Mengenal Peralatan, Waktu, dan Pemilihan Tempat Rumah Adat Sasak Lombok
15 July 2016
Mau Surfing dan Mancing, Paling Seru di Pantai Bangko-Bangko Lombok
15 July 2016

Berlibur di Lombok, Jangan Lupa Beli Oleh-Oleh di Desa Beleka

Kamu berlibur ke Pulau Lombok, tentu sebelum pulang, walaupun aku tahu kamu nggak ingin pulang. Kamu jangan sampai kelewatan beli oleh-oleh khas Lombok di Desa Beleka. Apalagi, temen-temen di rumah pasti bakalan nagih oleh-oleh khas Lombok ketika kamu pulang ke rumah, kan?

Di Desa Beleka inilah salah satu pusat souvenir khas Lombok dan tertua di Lombok. Di desa ini, matamu bakalan berbinar-binar melihat berbagai pernak-pernik anyaman. Soalnya, hampir seluruh penduduk desa ini berprofesi sebagai pengrajin anyaman. Perlu kamu tahu juga, kerajinan anyaman di desa ini sudah turun termurun diwariskan jauh sebelum Pulau Lombok seterkenal ini. Bisa kamu bayangkan, betapa kerennya hasil anyaman di desa ini, kan?

Kerajinan anyaman ini bukan hanya terkenal di pasar lokal, loh! Tetapi kecantikan dan keunikan kerajinan anyaman khas Desa Beleka ini sudah dipasarkan hingga internasional.

Di Desa Baleka Lombok kamu akan menemukan berbagai souvenir yang terbuat dari anyaman. Anyaman ini sebagian besar berbahan dasar ketak (sejenis mendong) dan rotan. Kerajinan itu antara lain tas cantik, pernak-pernik dekorasi ruangan, hiasan dinding, perlatan rumah tangga, vas bunga, piring buah, dan masih banyak lagi. yang paling dicari oleh wisatawan adalah Cupu, yaitu sebuah wadah berbentuk bulat yang biasanya dipakai untuk menyimpan tembakau dalam upacara tradisional bendulang.

Cupu ini punya banyak kaitan dengan sejarah dan budaya masyarakat setempat. Cupu yang dalam bahasa sasak berarti bundar ini, menginpirasi para pengrajin untuk membuat aneka kerajinan berbentuk bulat. Jadi, kamu akan menemukan sebagian besar kerajinan di Desa Beleka berbentuk bulat. Selain itu, kamu juga jangan lupa membeli gendek, sebuah tas tradisional dari Pulau Lombok. Biar oleh-olehmu jadi lengkap.

Di Desa Beleka kamu bukan hanya bisa membeli oleh-oleh, tetapi kamu juga bisa melihat proses pembuatannya. Ada beberapa tips ketika kamu berbelanja di Desa Beleka. Yang pertama, jika kamu berkunjung ke rumah warga jangan menolak makanan atau minuman yang disajikan. Kedua, jangan lupa mengucapkan salam sebelum memasuki pekarangan rumah warga ketika akan melihat proses pembuatan kerajinan. Ketiga, menawarkan kira-kira sekitar 10% dari harga yang ditawarkan. Keempat, bawalah uang cash.

Sudah tidak sabar mengunjungi tempat ini? Kamu harus menempuh skitar 57 km dari kota mataram. Letak tempat ini berada di Desa Beleka, Kecamatan Praya, Lombok Tengah.  Rutenya adalah Cakranegara-Kediri-Praya-Batunyala-Mujur-Desa Ganti. Desa Beleka akan kamu temui sekitar 1,5 km dari Desa Ganti.

By Zahratul Wahdati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *