7 Tempat Liburan Yang Harus Kamu Kunjungi Di Lombok
7 Tempat Liburan Yang Harus Kamu Kunjungi Di Lombok
3 May 2016
Lombok Package 2 Day 1 Night (Opsi A)
15 May 2016

7 Kuliner Khas Lombok Yang Wajib Kamu Coba

Share :
[easy-social-share]

7 Kuliner Khas Lombok Yang Wajib Kamu Coba

Lombok adalah pulau yang tidak hanya kaya dengan budaya, seni dan lokasi wisata. Lombok juga terkenal dengan kekayaan kuliner yang memiliki rasa pedas dan enak. Seperti namanya, Lombok dalam Bahasa Indonesia memiliki arti cabai sehingga masakan di Lombok rata – rata memiliki rasa pedas. Tetapi tidak hanya masakan khas lombok saja yang di sajikan untuk para wisatawan ketika berkunjung ke Lombok, makanan lain seperti masakan khas Padang, Chinese, Betawi, dan masakan ala Eropa juga dapat ditemui untuk menyesuaikan lidah para pelancong.

1. Plecing Kangkung ( Kangkung Pedas Istimewa )

Plecing KangkungPlecing Kangkung sangat terkenal menjadi makanan sehari – hari yang selalu disajikan bersama dengan sepiring nasi. Plecing Kangkung terdiri dari kangkung yang direbus dengan bumbu sambel terasi ( sambal khusus lombok ) yang terbuat dari campuran cabai segar, kecambah, kelapa yang diparut, terasi, tomat segar, dan perasan jeruk limau.

Karena keistimewaan Plecing Kangkung, makanan ini sering sekali disajikan bersama dengan jenis masakan yang lainnya, misalnya sebagai pendaping Ayam Taliwang atau Sate Rembiga. Hal yang membuat Plecing Kangkung Lombok berbeda dengan kebanyakan masakan sayuran kangkung lainnya adalah Plecing Kangkung Lombok menggunakan jenis kangkung air yang biasanya ditanam disungai yang mengalir dengan metode perawatan tertentu yang menyebabkan batang kangkung tumbuh lebih besar.

2. Ayam Taliwang ( Hidangan Wajib Wisatawan )

ayam taliwangDalam point sebelumnya kita sudah sering sekali menyebutkan tentang hidangan yang satu ini, karena seperti kurang lengkap rasanya kalau pergi ke pulau Lombok Nusa Tenggara Barat tanpa merasakan kenikmatan masakan lokal bernama Ayam Taliwang. Letak keunikan masakan ini terletak pada bahan utama yang digunakan, yaitu berupa ayam muda yang masih segar. Disamping itu, menu masakan ini biasanya di sajikan sebagai menu ayam goreng, ayam panggang pedas, dan ayam panggang asam manis.

Penyajian Ayam Taliwang biasanya dengan nasi, plecing kangkung, dan sate rembige. Kami sarankan, pelancong untuk mencicipi masakan khas Lombok ini yang biasanya disediakan dibanyak rumah makan dengan paduan menu – menu yang khasnya.

3. Sop Bebalung ( Tulang Lunak Khas Lombok )

BebalungBebalung dalam bahasa Sasak memiliki arti “Tenaga”, makanan ini disebut bebalung karena berbahan dasar tulang rusuk sapi atau kambing yang di masak seperti sop pada umumnya tetapi dengan waktu perebusan yang cukup lama sehingga tulang sapi atau kambing menjadi lunak dan kenyal untuk di makan. Bumbu tradisonal yang digunakan untuk mengolah masakan ini berupa cabai rawit, bawang putih, bawang merah, asem muda, lengkuas, kunyit, sereh dan penyedap rasa.

Untuk para pelancong, memakan Bebalung dipercaya mampu memperkuat stamina dan vitalitas laki – laki. Sehingga masyarakat setempat sering menyajikan Bebalung sebagai makanan wajib saat perayaan – perayaan adat suku Sasak.

4. Sate Ikan Tanjung ( Citarasa Desa Tanjung )

Sate TanjungSate Ikan tanjung berasal dari sebuah desa bernama Tanjung di Lombok Utara. Potongan ikan Kakap besar ataupun Tuna segar di bumbui dengan bawang putih, cabai kriting, rempah – rempah, serai, dan santan kemudian di bungkus bersama tusukan sate menggunakan daun pisang lalu dipanggang secara merata.

Perpaduan inilah yang membuat sate Tanjung terasa sangat lezat dan empuk. Untuk mendapatkan menu Sate Tanjung ini, wisatawan biasanya hanya perlu merogoh kocek sekitar 10 ribu saja. Banyak sekali para pedagang berjajar menjajakan Sate Tanjung di pinggiran jalan sekitar pasar Tanjung atau disekitar terminal Tanjung. Rasanya teman – teman wisatawan harus mencoba bagaimana nikmatnya Sate Tanjung saat dihidangkan dengan kondisi masih panas. Yummmyyy….

5. Ares ( Menu Tradisional Pelepah Pisang Muda )

Sayur AresIni dia satu lagi sebuat kuliner unik yang ditawarkan di pulau Lombok, masakan yang satu ini berbahan dasar dari pelepah pisang yang masih muda. Yup… Sayur ini bernama Ares. Masakan ini cukup unik karena selain berbahan dasar pelepah pisang, Ares juga memiliki variasi rasa manis dan pedas. Bumbu yang digunakan untuk mengolah Ares mirip dengan bumbu Kare yaitu ketumbar, bawang putih, lengkuas, jinten, bawang merah, jahe, kemiri, dan kunyit. Sedangkan untuk penyedap rasa, biasanya hanya menggunakan garam. Hal ini disebabkan karena penyedap akan menghilangkan cita rasa yang dihasilkan oleh batang pisang muda.

Menu makanan Ares bisa menjadi alternatif para wisatawan yang kurang menyukai menu makanan pedas khas Lombok. Ares juga cocok dihidangkan saat makan malam atau saat sarapan pagi dan tentu lebih nikmat lagi jika dihidangkan saat masih panas.

6. Nasi Balap Puyung ( Beradu Rasa Pedas Di Lidah )

Nasi Balap PuyungSiapa yang tidak kenal dengan rasa pedas yang diciptakan saat memakan Nasi Balap Puyung, para wisatawan yang ingin mencicipi seberapa pedas makanan khas Lombok sepertinya harus mencicipi makanan yang satu ini. Nasi Balap Puyung adalah makanan pedas yang akan membuat lidah ketagihan, nasi ini dilengkapi dengan suwiran daging ayam yang diolah bersama cabai, taburan udang kering, kacang kedelai, abon, serta belut goreng. Dengan tampilan yang sederhana, nasi ini ternyata mampu membuat para wisatawan ketagihan untuk mencicipinya berulang kali.

Pada awalnya, makanan ini hanya bernama Nasi Balap saja. Konon nama nasi balap diambil karena para penjual yang menjajakan makanan ini selalu berada di terminal dan pelabuhan. Jadi mereka harus menjajakan dagangan secara terburu – buru, dari sinilah muncul istilah nasi balap. Kemudian setelah berjalanan beberapa lama, makanan khas Inaq Esun ini akhirnya dinamai nasi balap Puyung. Karena salah satu cucu Inaq Esun yang merupakan pembalap lokal selalu menang, hal ini lah yang membuat warung Inaq Esun jadi sering dikunjungi teman – teman cucunya sesama pembalap yang berlokasi di Desa Puyung.

7. Poteng, Jajetujak, dan Iwel ( Tiga Menu Pencuci Mulut )

Poteng JajetujakDiakhir pilihan, kami ingin menyajikan sebuah hidangan pencuci mulut yang biasanya di hidangkan untuk menemani makanan – makanan berat diatas. Hidangan Jajetujak biasanya terdiri dari 2 jenis yaitu tapai dan tetel. Menurut kepercayaan setempat, yang membuat poteng harus dalam keadaan suci yakni tidak sedang haid.

Sebab jika yang membuat sedang datang bulan bisa merusak poteng. Sebaiknya, pembuatan poteng, khususnya saat akan menaburkan bubuk tape ketan dilakukan setelah selesai salat sehingga masih dalam kondisi suci atau berwudhu. Rasa yang manis dari ketan sangat cocok sekali untuk melengkapi moment anda dalam aktivitas berkuliner di lombok.

Demikan beberapa Kuliner Khas Lombok yang sebaiknya anda coba saat berkunjung di pulau Lombok. Jika anda memiliki beberapa makanan khas Lombok yang anda sukai tetapi tidak sempat kami cantumkan disini, silahkan sisipkan komentar anda di bawah artikel ini. Agar kami bisa mengulas tentang makanan kesukaan anda di Lombok. Terima kasih sudah membaca….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *