+6285338000050 +6282247117719 +62370-6173082 lombokclick@gmail.com
+6285338000050 +6282247117719 +62370-6173082 lombokclick@gmail.com

Day

Juli 15, 2016

Siapa yang gak kenal Maria Sahropova? Semua pasti kenal petenis dunia yang cantik ini. Kamu sudah tahu kan info bahwa Maria Sahropova liburan di Pulau Moyo lombok? Kalau belum tahu ini ceritanya.

Maria Saharopova sangat senang berlibur di Pulau Moyo lombok. Saking terkesannya, ia sampai menulis di akun facebooknya. Ia berkata, tidak akan melupakan kenangan di Pulau Moyo Lombok dari budaya masyarakatnya yang membuatnya tersentuh, dan mata anak-anak Pulau Moyo yang polos menatapnya yang tak lain adalah orang asing, kata Sharopova membuatnya tertawa.

Maria Saharopova juga tak lupa memamerkan kecantikan dirinya dan Pulau Moyo dengan memposting foto-foto liburannya di Pulau Moyo. Foto-fotonya di Pulau Moyo menjadi perbincangan para netizen loh!

Ngomong-ngomong tentang Pulau Moyo Lombok. Ada info bahwa bukan hanya Maria Sahoropova yang pernah singgah di tempat indah ini, tetapi juga Puteri Diana juga pernah loh mengujungi Pulau Moyo. Info ini, didapatkan dari Indonesia.Travel, kamis 11 Juni 2015 ini membuat Pulau Moyo semakin terkenal karena dikunjungi Puteri Diana. Puteri Diana yang cantik ini berasal dari Inggris, mantan istri Pangeran Charles ini datang ke Pulau Moyo ketika ia di kejar-kejar paparazi. Di Pulau Moyo Puteri Diana mendapat ketenangan.

Kedua tokoh ini sudah membuktikan kecantikan Pulau Moyo, terus kamu kapan dong? Apalagi bagi kamu penggemar menjelajah dunia bawah laut, kamu harus mecicipi keindahan bawah laut Pulau Moyo yang mendunia. Di bawah lautnya bukan hanya ikan-ikan cantik, tetapi ikan hiu juga ada. Tenang-tenang hiunya bukan jenis hiu ganas, malahan hiunya bersahabat.

Masih ada lagi kecantikan yang harus kamu lihat dari Pulau Moyo yang letaknya 3 kilometer dari lepas pantai utara Sumbawa. Di Pulau Moyo kamu juga akan menemukan hutan yang menggelilingi pulau ini. tentu, beserta satwa-satwa liar yang akan membuatmu berasa seperti sedang berpetualang.

Di Pulau Moyo juga terdapat pantai-pantai yang indah. Kamu juga akan mendapati padang rumput yang keren abis untuk berfoto. Jangan lewatkan juga desa unik bernama Desa Batu Tering. Di desa ini kamu akan menemukan benda-benda sejarah yang asik untuk dipelajari. Benda-benda ini berasal dari sisa-sisa budaya megalitikum.

Wah, lengkap sekali objek wisatanya. Tuh kan! Tunggu apalagi Pulau Moyo sudah menunggumu untuk memamerkan kecantikannya dan pesonanya padamu!

By Zahratul Wahdati

Dari namanya saja lucu, tradisi kawin culik. Bagaimana, ya keseruan pernikahan ala Suku Sasak Lombok ini?

Tradisi unik ini hanya akan kamu temui di pernikahan suku Sasak Lombok khususnya di daerah suku Sasak yang mendiami tempat tinggalnya. Tradisi ini ada sejak zaman raja-raja Lombok. Konon bermula dari seorang puteri cantik hingga banyak lelaki yang ingin meminangnya. Namun, lelaki-lekai itu harus melewati tantangan yaitu menculik sang puteri di sebuah ruang yang dijaga ketat.

Tradisi ini sudah menjadi budaya pernikahan suku Sasak Lombok yang turun temurun dilakukan. Kawin culik ini tidak dilakukan secara sembarangan, ada aturan mainnya. Biasanya sang wanita dan pria yang ingin menikah akan membuat janji kapan prosesi kawin culik terjadi. Lho, diculik kok diskusi dulu. Lucu!

Waktu yang ditetapkan harus malam hari ini untuk menghindari keributan. Ada yang mengatakan juga untuk menghindari penculikan yang dilakukan saingan si lelaki. Selain dilakukan di malam hari, penculikan ini adalah rahasia. Hanya pria, wanita, dan beberapa kerabat yang mengetahui proses penculikan ini terjadi.

Setelah terjadi penculikan tanpa sepengetahuan keluarga wanita, biasanya sang wanita akan dibawa ke rumah kerabat sang pria, bukan dibawa langsung ke rumah pria. Ini untuk mengamankan kemungkinan terjadi keributan di kediaman salah satu keluarga sang pria.

Pasti kamu akan bertanya-tanya, bagaimana perasaan bapak dan ibu wanita saat melihat tiba-tiba anaknya hilang? Tetapi, karena ini bagian tradisi pernikahan adat suku Sasak Lombok maka keluarga sang wanita akan melapor ke lembaga adat setempat mengenai anaknya yang hilang.

Setelah beberapa hari, sang wanita disembunyikan di rumah kerabat sang pria, maka keluarga pria akan mendatangi kediaman wanita untuk memberitahukan bahwa puterinya telah melakukan prosesi kawin lari. Namun, ada juga yang melakukan proses ini melalui kepala suk adat masing-masing.

Jika pihak wanita setuju dan prosesi kain lari ini dilakukan tanpa keributan berarti prosesi kawin lari pernikahan adat sasak ini dinyatakan berhasil. Selanjutkan akan ada rapat keluarga antara pihak keluarga wanita dan pria. Perundingan kedua pihak keluarga ini disebut Masejatik atau Nyelabar. Mereka akan membicarakan mengenai detail pernikahan. Dari hari, tempat, prosesi upacara adat, dan menjadi ajang kedua keluarga ini saling mengenal. Jika sudah sepakat barulah prosesi pernikahan selanjutkan akan melewati tahapan pengesahan secara agama yang dianut dan secara adat.

Unik bukan prosesi pernikahan ala Suku Sasak ini?

By Zahratul Wahdati

Liburan di Lombok dan mau mengunjungi Pantai Kuta Lombok? Jangan lewatkan pula Pantai Seger, ya! Pantai ini tidak terlalu jauh dari Pantai Kuta Lombok. Sekitar 2 kilometer tepatnya.

Pantai Seger memiliki garis pantai yang sama dengan Pantai Kuta Lombok. Di pantai ini, kamu akan menemukan pendangan yang super menawan dan sangat asri. Kamu juga bisa menilik negeri bawah lautnya dengan snorkling. Kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru di Pantai Seger. Kamu bisa berjemur, berenang, berselancar, dan yang paling jadi favorit adalah menikmati keindahan matahari tenggelam.

Bagi kamu yang suka berenang dan snorkling, Pantai Seger ini adalah surga untukmu. Pantai ini memiliki beberapa lokasi dengan air yang tenang. Cocok sekali untuk berenang dan snorkling. Negeri bawah laut Pantai Seger pasti akan menghinoptismu. Karang-karangnya yang beraneka ragam, ikan-ikannya yang warna warni, dan biota laut lainnya yang tak kalah mengodamu untuk bermain-main.

Bagi kamu yang suka tantangan, kamu juga bisa melawan ombak pantai ini dengan berselancar. Kamu bakalan ketagihan dengan ombaknya yang sempurna. Ketagihan itu nyata, soalnya banyak wisatawan yang mengatakan melakukan aktifitas snorkling dan berselancar sangat seru. Bahkan mereka mengatakan Pantai Seger lebih cantik dibandingkan Pantai Kuta Lombok.

Tenang saja, untuk menyampai Pantai Seger sangat mudah, tiak sulit sama sekali. Dari Pantai Kuta Lombok kamu hanya butuh menempuh jarak 2 kilometer saja. Pantai Seger berada di sebelah timur Pantai Kuta Lombok. Kamu bisa menyewa ojek untuk mencapai pantai ini. biaya jasa ojek cukup murah sekitar Rp. 10.000 sampai Rp. 20.000 saja.

Keistimewaan Pantai Seger yang lain selain kecantikannya adalah ritual yang sangat menarik untuk kamu ikuti. Ritual ini dilakukan oleh masyarakat setempat setiap setahunnya. Ritual ini sudah terkenal, dan pasti kamu sudah tahu namanya. Yap. namanya ritual Bau Nyale. Di ritual ini masyarakat akan berburu cacing laut atau Nyale. Ritual ini akan dilakukan ketika nyale muncul di pantai, yaitu sekitar bulan Febuari sampai Maret. Ritual Bau Nyale adalah ritual masyarakat setempat untuk menghormati Putri Mandalika.

Bau Nyale ini memiliki hubungan erat dengan Bukit Mandalika yang terletak tak jauh dari Pantai Kuta. Mitosnya, Nyale merupakan rekarnasi dari Putri Mandalika.

Pasti kamu akan merasakan keseruan yang akan menjadi kenangan tak terlupakan ketika mengikuti atau bergabung dengan ritual Bau Nyale ini. Jadi, jangan lupa jadikan Pantai Seger salah satu objek wisata yang harus kamu kunjungi di Lombok.

By Zahratul Wahdati

Kamu lagi liburan ke Lombok, tentu tidak boleh melewatkan membeli oleh-oleh untuk sanak keluarga di rumah kan? Salah satu oleh-oleh kerajinan anyaman bambu, gerabah, dan yang tak kalah khasnya di Pulau Lombok adalah mutiara Lombok.

Membicarakan tentang mutiara. Kamu pasti tahu, mutiara bukan hanya menjadi perhiasan. Tetapi, mutiara menjadi salah satu bahan campuran beberapa kosmetik terkenal. Ya, itu karena mutiara memeliki banyak khasiat untuk mempercantik kulit.

Mutiara yang sering digunakan untuk mempercantik tampilanmu, bisa kamu beli di Lombok. Mutiara di Lombok ini sebagian besar merupakan mutiara yang dihasilkan dari budidaya kerang mutiara. Budidaya kerang mutiara ada dua media, yaitu media air tawar, sehingga mutiaranya disebut mutiara air tawar. Satunya adalah mutiara yang dibudidayakan di air laut yang disebut mutiara air laut. Mutiara laut kebanyakan di budidaya di daerah Sekotong dan juga daerah sekitar Gili.

Jadi kalau kamu ingin melihat dan membeli mutiara Lombok air laut kamu bisa mencarinya di sekitar Sekotong dan Gili. Tempat budidaya ini sangat berperan penting untuk masyarakat dan peningkatan ekonomi Pulau Lombok. Bukan hanya meningkatkan perekonomian pulau Lombok tetapi budidaya mutiara lombok juga sangat mendukung perkembangan teknologi juga.

Mutiara-mutiara cantik hasil budidaya itu, kemudian di jadikan perhiasan yang cantik. Seperti kalung, cicin, anting-anting, dan perhiasan lainnya. Melihat kecantikan perhiasan itu pasti matamu akan berbinar-binar. Jadi, siapkan uangmu untuk membelinya. Apalagi buat orang yang tersayang mutiara Lombok bisa kamu jadikan kado yang istimewa dan indah.

Daerah yang bisa kamu datangi sekitar daerah Sekarbile untuk melihat pembuatan perhiasan dari mutiara hitam. Di daerah Sekarbile kamu juga bisa melihat pengrajin emas dan perak. Tentu tidak hanya melihat pembuatannya, kamu juga harus membelinya. Di tempat ini kamu bisa membeli dengan harga yang beragam. Harga beragam itu tergantung dengan besar kecilnya mutiara dan kesulitan membuatnya. Lebih baik kamu melihat-melihat beberapa toko mutiara, agar kamu bisa memilih mutiara yang cocok untuk kamu. Dan tentu dengan harga penawaran yang sesuai juga dengan keinginanmu.

Jangan salah, produk mutiara Lombok ini sangat berkualitas. Sampai-sampai bukan hanya dijual di Lombok saja tapi juga diekspor ke mancanegara. Makanya jangan sampai kelewatan untuk membeli mutiara Lombok sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

By Zahratul Wahdati

Di balik keindahan dan keeksotisan Pulau Lombok, ternyata tersimpan sebuah tempat yang beraura super mistis. Ya, namanya Pulau Gunung Wayang Lombok. Kamu masih bisa melihat pulau ini dari jauh, tetapi jangan pernah berharap bisa mengunjungi dan berdiri di pasirnya. Kalau kamu melakukannya, kamu bisa meninggal. Ih, ngeri ya!

Siapa yang mengunjungi Pulau Gunung Wayang Lombok akan meninggal memang sebuah mitos yang dipercaya sejak zaman bahela. Masyarakat percaya, Pulau Gunung Wayang Lombok memiliki kutukan kematian. Sehingga, pulau ini dikeramatkan, dan tidak boleh dikunjungi.

Mitos ini pun dipercaya oleh para pengunjung. Kamu bisa buktikan aura kutukan kematian pulau ini. Sampai-sampai, pengunjung hanya bisa melihat Pulau Gunung Wayang yang letaknya persis di depan Pantai Selong Belanak. Meskipun dekat dengan kawasan objek wisata populer Pantai Selong Belanak. Kamu hanya bisa melihat pengujung yang melihat-lihat saja, meskipun dengan rasa penasaran, tetapi mereka tidak mau mengambil resiko mengenai mitos tersebut.

Memang dari nama pulau ini tidak ketara aura mistisnya. Nama Pulau Gunung Wayang ini berasal dari bentuk pulau ini yang terlihat seperti segitiga.  Sehingga suku sasak, yang tak lain adalah masyarakat setempat memberi nama Gunung Wayang, karena bentuknya yang seperti gunungan ketika pentasan wayang kulit.

Meskipun pulau ini kecil, bentuk segitiga itu membuat Pulau Gunung Wayang menjadi unik dan semakin memperindah objek wisata Pantai Selong Belanak. Tetapi, kalau kamu penasaran ingin melihat dan mengunjungi Pulau Gunung Wayang Lombok ada satu cara yang bisa kamu tempuh. Yaitu kamu harus meminta izin kepada pemangku adat Suku Sasak. Namanya dalah Amaq Salmah.

Setelah itu, pemangku adat tersebut akan membuat semacam ritual khusus terlebih dahulu sebagai upaya meminta izin para penunggu pulau tersebut sebelum akhirnya mengantarkan kamu menuju Pulau Gunung Wayang Lombok.

Terlepas dari benar atau tidaknya mitos kutukan kematian di Pulau Gunung Wayang Lombok, sebagai pengunjung kamu harus mematuhi peraturan-peraturan di objek wisata yang kamu kunjungi. Hal ini agar kamu aman dan liburanmu menjadi sempurna. Meskipun Pulau Gunung Wayang menyimpan mitos yang mengerikan, tetapi berfoto dengan latar belakang pulau itu menjadi salah satu favorit para pengunjung. Jadi, kamu tidak boleh melewatkannya, ya!

Siap berlibur di lombok? Ayo chek ya objek wisata seru lain di blog www.lombokclik.com

By Zahratul Wahdati

Kamu suka surfing, mancing, dan traveling? Coba sempatkan hari liburmu untuk mengujungi objek wisata Pantai Bangko-Bangko Lombok. Pantai ini merupakan sebuah kawasan dengan pemandang super menakjubkan di Nusa Tenggara Barat. Di tempat ini kamu bisa berselancar, tracking, dan memancing.

Pantai Bangko-bangko terletak di Desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Di pantai cantik ini kamu akan menikmati berjalan di pasirnya yang putih dan jejeran perahu nelayan yang berwarna-warni. Apalagi, air lautnya biru jernih dan bersih. Tak ayal, pantai ini menjadi salah satu favorit wisatawan lokal maupun mancanegara ketika berlibur di Lombok.

Bagi kamu para selancar, kamu akan tertantang dengan ombaknya terkenal sempurna. Ombak di pantai ini besar, panjang, dan sambung-menyambung, cocok sekali buat kamu para penselancar profesional. Ombak pantai ini begitu ganas pasti akan membuat ardenalinmu tertantang hebat. Untuk paket surfing di pantai ini beberapa resort menyediakannya.

Bagi kamu yang suka memancing, Pantai Bangko-bangko juga menjadi surganya untukmu. Kailmu akan mengikat ikan-ikan ukuran besar seperti tuna yang memang banyak di titik-titik pemancingan di pantai ini. Dijamin kamu akan merasakan keceruan bergelut dengan ikan-ikan besar tersebut.

Bagi kamu pemancing mania, kamu bisa menyewa kapal dari pantai Ampenan untuk menuju titik-titik di Pantai Bangko-bangko. Setelah mendapatkan ikan tangkapan tentu kamu bisa membakarkannya dan menyantapnya sembari melepas lelah.

Tetapi, kalau kamu bukan pemancing namun kamu ingin menyantap ikan-ikan laut segar. Kamu tinggal beli di para nelayan yang tinggal di sekitar pantai. Mereka biasanya menjual hasil tangkapan mereka di pasar dadakan. Nah, untuk bulan-bulan tertentu seperti bulan Juli dan Agustus, nelayan-nelayan di tempat ini bisa menagkap ikan hingga 1000 ekor ikan tongkol setiap hari. Harganya biasanya 20-25 ribu untuk 5 ekornya.

Untuk mencapai kawasan Bangko-Bangko sekitar dua jam dari Mataram. Selain menggunakan kendaraan pribadi, kamu juga bisa mengundakan kendaraan umum, lho! Yaitu dengan mengunakan bus dari terminal Mandalika Bertais tujuan Lembar. Setelah sampai Lembar, kamu naik angkutan umum menuju Labuhan Poh. Selain lewat jalur darat, kamu juga bisa melewati jalur laut, yaitu dari Nusa Penida. Dari Nusa Penida, kamu masih harus menempuh 3 jam perjalan hingga sampai di Bangko-Bangko.

Jika kamu ingin menginap, ada beberapa penginapan. Yaitu hotel Aman Gati dan hotel Palm Beach Garden, dan Bola-bola Paradise. Disarankan, lebih baik kamu menyewa hunian di penduduk setempat agar lebih dekat dengan tempat wisata ini.

By Zahratul Wahdati

Kamu berlibur ke Pulau Lombok, tentu sebelum pulang, walaupun aku tahu kamu nggak ingin pulang. Kamu jangan sampai kelewatan beli oleh-oleh khas Lombok di Desa Beleka. Apalagi, temen-temen di rumah pasti bakalan nagih oleh-oleh khas Lombok ketika kamu pulang ke rumah, kan?

Di Desa Beleka inilah salah satu pusat souvenir khas Lombok dan tertua di Lombok. Di desa ini, matamu bakalan berbinar-binar melihat berbagai pernak-pernik anyaman. Soalnya, hampir seluruh penduduk desa ini berprofesi sebagai pengrajin anyaman. Perlu kamu tahu juga, kerajinan anyaman di desa ini sudah turun termurun diwariskan jauh sebelum Pulau Lombok seterkenal ini. Bisa kamu bayangkan, betapa kerennya hasil anyaman di desa ini, kan?

Kerajinan anyaman ini bukan hanya terkenal di pasar lokal, loh! Tetapi kecantikan dan keunikan kerajinan anyaman khas Desa Beleka ini sudah dipasarkan hingga internasional.

Di Desa Baleka Lombok kamu akan menemukan berbagai souvenir yang terbuat dari anyaman. Anyaman ini sebagian besar berbahan dasar ketak (sejenis mendong) dan rotan. Kerajinan itu antara lain tas cantik, pernak-pernik dekorasi ruangan, hiasan dinding, perlatan rumah tangga, vas bunga, piring buah, dan masih banyak lagi. yang paling dicari oleh wisatawan adalah Cupu, yaitu sebuah wadah berbentuk bulat yang biasanya dipakai untuk menyimpan tembakau dalam upacara tradisional bendulang.

Cupu ini punya banyak kaitan dengan sejarah dan budaya masyarakat setempat. Cupu yang dalam bahasa sasak berarti bundar ini, menginpirasi para pengrajin untuk membuat aneka kerajinan berbentuk bulat. Jadi, kamu akan menemukan sebagian besar kerajinan di Desa Beleka berbentuk bulat. Selain itu, kamu juga jangan lupa membeli gendek, sebuah tas tradisional dari Pulau Lombok. Biar oleh-olehmu jadi lengkap.

Di Desa Beleka kamu bukan hanya bisa membeli oleh-oleh, tetapi kamu juga bisa melihat proses pembuatannya. Ada beberapa tips ketika kamu berbelanja di Desa Beleka. Yang pertama, jika kamu berkunjung ke rumah warga jangan menolak makanan atau minuman yang disajikan. Kedua, jangan lupa mengucapkan salam sebelum memasuki pekarangan rumah warga ketika akan melihat proses pembuatan kerajinan. Ketiga, menawarkan kira-kira sekitar 10% dari harga yang ditawarkan. Keempat, bawalah uang cash.

Sudah tidak sabar mengunjungi tempat ini? Kamu harus menempuh skitar 57 km dari kota mataram. Letak tempat ini berada di Desa Beleka, Kecamatan Praya, Lombok Tengah.  Rutenya adalah Cakranegara-Kediri-Praya-Batunyala-Mujur-Desa Ganti. Desa Beleka akan kamu temui sekitar 1,5 km dari Desa Ganti.

By Zahratul Wahdati

Rumah adat sasak Lombok memang unik. Bukan hanya dari bentuk rumah adatnya saja dan istilah rumah adat Sasak tetapi juga dalam peralatan untuk membuat bangunan, waktu pembangunan rumah, dan pemilihan tempat juga sangat diperhatikan dan unik. Sudah penasaran? Mari simak penjelasannya.

Mulai dari peralatan untuk membangun rumah. Dalam membangun rumah Sasak peralatan diambil dari alam seluruhnya. Unik bukan? Jadi tidak usah ke toko bangunan untuk mendapatkan peralatan tersebut, tetapi hanya perlu ke hutan. Peralatan yang harus disiapkan di antaranya: kayu-kayu penyangga, bambu, badek atau anyaman bambu untuk dinding, jerami dan alang-alang yang digunakan untuk membuat atap, kotoran kerbau atau kuda sebagai bahan campuran untuk mengeraskan lantai, getah pohon kayu banten dan bajur, dan abu jerami digunakan untuk bahan campuran mengeraskan lantai.

Pemilihan waktu membangun rumah Sasak juga sangat diperhatikan, dihitung dengan cermat dari mulai waktu, hari, tanggal dan bulan yang baik. Ini karena rumah dalam kehidupan masyarakat Sasak memiliki fungsi yang penting. Mencari waktu yang tepat untuk membangun rumah, masyarakat Sasak berpedoman pada papan warige yang berasal dari Primbon Tapel Adam dan Tajul Muluq. Mencari waktu yang tepat biasanya adalah tugas pemimpin adat, karena tidak semua orang bisa membaca primbon.

Masyarakat Sasak di Lombok menyakini bulan ketiga dan bulan kedua belas penanggalan Sasak adalah waktu yang baik untuk memulai membangun rumah. Bulan tersebut adalah bulan Rabiul Awal dan Bulan Zulhijjah pada kalender islam. Menentukan hari baik juga berdasarkan nama orang yang akan membangun rumah. Kalau ada hari baik pasti ada hari paling dihidari atau pantangan untuk membangun rumah yaitu pada bulan Muharram dan bulan Ramadhan. Kedua bulan tersebut dipercaya masyarakat setempat, rumah yang dibangun cenderung mengundang malapetaka, misalnya penyakit, kebakara, sulit rezeki, dan sebagainnya.

Pemilihan Tempat juga sangat diperhatikan dalam membanggun rumah Sasak. Masyarakat Sasak sangat selektif dalam memilih lokasi tempat pendirian rumah. Ini karena mereka menyakini bahwa lokasi yang tidak tepat akan berakibat kurang baik kepada yang menempatinya. Lokasi-lokasi yang dianggap masyarakat sasak tidak baik untuk membuat rumah antara lain, di atas bekas perapian, bekas tempat pembuangan sampah, bekas sumur, dan pada posisi jalan tusuk sate atau susur gubug. Unikknya lagi, masyarakat Sasak tidak akan membangun rumah berlawanan arah dan ukurannya berbeda dengan rumah yang lebih dul ada. Menurut mereka, konsep tersebut merupakan perbuatan tabu (maliq-lengket).

By Zahratul Wahdati

Lagi milih-milih objek wisata di Lombok yang bakalan kamu kunjungi? Bingung kan karena objek-objeknya beraneka ragam dan rasanya pengin datangi semuanya. Ini salah satu objek wisata yang harus kamu kunjungi jika di Lombok yaitu TWA Gunung Tunak. Kecantikan TWA Gunung Tunak tidak akan bisa kamu dustakan. Benar-benar cuantik! Pecahlah!

Letak TWA Gunung Tunak  berada di Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok tengah. Untuk menuju tempat ini kamu harus menempuh sekitar 85 km dari kota Mataram. Kamu bisa mengunakan kendaraan roda empat.

Di TWA Gunung Tunak kamu akan menemukan keindahan yang benar-benar bikin pecah. Keindahannya begitu berlimpah. perpaduan antara keindahan pegunungan nan hijau, hutan, dan pantai yang memiliki pasir putih yang cantik. Sebelum kamu memasuki kawasan TWA Gunung Tunak, kamu sudah akan terhipnotis oleh kecantikan Pantai Bumbang. Kamu jangan sampai melewatkan spot keren di sebelah gerbang. Di Spot ini kamu bisa melihat keseluruhan pemandangan pantai. Spot ini sering dilewatkan karena tempatnya tersembunyi. Untuk menemukanna kamu harus bertanya kepada petugas tiket gerbang TWA, ya!

Di tempat ini, kamu juga bisa menemukan aneka jenis burung. Diantaranya burung Gosong Kaki Merah yang memiliki badan sebesar ayam. Biasanya burung ini bersembunyi di belukar berupa gundukan tanah yang menggunung. Sebenarnya, Gunung Tunak lebih pantas disebut bukit. Untuk memasuki TWA Gunung Tunak, kamu bisa menggunakan sepeda motor atau berjalan kaki. Spot yang bisa kamu tuju salah satunya pantai di ujung jalan dengan bukit-bukit yang mengelilinginya. Di tempat ini sangat populer. Jaraknya kira-kira 7 kilometer dari gerbang TWA. Apalagi buat kamu yang suka tracking, inilah tempat yang jadi surga untukmu.

Kamu akan merasakan ketenangan dengan suasana hutan dan suara merdu penghuni hutan yang benar-benar menemanimu, di ataranya kupu-kupu indah, di sepanjang jalan menuju spot ini. perjalanan ini memakan waktu sekitar 1,5 jam. Dan sampailah kamu di pantainya. Pantai Tunak Begitu sepi dan bersih. Diapit oleh dua bukit karang. Ombaknya besar selayaknya ombak yang berasal dari samudera Hindia. Batu karang di tengah-tengah laut akan tampak sangat indah.

Spot lain untuk menikmati lebih sempurna pemandangan yaitu di atas bukit, kamu bisa menggunakan sepeda atau mendaki. Siapkan tenanga ektra tentunya. Di atas bukit, kamu akan melihat perpaduan laut, dengan deretan bukit cantik. Dibentuk oleh Bukit Bungkulan, Kelor, Takar Akar, Penjanggik, dan Batu Jangak. Kamu juga akan melihat lekukan-lekukan teluk yang dibentuk tebing-tebing curam.

By Zahratul Wahdati

1 2