Tari Tandang Mendet Khas Suku Sasak
1 October 2016
Berani Mencoba Sensasi Unik Es Lombok Khas Pulau Lombok
8 October 2016

Awas! Bukit Anak Dara Lombok Bikin Jatuh Cinta

Ketika kamu berlibur di Sembalun, kamu pasti akan melihar banyak bukit yang mengelilingi daerah ini. Deretan bukit yang mempesona itu mulai banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Salah satu bukit yang mesti kamu kunjungi adalah Bukit Anak Dara. Bukit ini merupak bukit kedua yang tertinggi setelah Bukit Nanggi.

Asal nama Bukit Anak Dara ini dipercaya menurut cerita para leluhur masyarakat Sembalun buit ini konon masih dijaga oleh dua orang dara cantik. Sebagaimana diyakini oleh para leluhur bahwa Gunung Rinjani dijaga oleh seorang ratu jin canti bernama Dewi Anjani, kemungkinan penjaga bukit ini adalah dua murid Dewi Anjani.

Kerennya, Bukit Anak Dara masih asri dan alami karena belum banyak dijamah oleh manusia. Tak hanya itu wisata bukit ini juga termasuk memiliki pesona yang lengkap. Bukit indah yang pastinya akan melekat dalam ingatan ini pasti akan membuatmu takjub. Ketika kamu menaiki bukit yang tinggi 1.921 mdpl ini kamu akan melihat dari segala sisi keindahan panorama di depanmu.

Kamu pasti akan tersenyum bangga, melihat pesona yang dipamerkan Bukit Anak Dara. Ketika kamu melihat ke sebelah timur, kamu akan disapa oleh hamparan hutan belantara yang hijau yang cantik dan membuat matamu nyaman. Hamparan hutan yang membatasi lautan lepas yang biru tenang dan indah. Kamu juga akan melihat gili-gili di tengah laut.

Sedangkan jika kamu menatap ke arah timur apalagi ketika pagi hari, kamu akan disapa oleh mentari yang hangat dan keindahan langitnya sangat sempurna. Kamu juga tidak boleh melewatkan senja di Bukit Anak Dara. Keeksotisan senja akan membuatmu matamu termanjakan oleh warna langit yang cantik.

Menenggok ke arah selatan bara, kamu akan melihat sudut-sudut Desa Sembalun. Menikmati deretan rumah penduduk yang dipadukan dengan persawahan dan perkebunan yang hijau seperti lukisan yang tak ternilai harganya.

Tak hanya menikmati pemandangan, kamu juga bisa melakukan olahraga paralayang untuk menikmati lebih istimewa pemandangan bukit Anak Dara. Pasti liburanmu akan semakin seru dan tak terlupakan.

Tentu jangan lupa mengabadikan momenmu dengan jepretan kamera dan pamerkan keindahan Bukit Anak Dara di mensos agar rakyat Indonesia semakin bangga terhadap objek wisata di Indonesia.

Letak dari Bukit Anak Dara ini berada di sebelah timur Desa Sembalun Lawang. Agar pendakian bukit lebih mudah, secara bertahap jalur menuju bukit sedang ditata untuk selanjutnya dipromosikan untuk lokasi kunjungan wisata.

By Zahratul Wahdati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *