+6285338000050 +6282247117719 +62370-6173082 lombokclick@gmail.com
+6285338000050 +6282247117719 +62370-6173082 lombokclick@gmail.com

Day

Juli 31, 2016

Ingin mencoba tempat liburan unik di Lombok? Coba, deh datang ke Pura Taman Mayura Lombok. Kamu akan menemukan 3 suasana unik, yaitu suasana alam yang super asri, suasana religius, serta suasana sejarah. Lengkap bukan?

Nama Pura Mayura diambil dari bahasa Sangsekerta yang artinya “burung merak”. Alasan pemberian nama burung merak karena dulu keberadaan burung merak sangat membantu masyarakat setempat untuk mengusir ular-ular yang banyak berkeliaran dan meresahkan masyarakat yang hendak berdoa di pura. Sehingga, beberapa penasehat menyarankan untuk berternak burung merak, dan dipelihara di sekitar pura. Karena jasa burung merak tersebut maka nama pura ini Mayura.

Awalnya nama Pura yang dibangun Raja A.A Made Karangasem sekitar tahun 1744 ini bukan Mayura tetapi Taman Kelepug. Nama Mayura dipakai sekitar tahun 1866 ketika taman ini direnovasi oleh A.A Ngurah Karangasem.

Kamu pasti akan takjub ketika masuk ke Taman Mayura. Melihat taman yang tertata rapi dan indah. Kamu akan merasakan kedamaian yang menyejukan hati. Kamu juga akan melihat pohon-pohon manggis memagari sekeliling taman. Rumput hijau yang terawat sangat indah untuk ditatap. Kamu juga akan menemukan sebuah kolam dengan bangunan di tengah-tengahnya. Bangunan tersebut disebut Rat Kerte atau Gili (pulau kecil dari bahasa sasak).

Kamu jangan sampai melewatkan komplek pura yang berada di hulu kolam. Banyak pengunjung yang melewatkan komplek tersebut karena terlalu asik dengan luasnya taman ini. padahal, komplek tersebutlah tempat roh-roh dari area Mayura berada.

Ketika kamu menginjak komplek pura, kamu akan menemukan empat pura utama: Pura Rinjani, Pura Ngelurah, Pura Padmasana, dan Pura Gedong. Meski pura indentik dengan umat hindu, kamu bisa kok masuk dan melihat-lihat pura ini. Pura ini dibuka kecuali ditutup pada waktu-waktu tertentu saja.  Seperti saat perayaan Galungan, perayaan Kuningan, serta hari raya umat Hindu lainnya.

Kamu tidak boleh melewat objek wisata yang dekat dari pusat kota Mataram ini. Cukup 15 menit saja dari pusat kota. Letaknya di daerah Cakranegara, Mataram. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi, dari perempatan Cakranegara hanya 500 meter letak pura ini. Kamu juga bisa menggunakan angkutan umum berwarna kuning menuju ke arah Timur. Biayanya hanya Rp. 5.000 per orang.

Di pura ini, kamu harus memakai pakaian yang sopan serta selendang yang diikat ke pinggang, tidak merokok atau makan di area pura. Datanglah pada pagi hari, karena pada siang hari beberapa tempat sudah tutup. Harga tiketnya Rp. 2.500 per orang.

By Zahratul Wahdati

Pantai di Lombok memang banyak sekali dan membuat bingung. Ada pantai yang sangat populer dan banyak dikunjungi. Ada juga yang masih tersembunyi namun menyimpan surga indah yang menakjubkan. Salah satu pantai tersembunyi di Lombok dan sangat asri adalah Pantai Mawun.

Pantai Mawun sangat cantik dan merupakan bagian dari teluk. Kamu bisa berjalan santai di garis pantainya yang mirip tepal kuda, dengan dua bukit yang berada di sebelah timur dan barat. Kamu akan menemukan keunikan dari pasir pantai ini, yaitu pantai di bagian tengah akan berwarna putih dan bertekstur lembut. Sedangkan bagian barat, kamu akan merasakan pasir putihnya bertekstur lebih kasar dan bercampur dengan pecahan karang.

Di bagian tengah pantai ini kamu akan menemukan ombaknya yang relatif besar dan airnya cukup dalam karena berhadapan langsung dengan Samudra Hindia. Sedangkan di bagian barat dan timur karena terhalang bukit airnya lebih tenang. Jadi lebih baik kamu memilih pantai di bagian barat atau timur agar lebih aman apalagi kalau kamu membawa anak-anak kecil. Sebab di Pantai Mawun tidak memiliki penjaga pantai.

Di Pantai Mawun meskipun sangat cantik, namun pengunjungnya cukup sedikit. Hal itu tentu menjadi nilai plus untuk liburan karena bisa sepuasnya menikmati pantai ini. di pantai Nawun kamu bisa berenang, berfoto dengan latar belakang pantai yang cantik, berjemur, dan kegiatan lainnya. Kamu juga tidak boleh melewatkan untuk menjelajah kedua bukit yang berada di bagian barat dan timur. Dari atas bukit ini kamu akan menemukan surga yang sangat cantik dari Pantai Nawun.

Pantai ini bisa kamu datangi dengan menggunakan kendaraan pribadi. Letaknya 60 kilometer dari Kota Mataram. Tepatnya berada di Desa Tumpak, Kabupaten Lombok Tengah. Mengunjungi pantai ini kamu tidak dipungut biaya sama sekali. Kamu bisa mengunjungi pantai ini dari mulai pagi sampai sore hari. Di Pantai Mawun memiliki fasilitas antara lain lahan parkir, penjual kain tenun, berugak, dan toilet.

Rutenya sebagai berikut Mataram-Cakranegara-Kediri-Praya-Penujak-Selong Belanak-Mawun, atau rute Mataram-Cakranegara-Kediri-Praya-Batunyale-Sengkol-Rambitan-Sade-Kuta-Mawun. Waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Jika kamu ingin menginap, hotel atau resort paling dekat adalah Kuta Indah Hotel, dan Kuta Paradise Lombok. Tunggu apalagi, jadikan Pantai Mawun salah satu objek wisata yang kamu kunjungi ketika berlibur ke Lombok. Pasti sensasi liburanmu akan sangat berkensan, ya!

By Zahratul Wahdati