+6285338000050 +6282247117719 +62370-6173082 lombokclick@gmail.com
+6285338000050 +6282247117719 +62370-6173082 lombokclick@gmail.com

Day

Agustus 16, 2016

Lombok memang kaya akan budaya dan pariwisata yang kuat. Terdapat berbagai objek wisata dan budaya yang disajikan pulau ini. ada rumah adat yang unik, suku, dan juga tarian. Di Lombok memiliki berbagai tarian tradisional, salah satunya adalah tari gandrung Lombok. Tarian ini sudahkah kamu kenal? Jika belum, mari mengenal tarian indah dan menarik asal Lombok ini.

Tari gandrung ini berupaka seni tari yang populer di kalangan suku Sasak. Tari ini juga disebut tari jengger. Sejarawan mengatakan tarian ini sudah ada sejak zaman Erlangga di Jawa Timur.

Awal lahirnya tari gandrung ini adalah ketika para prajurit pulang dari medan perang. Kemudian datang seorang wanita cantik yang menari dan mengajak satu per satu prajurit yang dikehendakinya untuk menari bersama. Makanya, tarian ini biasa ditarikan dengan penonton yang melingkar. Sehingga di dalam lingkaran itu menjadi sebuah panggung sederhana.

Secara umum, kamu harus tahu tari gandrung ini terdiri dari tiga bagian: bapangan, gandrangan, dan parianom. Bapangan merupakan bagian ketika gandrung digambarkan sedang memperkenalkan diri kepada penontong dengan mengitari arena tempat ia menari. Kemudian, dilanjutkan dengan bagian gandrang yakni ketika penari bergerak lincah mengitari arena dengan kipas di tangann seperti burung elang yang mengincar mangsa.

Biasanya, penari ini akan mengincar penonton di baris depan untuk menemaninya menari. Ketika penari sudah menemukan mangsanya ia akan menyentuh atau melempar kipasnya pada orang tersebut. Bagian ketiga yaitu parianom yaitu saat tarian hanya diiringi redep dan seruling, dibantu suara gendang, petuk, rincik, dan gong. Di bagian inilah penari gandrung akan menyanyi disebut dengan bersandaran.

Kamu sudah mengenal bagian dari tarian gandrung, kini kamu juga harus mengenal mengenai peralatan musik dalam tari gandrung. Alat musi yang mengiringi tari gandrung adalah gamelan dengan ragam yang mengalami perubahan dari masa ke masa. Tarian ini biasanya dipertujukan ketika musim panen. Dulunya tarian ini dimainkan oleh penari pria, tetapi kemudian dimainkan juga oleh penari wanita. Jadi sempatkan diri untuk menonton tarian gandrung ketika kamu berlibur di Lombok, ya!

Untuk menyebaran tarian gandrung di Lombok cukup merata. Kamu juga akan menemukan berbagai aliran tarian gandrung di berbeda daerah. Seperti gandrung bertais dari daerah bertais dan dasan tereng yang masih mempertahankan keaslian tarian tradisi tarian gandrung.

By Zahratul Wahdati

Jalan-jalan ke Lombok, kamu jangan lupa pulang membawa oleh-oleh khasnya. Salah satu oleh-oleh khas dari Pulau Lombok adalah kerajinan Cukli. Kerajinan ini terbuat dari kayu dengan hiasan potongan kerang yang ditanam dalam kayu. Kamu bisa memilih dari mulai asbak, tempat tisu, kotak perhiasan, pigura, kursi, meja, lemari, bahkan tempat tidur.

Kerajinan unik dan cantik Cukli bisa kamu temui dengan mudah di Desa Lendang Re Lombok. di desa ini kamu tidak hanya bisa membeli cukli, kamu juga dapat melihat proses pembuatannya atau bahkan ikut membuatnya. Desa Lendang ini terletak sekitar 10 kilometer sebelah timur Mataram. Tepatnya di Desa Sayang Sayang, Kabupaten Lombok Barat. Waktu terbaik untuk berkunjung sekitar pukul 08.00 sampai 11.00 WITA. Untuk harga tiketnya gratis. Terdapat lahan parkir dan restoran.

Menuju Desa Lendang Re, jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, rutenya sebagai berikut: Jl. Pejanggil-Jl. Sultan Hasanusin-By pass. Lihat di sisi kanan jalan, kamu akan menemukan gapura besi sederhana bertuliskan selamat datang di sentra kerajinan Cukli Lendang Re. Kalau kamu binggung, kamu bisa bertanya kepada orang di jalan tentang keberadaan desa ini.

Di Desa ini kamu akan menemukan empat keluarga yang membuat kerajinan cukli. Dulu sebelum bom bali 1, semua keluarga di desa ini menggeluti kerajinan cukli, namun sekarang tinggal 4 keluarga saja. 4 keluarga ini rumahnya berdekatan jadi kamu lebih mudah untuk melihat proses pembuatan cukli.

Bahan-bahan pembuatan cukli adalah kayu mahoni, biasanya juga kayu jati tetapi harganya lebih mahal karena kayu jati harus didatangkan dari Jawa. Bahan lainnya seperti baham mentah kilit kerang didatangkan dari beberapa pulau lainnya seperti Bali, Pulau Sulawesi, dan Flores. Jadi bahan bakunya harus didatangkan dari luar pulau Lombok.

Di Desa ini kamu pasti antusias untuk melihat proses pembuatan cukli. Dimulai dari proses awal yaitu pemotongan kayu, kemudian berlanjut proses penyusunan potongan kayu, lalu pemotongan kulit kerang, penanaman kulit kerang, sampai proses finising berupa pemolesan, penghalusan, penghalusan, dan penyemiran.

Kamu juga bisa memesan cukli sesuai keinginanmu, dan dapat dikirim ke alamat kamu. Kamu juga bisa membeli cukli yang tersedia untuk dibawa sebagai oleh-oleh untuk orang-orang yang kamu sayangi di rumah.

Jangan lupa promosiin cukli kepada teman-teman mensosmu agar mereka jadi iri dan juga ingin membeli kerajinan cantik khas Lombok ini.

By Zahratul Wahdati