berbatu. Sehingga, kamu harus berjalan kaki.

Perjalananmu pasti akan menyenangkan karena ditemani padang ilalang yang cantik dan bernuasa romantis atau bisa juga sendu. Nah, di padang ilalang ini kamu bisa istirahat sejenak sambil foto-foto. Kemudian lanjut perjalan ke Air Terjun Mangku Sakti Lombok! Kamu juga akan menemukan hutan yang menawarkan kesejukan dan menghalangi panas sinar matahari, Sehingga, perjalananmu akan lebih teduh, dan tidak menguras keringat.

Akan ada penanda masuk Air Terjun Mangku Sakti. Kamu bisa memarkir motormu, dan beristirahat sebentar untuk membeli makanan atau minuman di pedagang yang berada di area penanda masuk. Dari sini, kamu tinggal berjalan kaki sekitar 1 kilometer lagi.

Sesampainya di Air Terjun Mangku Sakti perjalanan panjangmu akan terbayar lebih. Air terjunnya super cantik, warnanya kebiruan dan sangat jernih. Ditemani, suara hewan-hewan merdu yang bersembunyi di hutan yang mengelilingi air terjun ini. Pasti membuatmu merasa rileks. Air terjunnya tunggal, tingginya sekitar 20 meter. Jangan lewatkan mandi di air terjunnya, dan mendapat terapi pijat gratis dari tekanan air terjun ini.

By Zahratul Wahdati

Pulau Lombok, dengan keindahan alamnya yang kemudian diimbangi dengan dengan predikat Pulau Seribu Masjid, sangat pantas dinobatkan menjadi Destinasi Wisata dan Destinasi Bulan Madu Halal Terbaik di Dunia. Salah satu destinasi wisata menakjubkan yang turut mendukung tercapainya prestasi membanggakan dari Pulau Lombok ini terletak di Dusun Waker, yaitu Air Terjun Sekeper.

Air Terjun Sekeper merupakan air terjun yang katanya tertinggi di Pulau Lombok. Berlokasi di Dusun Waker, Desa Santong, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara. Berbeda dengan ketinggian air terjun pada umumnya, air terjun ini memilki ketinggian sekitar 113 meter. Sangat jauh berbeda dengan ketinggian air terjun pada umumnya yang hanya berkisar antara 30 atau 40 meter saja. Selain tertinggi, banyak orang juga menyebut kalau air terjun ini merupakan yang terindah di Pulau Lombok.

Meskipun begitu, setidaknya butuh perjuangan yang tidak mudah untuk sampai di Air Terjun Sekeper. Lokasinya yang cukup tersembunyi di tengah hutan serta kondisinya yang masih alami menjadikan Air Terjun ini surga yang tersembunyi. Mengingatkan kita bahwa segala sesuatu yang indah tidak bisa digapai dengan instan, butuh perjuangan untuk mencapai itu semua. Nah, begitulah kira-kira analogi yang tepat untuk proses menuju air terjun ini.

Terbukti, jalur yang sulit justru menjadi daya tarik dan keunikan tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung. Banyak wisatawan yang justru suka dengan jalur yang dilalui, meskipun harus memakan waktu dan tenaga ekstra. Apalagi bagi para pecinta traveling yang haus akan tantangan, menyusuri hutan menuju Air Terjun Sekeper ini sangatlah direkomendasikan. Karena jalan yang ditempuh bisa dibilang cukup ekstrim, berupa jalan setapak yang terjal dan curam.

Buat kamu yang ingin mengunjungi Air Terjun ini, tidak perlu biaya yang mahal. Kamu cukup membayar Rp. 3.000 per orang dan untuk biaya parkir yaitu sebesar Rp. 5.000 per kendaraan. Setelah memastikan kendaraan terparkir dengan aman, kamu bisa mulai menyusuri hutan dan petualangan sesungguhnya dimulai dari sini.

Terakhir, pastikan untuk membawa bekal berupa air minum atau beberapa makanan, karena perjalanan panjang di dalam hutan akan menguras banyak tenaga. Nah, penasaran? Segera kemasi barang-barangmu untuk berlibur ke Air Terjun Sekeper, air terjun tertinggi dan terindah di Pulau Lombok.

Kecantikan bawah laut Sumbawa Island persis istana megah dan mewah di bawah laut. Kalau tidak percaya coba deh datang saja ke Sumbawa. Apalagi untuk para pecinta surfing dan Diving, kamu wajib mengunjungi Sumbawa. Kecantikan bawah laut Sumbawa pasti membuatmu berdecak kagum dan jatuh cinta.

Surga di Pulau Sumbawa ini letaknya di Nusa Tenggara Barat. Tepatnya di sebelah Pulau Lombok. Kamu memang butuh waktu cukup lama untuk menjangkau Pulau Sumbawa. Tapi, perjuangan itu akan dibayar lebih oleh kecantikan Pulau Sumbawa. Bahkan dari mulai kamu menyentuhkan kaki di pasir putih bersih dan tentu cantik. Lautnya yang masih sangat alami. Ombaknya yang sempurna. Kecantikan Sumbawa benar-benar sulit untuk dideskripsikan. Tetapi, lebih pantas untuk dikagumi dan diabadikan lewat kamera.

Salah satu keistimewaan atau nilai plus Sumbawa yang sudah terkenal dan merajalela adalah ombaknya yang sempurna. Gelombang ombaknya terkenal menantang. Bagi kamu para peselancar, Sumbawa sungguh akan menjadi surga bagimu. Jiwamu pasti akan terasa bebas. Tertantang abis untuk menaklukan gelombang ombak Sumbawa. Pasti seru abis!

Keistimewaan yang menjadi nilai plus Sumbawa adalah negeri bawah lautnya. Bagi para pecinta olahraga diving akan menjadi gila melihat keeksotisan bawah lautnya. Tapi, hati-hati jangan sampai lupa naik ke atas saking terhipnotisnya dengan dunia bawah laut Sumbawa, ya!

Gak Cuma itu, kamu juga akan melihat keunikan dari budaya di Pulau Sumbawa. Di Pulau Sumbawa ada dua kelompok budaya utama yaitu Tau Samawa di barat dan Dou Mbojo di Timur. Kamu bisa menemukan beberapa peristiea ritual yang dilakukan oleh masyarakat sekitar. Kamu bisa melihat balap kerbau dan berempuk yaitu pertandingan tinju ritual. Budaya ini menjadi pelengkap petualanganmu di Pulau Sumbawa.

Istimewa banget kan, Pulau Sumbawa. Ini sesuai dengan slogan Sumbawa, yaitu BESAR singkatan dari Bersih, Elok, Sehat, Aman Damai, Rapi. Tepat sekali mengambarkan keindahan Pulau Sumbawa ini.

Pulau Sumbawa akan menawarkan pengalaman wisata yang berbeda untukmu dari pada pulau tetangganya yaitu Lombok dan Bali. Bedanya Lombok dan Bali menawarkan infrastruktur pariwisata dengan resor yang elegan dan menawan. Sedangkan Pulau Sumbawa akan membawamu merasakan petualangan seru dan budaya lokal yang sangat menarik tentunya.

 Gimana, kamu sudah tidak kuat menahan Pulau Sumbawa? Pastilah! Jadi, siapkan tanggal untuk liburanmu di Pulau Sumbawa! Jangan lupa mengajak teman-temanmu, keluarga, sahabat, dan kekasih ke Pulau Sumbawa, ya!

By Zahratul Wahdati

Gambar Gili Kedis

Kalau Gili Trawangan, Gili Air, atau Gili Meno mungkin sudah tidak asing di telinga para pecinta traveling. Nah, tapi gili yang satu ini kemungkinan besar belum banyak yang tahu. Populer berkat sosial media dan promosi dinas pariwisata menjadikan gili ini mulai mencuat ke permukaan. Beberapa orang juga mengetahuinya dari mulut ke mulut. Nah, mari kita berkenalan dengan gili yang imut ini, namanya adalah Gili Kedis.

Gili Kedis, merupakan gili mungil nan indah yang berada di Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat. Untuk mengunjungi gili ini, dari Kota Mataram dibutuhkan waktu sekitar 1 jam lebih perjalanan. Lokasinya yang agak sedikit masuk ke perkampungan dan sekitar 2 kilometer akses menju lokasi gili melewati jalan tanah bebatuan yang cukup menyulitkan. Hal ini lah yang menyebabkan gili yang sangat indah ini menjadi tidak seterkenal para pendahulunya.

Bagi kebanyakan orang, mendengar kata gili mungkin yang terlintas adalah tiga gili yang paling populer di Pulau Lombok, yaitu Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan. Tapi siapa sangka Gili Kedis ini ternyata memiliki keindahan yang bisa dikatakan setara dengan gili-gili sebelumnya. Apalagi gili ini memiliki keunikan yaitu pulaunya yang sangat kecil dengan wisatawan yang masih sedikit. Luasnya mungkin hanya sekitar pekarangan rumah pada umumnya. Jadi, bagi kamu yang ingin relaksasi dan menikmati ketenangan berada di pinggir pantai, jauh dari hingar-bingar perkotaan, gili ini adalah tempat yang kamu cari. Berada di Gili ini memberikan suasana  santai yang mungkin kamu idam-idamkan.

Sebenarnya di lokasi tersebut terdapat juga tiga gili lainnya yang lokasinya cukup berdekatan, namun dari keempat pulau tersebut, Kedis adalah gili yang paling kecil sekaligus paling indah. Selain itu, banyak hal lain yang bisa dilakukan, seperti snorkling. Tidak perlu menyelam cukup jauh untuk menikmati keindahan bawah laut di pulau ini. Beberapa meter saja dari bibir pantai kamu sudah bisa menemukan ikan-ikan kecil yang indah serta terumbu karangnya yang terjaga. Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa bermain banana boat, berenang, bersantai dengan hembusan angin sepoy dan deburan ombak kecil, ataupun sekadar berfoto bersama keluarga dan rekan-rekan.

Kamu tentu tidak akan melewatkan keindahan alam dari gili ini, bukan? Menikmati ketenangan Gili Kedis, gili yang membuatmu merasa seperti memilikinya.

By Lalu Razieb Ariaharfi (Zi)

Air Terjun Benang Stokel

Indonesia memang super unik, salah satunya tentang mitos atau kepercayaan masyarakatnya. Di Lombok juga banyak mitos-mitos itu, bahkan di beberapa tempat memiliki mitos masing-masing. Salah satunya di objek wisata Air Terjun Benang Stokel Lombok. Objek wisata ini menawarkan mitos uni yang nakal menggodamu untuk berkunjung.

Menuju Air Terjun Benang Stokel, kamu bisa menggunakan kendaraan mobil atau motor. Air terjun ini terletak di Dusun Pemontoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Keliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah. Jika kamu dari Kota Mataram, kamu akan menempuh kurang lebih 30 kilometer dengan waktu sekitar 1 jam. Perjalanan menuju tempat ini sangat menyenangkan, kamu akan melihat persawahan, perkebunan cokelat dan kopi.

Apa sih uniknya air terjun ini? Keunikan pertama yaitu air terjun yang populer dikunjungi wisatawan ini menawarkan solusi kepadamu yang ingin mendapatkan kulit cantik dan rambut lebat. Mau mendapatkan keduanya? Caranya gampang. Kamu berenang saja di kolam bawah air terjun. Karena air terjun ini dipercaya masyarakat sekitar dapat mempercantik kulit dan membuat rambut lebat.

Ya, meski itu hanya mitos. Tetapi, apa salahnya mencoba untuk membuktikannya mitos tersebut? Apalagi melihat godaan Air Terjun Benang Stokel sebab airnya begitu jernih, dingin, dan segar. Kamu pasti tidak akan kuat untuk tidak berenang. Jangan lewatkan mendapat pijat refleksi alami di bawah air terjun. Air terjun akan dengan mahir memijatmu hingga badanmu terasa lebih ringan.

Mitos itu baru satu keunikan. Ada keunikan lainnya yang bikin penasaran yaitu asal nama Air Terjun Benang Stokel. Air terjun ini dinamakan stokel karena air yang jatuh seperti serat-serat benang yang bersama-sama jatuh. Air terjun ini, jatuh dengan menawan di antara tebing yang berwarna hijau karena terlapisi lumut dan pakis. Pesona ini tentu akan membuatmu merasaan kedekatan dengan alam, membuatmu lebih releks, sehingga ini juga salah satu solusi mendapatkan kulit cantik dan rambut lebat, bukan? Karena salah satu penyebab kulit kusam dan rambut rontok adalah stress.

Keunikan lainnya pastinya dari bentuk air terjunnya, dong! Air Terjun Benang Stokel memiliki tinggi 30 meter dengan dua titik air terjun yang cantik. Kedua titik air tersebut memiliki debit air yang berbeda. Yang kiri besar dan yang kanan lebih kecil.

Duduk di pendopo menjadi solusi ketika kamu lelah bermain air. Di tempat ini ada tiga pendopo. Sedangkan untuk membeli makanan dan minuman, kamu bisa membelinya di warung sederhana di areal parkir dan di dekat pintu masuk.

Untuk harga tiket masuk, Rp. 3.000 per orang untuk wisatawan lokal, sedangkan Rp. 10.000 per orang untuk wisatawan manca negara. Sedangkan untuk penginapan terdekat di Kota Praya sekitar 25 kilometer.

By Zahratul Wahdati

Gambar Gili Trawangan

Pulau Lombok dikenal dengan julukan Pulau Seribu Masjid karena memiliki banyak sekali masjid. Konon, jarak antar masjid di Pulau Lombok tidak lebih dari 100 meter. Namun, bukan hanya masjid yang melekat di benak banyak orang ketika mendengan Pulau Lombok, orang-orang akan membayangkan sebuah pulau kecil dengan keindahan alamnya yang mengagumkan. Ya, salah satu titik di mana keindahan alam tersebut terpampang nyata adalah di pulau kecil sebelah utara Pulau Lombok yang bernama Gili Trawangan.

Gili Trawangan, siapa yang tak kenal dengan pulau kecil yang namanya sudah mendunia ini? Merupakan destinasi wisata andalan di Kabupaten Lombok Utara. Setiap harinya, pulau kecil ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, bahkan sebagian besar wisatawan yang berkunjung adalah turis mancanegara.

Sebenarnya, gili ini berada berdampingan dengan 2 pulau kecil lainnya, yaitu Gili Air dan Gili Meno. Bahkan lokasi Gili Trawangan lebih jauh dibandingkan dua gili lainnya. Namun entah bagaimana, Trawangan menjadi yang terfavorit dan paling banyak pengunjungnya dibandingkan yang lain. Padahal, dari segi keindahan alam dua gili lainnya pun tidak kalah indahnya. Mungkin yang menjadi kelebihan dari gili trawangan adalah karena fasilitas yang tersedia sudah sangat lengkap, mulai dari hotel, sampai fasilitas penunjang berwisata. Tapi, kalau kamu berkunjung ke Gili Trawangan, jangan sampai melewatkan untuk mengunjungi Gili Air dan Gili Meno juga, karena kedua gili lainnya memiliki keunikannya tersendiri.

Keindahan alam di Gili Trawangan tidak perlu diragukan lagi. Sejak dulu, bahkan jauh sebelum Pantai Pink atau pantai pantai lainnya populer di Pulau Lombok, Gili Trawangan adalah yang paling diminati untuk dikunjungi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Lombok, bahkan masih menjadi yang terpopuler sampai saat ini.

Keindahan yang khas dari gili ini adalah pasir putih dengan lautnya yang biru dan bersih. Memanjakan setiap mata yang memandangnya. Belum cukup sampai di situ, alam bawah lautnya yang sangat terjaga membuatmu bisa berenang bebas bersama ikan-ikan kecil, bahkan sambil memberi mereka makan. Terumbu karang dan segala keasrian laut benar-benar terjaga dengan baik.

Di Gili Trawangan atau semua gili lainnya yang ada di Pulau Lombok memiliki udara yang sangat steril. Kenapa demikian? Karena di sana sudah ada aturan untuk tidak diperkenankan kendaraan bermotor beroperasi. Jadi, hanya sepeda atau Cidomo (Dokar) saja yang menjadi sarana transportasi. Aturan khusus ini terus dijaga oleh penduduk setempat hingga menjadikan kelebihan dan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin berkunjung.

Nah, dari beberapa kelebihan yang disebutkan di atas hanya contoh kecil bagaimana Gili Trawangan sangat memukau dan digandrungi oleh seluruh kalangan untuk berlibur. Bagaimana? Sudah kemasi barang-barangmu untuk segera berlibur ke Gili Trawangan?

By Lalu Razieb Ariaharfi

Pantai Ampenan

Dunia saja sudah mengakui keromantisan Pulau Lombok. Kamu juga pasti sudah mengakui hal itu kan? Jadi dibandingkan ke Paris mending ke Lombok. Di pusat kota saja, tepatnya di Mataram, kamu akan mendapat suasana romantis di Pantai Ampenan. Pantai ini terdekat dari pusat kota, cum butuh waktu sekitar 15 menit saja untuk menuju pantai ini. Di pantai ini kamu bisa melakukan banyak aktifitas.

Dimulai bahkan sebelum kamu sampai di Pantai Ampean, kamu akan melewati Kota Tua Ampenan. Bangunan-banggunan tua dan klasiknya sangat cocok dijadikan latar belakang fotomu. Latar belakang peninggalan sejarah kejayaan Kota Ampenan zaman dulu ini masih berdiri kokoh yang punya keunikan sendiri. Bahkan kecantikan Kota Ampenan ini sering dijadikan foto prewedding, lho!

Sesampainya di Pantai Ampenan, suasana pantai ini yang asri. Meskipun pasirnya hitam, tetapi tidak akan menyurutkanmu untuk bermainkamu air, berenang, bermain pasir, ataupun memancing.  Di Pantai Ampenan kamu juga bisa surfing. Lokasi yang paling cocok dan sering untuk surfing adalah di pojok atau ujung sisi pantai. Lokasi tersebut terkenal paling sempurna untuk surfing di pantai ini. Mengenai ombaknya, untuk mendapatkan ombak yang sempurna kamu harus datang di bulan-bulan tertentu.

Di Pantai Ampenan, kamu bisa mendapatkan spot-spot foto yang keren. Yang jadi favorit pengunjung tentu di tulisan Pantai Ampenan.  Rasanya kalau tidak berfoto di tulisan tersebut, rasanya belum afdol. Tulisan itu memiliki warna merah tepat mengarah ke pantai. Kamu juga bisa naik ke bangunan perpustakaan, meskipun perpustakaan ini tidak pernah dipakai, tetapi view untuk foto keren.

View lain yang tidak boleh dilewatkan di setiap mengunjungi pantai tentu senjanya. Jadi, kamu harus melihat senja di Pantai Ampenan dan menikmati kecantikannya. Tak lupa, berfoto-foto ketika senja akan membuat siluet tubuhmu. Foto siluet sangat keren jika kamu upload di media sosialmu. Tampak sangat romantis dan sexy.

Jika perut kamu bunyi karena lapar, banyak warung-warung, kios-kios, dan penjual yang menjajakan makanan di Pantai Ampenan. Menu-menu yang disediakan antara lain aneka saefood, mie rebus, pencing, jagung bakar, dan lain-lainya.

