Yuk! Wisata Religi di Masjid Gunung Pujut Lombok
10 October 2016
5 Tempat Wisata Pantai di Lombok yang Wajib Dikunjungi
12 October 2016

3 Sate Khas Lombok, Nggak Nyobain Nyesel!

Kamu sedang liburan di Lombok? Pasti nggak hanya mencoba wisata alamnya saja kan? Ada juga wisata kuliner. Ada banyak kuliner khas Lombok yang bisa kamu coba. Kamu juga perlu mencoba merasakan lezat ampunnya sate khas Lombok. Ini dia tiga sate khas Lombok yang harus kamu cobain ketika berlibur ke Lombok.

1. Sate Tanjung Khas Lombok Rasanya Bikin Tersanjung

sate-tanjung

Tenang, bagi kamu yang takut gendut gara-gara makan sate, makan sate tanjung tidak akan membuatmu gendut. Ini karena sate tanjung bukan dari daging ayam, sapi, kerbau, atau kambing, melainkan dari ikan cakalang atau ikan langoan, atau bisa juga ikan marlin.

Sate tanjung ini pasti akan membuatmu tersanjung. Rasanya yang lezat apalagi jika kamu menyantapnya ketika panas atau hangat, ditemani lontong ataupun nasi. Rasanya yang gurih dari daging ikan, dan santan serta pedas rempah-rempah tidak hanya akan membuat lidahmu menari, tetapi juga membuat tubuhmu menjadi hangat, segar bugar, dan berkeringat. Kamu pasti akan ketagihan hingga ingin mencobanya lagi dan lagi.

Sate tanjung yang merupakan kuliner legendaris ini bisa membuatmu rasa lelah dan lapar setelah seharian bewisata akan pulih kembali. Sate yang berasal sari Kab Lombok Utara ini mudah untuk kamu jumpai. Kamu bisa menemukan di pelataran kios-kios Pasar Tanjung. Tepatnya di tepi jalan utama Lintas Utara Pulau Lombok.

2. Dasyatnya Kelezatan Sate Bulayak Khas Lombok NTB

sate rembigaDasyatnya kelezatan sate bulayak ini, salah satunya dari bumbunya yang kaya. Bumbu bulayak ini terbuat dari kacang tanah yang disangrai dan ditumbuk, kemudian direbus dengan santan dalam jumlah dominan. Setelah itu, dicampur dengan aneka rempah-rempah dan bumbu lain seperti bawang, ketumbar, jintan, dan cabai. Daging sapi ataupun jeroan kemudian dilumuri bumbu kemudian di bakar di atas arang batok kelapa. Aroma khas sate yang harum akan membuatmu menelan ludah dan semakin mengaktifkan bunyi perutmu.

Setelah sate matang, sate ini kemudian dikucuri jeruk nipis dan di sajikan dengan sambal. Menghidangkan sate bulayak ini, penjual tidak akan memberikan garpu atau sendok. Jadi, kamu harus memakannya dengan tangan, mencocol sate ke dalam bumbu juga harus menggunakan tangan. Makan dengan tangan akan membuat kelezatan semakin meningkat, kamu harus percaya itu!

3.Sate Rembiga, Rajanya Sate Khas Lombok

sate-bulayakUntuk merasakan rasa raja super masakan ini, kamu bisa datang di daerah Rembiga, Mataram, Nusa Tenggara Barat. Di tempat tersebutlah banyak yang menjual sate rembiga. Sate rembiga ini berbeda dengan sate daging pada umumnya. sebelum menjadi sate, daging sapi ditumbuk terlebih dahulu agar nanti menjadi lebih empuk, kemudian direndam dengan bumbu-bumbu hasil racikan dari cabe merah, terasi, bawang putih, dan gula merah. Proses masaknya yang lama sekitar 2 jam akan membuat bumbu-bumbu meresap sempurna ke dalam daging sapi. Setelah itu, baru sate ditusuk dan dibakar.

Salah satu rumah makan yang menjual sate rembiga  yang sudah terkenal, bisa kamu datangi  berada di Jalan Rembiga No.4 Mataram. Kamu bisa datang ke warung ini sekitar pukul 14.00 sampai sekitar pukul 21.00 waktu setempat.

 

by Zahratul Wahdati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *