+6285338000050 +6282247117719 +62370-6173082 lombokclick@gmail.com
+6285338000050 +6282247117719 +62370-6173082 lombokclick@gmail.com

Month

Oktober 2016

Liburan di Lombok kurang seru kalau kamu tidak mencoba berkunjung ke pantai-pantainya. Lombok memang terkenal dengan pantainya yang super keren dan cantik. Ini dia 5 Pantai di Lombok yang wajib kamu kunjungi.

1. Sekali Seumur Hidup, Berliburlah Ke Pantai Sire Lombok

pantai sire lombok

Keistimewaan Pantai Sire ini kamu bisa melihat pemandangan Gunung Rinjani dari pantai ini. Maka tidak salah kalau pantai ini menjadi salah satu tempat populer liburan wisatawan domestik. Selain kamu bisa melihat Gunung Rinjani dari Pantai Sire, kamu juga bisa menikmati keeksotisan pantai in. Kamu bisa berjalan-jalan menyusuri garis pantai yang bisa dibilang panjang, sekitar 2,8 kilometer. Garis pantai ini berbentuk lengkungan berlekuk-lekuk. Pasirnya tidak terlalu putih namun lembut. Didukung perairan yang tenang dan jernih, cocok untuk melakukan aktivitas air.

Aktivitas air yang bisa kamu coba seperti snorkeling, olahraga cano, berenang, dan lain-lain. Di tempat ini terdapat penyewaan alat snorkeling. Ketika sore hari, kamu bisa memancing dan tentu menikmati sunset yang super menakjubkan dan tidak ada tandingannya.

Jika kamu ingin mengunjungi pantai ini kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi. Perjalanan akan memakan waktu kira-kira 1 jam dari kota Mataram. Menempuh jarak 43 kilometer. Rute yang bisa kamu lewati sebagai berikut Mataram-Ampenan-Senggigi-Bukit Malimbu-Pemenang-Sire, atau kamu juga bisa menggunakan jalur Gunung Sari-Sidemen-Pusuk-Pemenang-Sire.

2. Pantai Mawun Lombok Pantai Tersembunyi yang Menyimpan Surga

PANTAI MAWUNPantai Mawun sangat cantik dan merupakan bagian dari teluk. Kamu bisa berjalan santai di garis pantainya yang mirip tepal kuda, dengan dua bukit yang berada di sebelah timur dan barat. Kamu akan menemukan keunikan dari pasir pantai ini, yaitu pantai di bagian tengah akan berwarna putih dan bertekstur lembut. Sedangkan bagian barat, kamu akan merasakan pasir putihnya bertekstur lebih kasar dan bercampur dengan pecahan karang.

Pantai ini bisa kamu datangi dengan menggunakan kendaraan pribadi. Letaknya 60 kilometer dari Kota Mataram. Tepatnya berada di Desa Tumpak, Kabupaten Lombok Tengah. Mengunjungi pantai ini kamu tidak dipungut biaya sama sekali. Kamu bisa mengunjungi pantai ini dari mulai pagi sampai sore hari. Di Pantai Mawun memiliki fasilitas antara lain lahan parkir, penjual kain tenun, berugak, dan toilet.

Rutenya sebagai berikut Mataram-Cakranegara-Kediri-Praya-Penujak-Selong Belanak-Mawun, atau rute Mataram-Cakranegara-Kediri-Praya-Batunyale-Sengkol-Rambitan-Sade-Kuta-Mawun. Waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

3. Ayo Rasakan Keseruan Berburu “Nyale” dan Snorkling di Pantai Seger Lombok!

pantai seger 1Pantai Seger memiliki garis pantai yang sama dengan Pantai Kuta Lombok. Di pantai ini, kamu akan menemukan pendangan yang super menawan dan sangat asri. Kamu juga bisa menilik negeri bawah lautnya dengan snorkling. Kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru di Pantai Seger. Kamu bisa berjemur, berenang, berselancar, dan yang paling jadi favorit adalah menikmati keindahan matahari tenggelam.

Keistimewaan Pantai Seger yang lain selain kecantikannya adalah ritual yang sangat menarik untuk kamu ikuti. Ritual ini dilakukan oleh masyarakat setempat setiap setahunnya. Ritual ini sudah terkenal, dan pasti kamu sudah tahu namanya. Yap. namanya ritual Bau Nyale. Di ritual ini masyarakat akan berburu cacing laut atau Nyale. Ritual ini akan dilakukan ketika nyale muncul di pantai, yaitu sekitar bulan Febuari sampai Maret. Ritual Bau Nyale adalah ritual masyarakat setempat untuk menghormati Putri Mandalika.

4. Mau Surfing dan Mancing, Paling Seru di Pantai Bangko-Bangko Lombok

pantai bangko-bangkoPantai Bangko-bangko terletak di Desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Di pantai cantik ini kamu akan menikmati berjalan di pasirnya yang putih dan jejeran perahu nelayan yang berwarna-warni. Apalagi, air lautnya biru jernih dan bersih. Tak ayal, pantai ini menjadi salah satu favorit wisatawan lokal maupun mancanegara ketika berlibur di Lombok.

Bagi kamu para selancar, kamu akan tertantang dengan ombaknya terkenal sempurna. Ombak di pantai ini besar, panjang, dan sambung-menyambung, cocok sekali buat kamu para penselancar profesional. Ombak pantai ini begitu ganas pasti akan membuat ardenalinmu tertantang hebat. Untuk paket surfing di pantai ini beberapa resort menyediakannya.

5. Nyari Liburan Alam di Pusat Kota Mataram? Pantai Ampenan Lombok Jawabannya

Pantai Ampenan
pantai ampenan

Di pusat kota saja, tepatnya di Mataram, kamu akan mendapat suasana romantis di Pantai Ampenan. Pantai ini terdekat dari pusat kota, cum butuh waktu sekitar 15 menit saja untuk menuju pantai ini. Di pantai ini kamu bisa melakukan banyak aktifitas.

Sate Khas Lombok

Kamu sedang liburan di Lombok? Pasti nggak hanya mencoba wisata alamnya saja kan? Ada juga wisata kuliner. Ada banyak kuliner khas Lombok yang bisa kamu coba. Kamu juga perlu mencoba merasakan lezat ampunnya sate khas Lombok. Ini dia tiga sate khas Lombok yang harus kamu cobain ketika berlibur ke Lombok.

1. Sate Tanjung Khas Lombok Rasanya Bikin Tersanjung

sate-tanjung

Tenang, bagi kamu yang takut gendut gara-gara makan sate, makan sate tanjung tidak akan membuatmu gendut. Ini karena sate tanjung bukan dari daging ayam, sapi, kerbau, atau kambing, melainkan dari ikan cakalang atau ikan langoan, atau bisa juga ikan marlin.

Sate tanjung ini pasti akan membuatmu tersanjung. Rasanya yang lezat apalagi jika kamu menyantapnya ketika panas atau hangat, ditemani lontong ataupun nasi. Rasanya yang gurih dari daging ikan, dan santan serta pedas rempah-rempah tidak hanya akan membuat lidahmu menari, tetapi juga membuat tubuhmu menjadi hangat, segar bugar, dan berkeringat. Kamu pasti akan ketagihan hingga ingin mencobanya lagi dan lagi.

Sate tanjung yang merupakan kuliner legendaris ini bisa membuatmu rasa lelah dan lapar setelah seharian bewisata akan pulih kembali. Sate yang berasal sari Kab Lombok Utara ini mudah untuk kamu jumpai. Kamu bisa menemukan di pelataran kios-kios Pasar Tanjung. Tepatnya di tepi jalan utama Lintas Utara Pulau Lombok.

2. Dasyatnya Kelezatan Sate Bulayak Khas Lombok NTB

sate rembigaDasyatnya kelezatan sate bulayak ini, salah satunya dari bumbunya yang kaya. Bumbu bulayak ini terbuat dari kacang tanah yang disangrai dan ditumbuk, kemudian direbus dengan santan dalam jumlah dominan. Setelah itu, dicampur dengan aneka rempah-rempah dan bumbu lain seperti bawang, ketumbar, jintan, dan cabai. Daging sapi ataupun jeroan kemudian dilumuri bumbu kemudian di bakar di atas arang batok kelapa. Aroma khas sate yang harum akan membuatmu menelan ludah dan semakin mengaktifkan bunyi perutmu.

Setelah sate matang, sate ini kemudian dikucuri jeruk nipis dan di sajikan dengan sambal. Menghidangkan sate bulayak ini, penjual tidak akan memberikan garpu atau sendok. Jadi, kamu harus memakannya dengan tangan, mencocol sate ke dalam bumbu juga harus menggunakan tangan. Makan dengan tangan akan membuat kelezatan semakin meningkat, kamu harus percaya itu!

3.Sate Rembiga, Rajanya Sate Khas Lombok

sate-bulayakUntuk merasakan rasa raja super masakan ini, kamu bisa datang di daerah Rembiga, Mataram, Nusa Tenggara Barat. Di tempat tersebutlah banyak yang menjual sate rembiga. Sate rembiga ini berbeda dengan sate daging pada umumnya. sebelum menjadi sate, daging sapi ditumbuk terlebih dahulu agar nanti menjadi lebih empuk, kemudian direndam dengan bumbu-bumbu hasil racikan dari cabe merah, terasi, bawang putih, dan gula merah. Proses masaknya yang lama sekitar 2 jam akan membuat bumbu-bumbu meresap sempurna ke dalam daging sapi. Setelah itu, baru sate ditusuk dan dibakar.

Salah satu rumah makan yang menjual sate rembiga  yang sudah terkenal, bisa kamu datangi  berada di Jalan Rembiga No.4 Mataram. Kamu bisa datang ke warung ini sekitar pukul 14.00 sampai sekitar pukul 21.00 waktu setempat.

 

by Zahratul Wahdati

Masjid Gunung Pujut

Kamu pasti tahu kan, sebutan Pulau Lombok? Yap, Pulau Seribu Masjid. Jadi, di Pulau ini kamu tidak hanya berwisata alam, tetapi juga dapat berwisata religi. Lengkap kan? Nah, salah satu wisata religi yang bisa kamu datangi adalah Masjid Gunung Pujut. Masjid kuno ini merupakan masjid bersejarah dalam perkembangan Islam di Lombok.

Lokasi Masjid Gunung Pujut

Kamu pasti akan merasakan keunikan masjid yang dibangun oleh salah satu raja Kerajaan Pujut yaitu Pangeran Sange Pati pada tahun 1008 Masehi. Keunikan itu bisa kamu lihat langsung dengan mendatangi lokasi wisata religi ini. Lokasi masjid ini berada di Desa Sengko, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Waktu perjalanan yang harus kamu tempuh sekitar 20 menit dari Bandara Internasional Lombok.

Sesampainya di Masjid Gunung Pujut ini kamu akan melihat keunikan bangunan masjid. Dari ukurannya yang cukup munyil yaitu 8,6×8,6 m. Pagar babu dan atap ilalang membuat masjid ini semakin menarik. Kamu akan melihat empat buah tiang penyangga utama yang bertumpu pada batu alam yang disebut sendi. Fungsi empat tiang ini adalah penahan atap yang paling tinggi. Terdapat juga 28 tiang penyangga lainnya yang digunakan sebagai tempat menempelkan dinding bambu.

Kamu akan melihat pondasi masjid ini dari tanah liat dan lantai tingginya hanya 60 cm dari permukaan tanah.

Ketika kamu memasuki Masjid Gunung Pujut yang hanya memiliki satu pintu ini, kamu akan menemukan bedug yang dulunya digunakan sebagai penanda waktu sholat bagi masyarakat sekitar. Kamu juga akan menemukan mimbar tua yang digunakan oleh khatib saat khutbah.

Sejarah dan Filosofi Masjid Gungung Pujut

Terdapat filosofi dari atao masjid berumpang dari dua bahan alang-alang dan atap tumpang pertama menjuntai ke bawah dan sangat rendah sehingga pintu masuk masjid hanya setinggi orang membungkuk agar bisa masuk ke dalam tempat sholat. Hal itu memiliki filosofi yaitu bahwa setiap orang yang ingin menghadap menghadap kepada Allah (Tuhan) harus merendahkan diri dihadapan-Nya. Di puncak atap ditutup dengan terakota yang disebut tepak atau pasu.

Masjid kuno ini sudah tidak digunakan sebagai sarana ibadah sehingga digolongkan sebagai monumen mati. Ya, bangunan masjid memang tidak digunakan atau mati, tetapi sejarah yang disampaikan dalam masjid itu tidak pernah mati sehingga Masjid ini populer menjadi wisata religi di Lombok yang patut kamu datangi. Masjid ini merupakan saksi Islam di Lombok, tempatnya juga unik karena dibangun di atas bukit atau gunung. Hal itu karena masyarakat setempat percaya, bangunan yang benilai sakral harus dibangun di tanah yang tinggi.

Selamat berwisata religi di Majid Gunung Pajut Lombok!

By Zahratul Wahdati

Gunung Rinjani

Kamu suka mendaki gunung? Sudah berapa gunung yang sudah kamu taklukan? Sudahkah kamu menaklukan puncak Gunung Rinjani di NTB ini? Kalau belum dan memiliki niat untuk mendaki gunung tertinggi di NTB ini, yuk simak dulu aturan barunya. Tips Mendaki Gunung Rinjani.  

Aturan tentang mendakian Gunung Rinjani yang baru telah disepakati oleh masyarakat umum dan aparat pemerintahan tanggal 25 sampai 30 maret 2016 yaitu:

Tips Pertama Mendaki Gunung Rinjani

Kamu ketika mendaki Gunung Rinjani harus menjaga kebersihan dan selalu membawa kembali barang yang berpotensi menjadi sampah. Agar barang tidak lupa atau ketinggalan, maka kamu akan dichek oleh petugas di pintu pengakian untuk mencheklis barang-barang dan bersediaan milikmu, begitu juga ketika kamu turun barang-barangmu pun akan dichek ulang di pintu keluar.

Petugas di Gunung Rinjani akan menjamin keamanan, ketertiban, dan kenyamanann kamu dan pengunjung lain. Kamu juga dilarang untuk menebang pohon, vandalisme, dan hal-hal yang merusak Rinjani. Jika kamu melakukan pelanggaran itu kamu akan terkena sanksi.

Kamu juga harus registrasi dan membayar tiket masuk sesuai jam pelayanan Gunung Rinjani yaitu pukul 07.00 sampai pukul 16.00 WITA. Kamu juga diminta untuk melapor ke petugas pintu keluar setelah pendakian dan menyerahkan sampah pada jam pelayanan yaitu 07.00 sampai pukul 16.00 WITA. Kamu juga harus patuh pada kebijakan penutupan pendakian, bukan kan peraturan itu akan membuat kita lebih aman, nyaman, dan senang? Jadi patuhi aturannya, ya.

Jika kamu tidak mematuhi peraturan-peraturan di atas kamu akan mendapat sanksi. Sanski pelanggaran ini antara lain, tidak membawa sampah dikenakan sanksi penyitaan alat pendakian selama 2 minggu dan ditebus dengan membayar Rp 250.000. jika kamu mengganggu ketertiban, keamanan, dan kenyamanan pengunjung lain seperti menebang pohon serta kegiatan lain yang merusak kawasan dikenakan saksi sesuai undang-undang.

Jika kamu diam-diam mendaki dan tidak membayar tiket maka kamu akan dikenai denda membayar tiket 4 kali lipat untuk pengunjung tanpa tiket atau pengunjung ilegal. Nah, jika kamu berkunjung ketika kawasan pendakian ditutup atau penutupan, kamu akan dikenai denda membayar tiket 4 kali lipat, penyitaan alat pendakian selama 2 minggu dan ditebus dengan membayar Rp 250.000.

Ya, sebagai pendaki yang cinta alam, kamu pasti akan mematuhi peraturan-peraturan yang sudah dibuat bukan? Kami percaya para pendaki akan menjaga kebersihan dan melestarikan Gunung Rinjani agar tetap cantik dan bersih.

By Zahratul Wahdati

Lombok memang memiliki objek wisata yang berlimpah, salah satunya adalah objek wisata kuliner.  Salah satu kuliner yang menjadi wajib kamu coba adalah sate tanjung. Tenang, bagi kamu yang takut gendut gara-gara makan sate, makan sate tanjung tidak akan membuatmu gendut. Ini karena sate tanjung bukan dari daging ayam, sapi, kerbau, atau kambing, melainkan dari ikan cakalang atau ikan langoan, atau bisa juga ikan marlin.

Ikan cakalang untuk sate tanjung berasal dari sekitar perairan dekat Tanjung. Kamu harus tahu dulu, kalau Kota Tanjung merupaka kawasan pesisir utara Pulau Lombok yang terkenal kaya dengan ikan laut. Ikan cakalang memang yang utama, baru kalau tidak ada ikan ini, bisa diganti ikan yang lain yang memiliki rasa yang sama. Yang paling penting ikan itu masih segar.

Sate tanjung ini pasti akan membuatmu tersanjung. Rasanya yang lezat apalagi jika kamu menyantapnya ketika panas atau hangat, ditemani lontong ataupun nasi. Rasanya yang gurih dari daging ikan, dan santan serta pedas rempah-rempah tidak hanya akan membuat lidahmu menari, tetapi juga membuat tubuhmu menjadi hangat, segar bugar, dan berkeringat. Kamu pasti akan ketagihan hingga ingin mencobanya lagi dan lagi.

Sebenarnya, sate tanjung dulu merupakan makanan yang hanya ada saat tradisi seperti hari-hari besar saja. Tetapi, sate tanjung sekarang menjadi primadona, jadi kamu akan mudah menemuinya di Tanjung.

Sate tanjung yang merupakan kuliner legendaris ini bisa membuatmu rasa lelah dan lapar setelah seharian bewisata akan pulih kembali. Sate yang berasal sari Kab Lombok Utara ini mudah untuk kamu jumpai. Kamu bisa menemukan di pelataran kios-kios Pasar Tanjung. Tepatnya di tepi jalan utama Lintas Utara Pulau Lombok.

Biasanya tidak hanya sate ikan yang disajikan di tempat-tempat makan tersebut, kamu juga akan menemukan pepes ikan yang bisa dijadikan teman makan sate tanjung. Pepes itu ada pepes telur ikan dan pepes kepala ikan.

Kalau dilihat dari tampilannya, sate tanjung mirip sate lilit daari bali. Olahan ikan ditusuk melilit dengan dipadatkan pada tusuk bambu. Aroma bakar sate ikan yang harum pasti akan membuatmu tak sabar untuk menyantapnya.

Tempat makan yang menyediakan sate tanjung yang paling legendaris salah satunya milik Pak Iman. Buka mulai pukul 14.00 sampai 21.00 WITA. Selamat berwisata kuliner, ya!

By Zahratul Wahdati

Berlibur ke Pulau Lombok, tentu tidak lengkap jika kamu tidak mencoba satu per satu kuliner asli Lombok. Salah satu kuliner khas Lombok yang menjadi raja dan selalu dicari-cari wisatawan adalah sate Rembiga. Dijamin mencoba sate rembiga satu kali, rasanya lezatnya pasti akan melekat diingatan.

Untuk merasakan rasa raja super masakan ini, kamu bisa datang di daerah Rembiga, Mataram, Nusa Tenggara Barat. Di tempat tersebutlah banyak yang menjual sate rembiga. Sate rembiga ini berbeda dengan sate daging pada umumnya. sebelum menjadi sate, daging sapi ditumbuk terlebih dahulu agar nanti menjadi lebih empuk, kemudian direndam dengan bumbu-bumbu hasil racikan dari cabe merah, terasi, bawang putih, dan gula merah. Proses masaknya yang lama sekitar 2 jam akan membuat bumbu-bumbu meresap sempurna ke dalam daging sapi. Setelah itu, baru sate ditusuk dan dibakar. Kamu pasti sudah bisa membayangkan kelezatannya, bukan? Pastinya sensasi rasa pedas dan manis sate rembiga bakalan bikin kamu ketagihan dan menjadi penggemar berat sate yang satu ini.

Salah satu rumah makan yang menjual sate rembiga  yang sudah terkenal, bisa kamu datangi  berada di Jalan Rembiga No.4 Mataram. Kamu bisa datang ke warung ini sekitar pukul 14.00 sampai sekitar pukul 21.00 waktu setempat.

Di rumah makan ini, kamu akan langsung disapa oleh tempat pembakaran sate yang berada di pintu utama. Kemudian, kamu bisa memilih tempat yang sesuai di rumah makan yang bentuknya memanjang seperti lorong ini.

Sate Rembiga itu menggunakan daging sapi. Kamu pasti tahu NTB merupaka daerah yang terkenal dengan ternak sapinya sampai-sampai dijuluki Bumi Sejuta Sapi. Daging sapi NTB memiliki ciri khas dan kelezatan unik yang berbeda dengan sapi di daerah lain. Rasanya dijamin lebih manis karena konon sapi-sapi tersebut dibiarkan lepas di alam bebas, sehingga makanannya pun alami yaitu rumput.

Sate rembiga ini disajikan dengan lontong ataupun nasi putih, itu sesuai dengan selera kamu.  Ditambah kerupuk stik rambak dan es jeruk pasti lezat. Nah, ketika disajikan kamu juga tidak akan menemukan makuk berisi bumbu kacang atau kecap. Inilah uniknya sate rembiga, tanpa bumbu sambal rasa sate rembiga sudah pasti akan membuatmu melahap sampai habis. Rasanya yang manis, pedas, dan gurih akan membuatmu jatuh cinta.

Porsi sate rembiga adalah 10 tusuk, untuk harganya menyesuaikan harga daging saat itu. Selamat berpetualang kuliner!

By Zahratul Wahdati

Pernah mendengar ada Es Lombok? Kalau belum, kamu bisa mencoba berlibur di Pulau Lombok untuk menikmati sensasi es  lombok. Setelah lelah mencoba wisata di Lombok yang berjibun dan cantik-cantik. Kamu bisa mencoba meminum wedang Lombok, tetapi itu pun kalau kamu berani mencoba makanan yang bahan bakunya cabai ini. Namun, kalau kamu tidak mencoba minuman sensasional ini, kamu pasti akan menyesal.

Iya, akan menyesal. Hal itu karena memang penampilannya mengerikan dari cabai, tetapi untuk rasayanya tidaklah pedas seperti yang kamu bayangkan. Sensasi pedasnya jahe dan dipadukan pedasnya cabe akan beimbang dengan dinginnya es. Rasa dingin dan panas akan membuat sensasi sensasional di tenggorokanmu ketika kamu menegguknya.

Tak hanya rasanya yang unik yang bakalan bikin kamu menyesal jika tidak mencobanya, tetapi khasiatnya yang kaya juga akan menambah nilai plus Es Wedang Lombok ini. Ada banyak sekali manfaatnya, antara lain mampu melancarkan peredaran darah, meringkankan mual, mulas, dan diare, meringankan radang sendi, meringankan gangguan pencernaan, meringkan efek samping kemoterapi, mencegah pembekuan darah, menurunkan kolestreol atau lemak jahat, dan lain-lain. Wah, keren kan manfaat dari wedang khas Lombok yang satu ini.

Untuk cabe holic, tentu Es Wedang Lombok harus kamu coba, apalagi keunikan minuman ini sudah beberapa kali ditayangkan di acara televisi. Bisa dikatakan minuman ini lagi ngetren, jadi cocok juga bagi kamu anak-anak hits yang pengin hits nah foto bersama Es Wedang Lombok dan menguploudnya di mensos dipastikan kamu  dicap eksis. Tak khasnya itu, berarti kamu juga mencintai minuman khas Indonesia tidak seperti yang lain yang foto di depan minuman-minuman ala luar negeri.

Sebenarnya untuk membuat Es Wedang Lombok cukup sederhana, dan bisa kamu praktekan di rumah. Kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan rempah tradisional khas Jawa seperti jahe, kayu manis, merica, dan serai, tentu tak lupa cabai utuh.

Untuk membuatnya kamu hanya tinggal mencampurkan bahan-bahan rempah dan cabai utuh tidak dipotong-potong, ya ke dalam satu wadah kemudian direbus. Setelah mendidih, segera angkat dan saring kemudian diamkan sesaat kemudian beri es batu sesuai selera.

Selamat mencoba dan bereksperimen membuat Es Wedang Lombok di rumah, dan selamat juga jika sudah berani mencoba meminum Es Wedang Lombok di Lombok, ya!

By Zahratul Wahdati

Bukit Anak Dara

Ketika kamu berlibur di Sembalun, kamu pasti akan melihar banyak bukit yang mengelilingi daerah ini. Deretan bukit yang mempesona itu mulai banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Salah satu bukit yang mesti kamu kunjungi adalah Bukit Anak Dara. Bukit ini merupak bukit kedua yang tertinggi setelah Bukit Nanggi.

Asal nama Bukit Anak Dara ini dipercaya menurut cerita para leluhur masyarakat Sembalun buit ini konon masih dijaga oleh dua orang dara cantik. Sebagaimana diyakini oleh para leluhur bahwa Gunung Rinjani dijaga oleh seorang ratu jin canti bernama Dewi Anjani, kemungkinan penjaga bukit ini adalah dua murid Dewi Anjani.

Kerennya, Bukit Anak Dara masih asri dan alami karena belum banyak dijamah oleh manusia. Tak hanya itu wisata bukit ini juga termasuk memiliki pesona yang lengkap. Bukit indah yang pastinya akan melekat dalam ingatan ini pasti akan membuatmu takjub. Ketika kamu menaiki bukit yang tinggi 1.921 mdpl ini kamu akan melihat dari segala sisi keindahan panorama di depanmu.

Kamu pasti akan tersenyum bangga, melihat pesona yang dipamerkan Bukit Anak Dara. Ketika kamu melihat ke sebelah timur, kamu akan disapa oleh hamparan hutan belantara yang hijau yang cantik dan membuat matamu nyaman. Hamparan hutan yang membatasi lautan lepas yang biru tenang dan indah. Kamu juga akan melihat gili-gili di tengah laut.

Senja di Bukit Anak Dara

Sedangkan jika kamu menatap ke arah timur apalagi ketika pagi hari, kamu akan disapa oleh mentari yang hangat dan keindahan langitnya sangat sempurna. Kamu juga tidak boleh melewatkan senja di Bukit Anak Dara. Keeksotisan senja akan membuatmu matamu termanjakan oleh warna langit yang cantik.