Kalau tidak punya waktu lama untuk berlibur di tempat yang jauh-jauh, Pantai Ampenan bisa jadi pilihan. Cocok banget untuk kamu yang tinggal di Mataram tetap menikmati liburan seru bersama keluarga, sahabat, atau kekasih.

By Zahratul Wahdati

Indonesia memang kaya objek wisata yang keren abis. Keindahannya benar-benar bisa bikin wisatawan lokal maupun mancanegara leleh. Salah satu yang paling sering dikunjungi di Indonesia adalah Objek Wisata Pulau Lombok. Pulau yang terkenal romantis ini memiliki objek wisata unggulan, salah satunya Pantai Nipah tepatnya di Lombok Utara. Yang harus kamu kunjungi. Sekali lagi harus!

Pantai Nipah yang letaknya di Dusun Nipah Desa Malaka Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, bakalan bikin kamu jatuh cinta seketika. Pantai yang terletak di sebelah kawasan Wisata Senggigi ini mulai diminati wisata lokal maupun manca negara. Kamu juga pasti berminat bukan untuk mengunjunginya?

Untuk sampai di pantai ini kamu harus menempuh jarak sekitar 80 kilometer dari BIL. Bisa menggunakan motor atau mobil. Waktu tempuhya sekitar 1, 5 jam. Jalanan yang akan kamu lewati mulus sekali, jadi semakin menyenangkan. Untuk menikmati keindahan Pantai Nipah kamu hanya dikenai biaya masuk Rp. 3,000 untuk motor, sedangkan Rp. 5.000 untuk mobil. Murah abis, kan? Untuk penginapan paling dekat kira-kira 20 kilometer dari Pantai Nipah, yaitu di Kawasan Pantai Sengigi.

Sesampainya di Pantai Nipah kamu pasti akan langsung dibuat jatuh cinta. Panoramanya benar-benar beda dengan pantai-pantai lainnya. Teluknya begitu jernih dengan warna biru yang berkilauan seperti kaca air. Sangat cantik. Karena airnya yang bening itu, kamu akan bisa melihat kehidupan di bawah airnya. Ditambah lagi, perpukitan hijau yang membuat semakin sempurna lukisan alam di hadapanmu itu.

Di Pantai Nipah, kamu juga bisa bermain pasir, berenang, dan mengintip keindahan di bawah air dengan olahraga snorkling. Kamu juga bisa berolahraga lain, yaitu mendayung kano, membelah teluk atau kamu juga bisa naik perahu nelayan. Kamu tenang saja, tidak usah bingung kalau ingin berganti baju karena di Pantai Nipah sudah tersedia kamar mandi dan tempat bilas sederhana.

Tentu kamu harus membagikan perasaan cintamu kepada teman-temanmu lewat foto-foto di Pantai Nipah. Jadi, kamu harus tidak boleh melewatkan lensa kameramu mengabadikan moment-momen liburanmu di Pantai Nipah.

Kalau kamu lapar, kamu bisa membuka bekal makananmu dan menyantapnya sambil memandang laut. Kalau tidak bawa bekal, kamu bisa memesan menu makanan yang ada di restoran sederhana di Pantai Nipah. Satu paket ikan bakar seharga Rp. 70.000,- terdiri dari seekor ikan yang dibakar dengan bumbu yang meresap, sepiring nasi, terong bakar, dua tusuk sate cumi, dan pelecing kangkung.

Jangan lewatkan pasti sunset indah di Pantai Nipan. Nanti kamu menyesal kalau melewatkannya. Karena sunset di setiap pantai memiliki daya pikat dan kenangan yang berbeda. Jadi duduklah di pinggir pantai, siap diri untuk menerima suguhan sunset yang akan membuatmu semakin bangga menjadi warga Indonesia.

By Zahratul Wahdati

1 2 3 4