Menenggok ke arah selatan bara, kamu akan melihat sudut-sudut Desa Sembalun. Menikmati deretan rumah penduduk yang dipadukan dengan persawahan dan perkebunan yang hijau seperti lukisan yang tak ternilai harganya.

Tak hanya menikmati pemandangan, kamu juga bisa melakukan olahraga paralayang untuk menikmati lebih istimewa pemandangan bukit Anak Dara. Pasti liburanmu akan semakin seru dan tak terlupakan.

Tentu jangan lupa mengabadikan momenmu dengan jepretan kamera dan pamerkan keindahan Bukit Anak Dara di mensos agar rakyat Indonesia semakin bangga terhadap objek wisata di Indonesia.

Letak dari Bukit Anak Dara ini berada di sebelah timur Desa Sembalun Lawang. Agar pendakian bukit lebih mudah, secara bertahap jalur menuju bukit sedang ditata untuk selanjutnya dipromosikan untuk lokasi kunjungan wisata.

By Zahratul Wahdati

Indonesia memang kaya dengan budaya dan tradisi, salah satunya adalah tarian. Kamu pernah mendengar tari tandang mendet? Tari ini berasal dari Suku Sasak tepatnya dari Desa Sembahulun pada tahun 1458. Didirikan oleh Nek Kertanegara yang tak lain adalah pimpinan adat Sembalun atau biasa disebut Prabekel. Tarian tandang mendet merupakan tarian untuk peringatan dan rasa syukur atas keberhasilan yang diperoleh.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai tarian ini, kamu pelu mengetahui asal mula nama tarian tandang mendet. Tarian ini berasal dari kata “mendet” yang memiliki arti kegembiraan atau keberhasilan penduduk Desa Sembahulun dalam memperjuangkan dan mempertahankan bibit padi merah dari berbagai hama tanaman dan peperangan melawan jin-jin jahat.

Tarian ini memiliki makna yang dalam bukan? Nah, sekarang kamu juga harus mengetahui lebih jauh mengenai tarian yang satu ini Tarian tandang mendet ini terdiri dari 11 personel. Tepatnya 7 sampai 9 penari tombak, satu orang  pembawa tulup dan satu orang pembawa tameng dan pedang.

Penari-penari tersebut memiliki makna tersendiri-sendiri. Yang pertama penari pembawa tameng merupakan sebuah gambaran seorang pimpinan atau panglima perang. Kamu juga akan melihat penari yang membawa tulup yang menggambarkan patih dari pimpinan perang. Penari pembawa tombak merupakan prajurit perang, makanya jumlahnya lebih banyak.

Seperti tarian adat lainnya, ketika kamu menonton tarian ini kamu juga akan mendengar alunan indah musik tradisional yang mengiringinya. Alat musik yang mengirinya adalah gendang beleq. Sedangkan tembang yang mengiringi tarian tandang mendet ini adalah tembang pangkureong, tembang pengrum-rum.

Tentu setiap tembang memiliki arti yang perlu kamu tahu. Tembang pangkureong berasal dari kata “pangkur” yang artinya pahlawan, sedangkan “reong” berarti berarti langkah singa yang menjadi lambang keberanian prajurit. Sedangkan tembang pengrum-rum merupakan simbol dari hubungan manusia dengan lingkungan dan alam, manusia dan hubungannya dengan Sang Pencipta. Di samping musik dan tembang yang memiliki makna dalam di tarian tandang mendet, gerakan tarian ini juga memiliki makna. Makna dari tarian tandang mendet akan dibahas di artikel yang lain, silakan klik di sini.

Untuk melihat betapa menakjubkannya tarian tandang mendet ini, kamu bisa datang ke Lombok tepatnya di Desa Sembalun. Jangan lupa untuk mengabadikan indahnya tarian ini ke dalam bentuk foto, agar orang lain bisa melihat betapa kaya Indonesia dengan budayanya.

By Zahratul Wahdati