Cerorot dan Tombek Jajanan Tradisional Khas Lombok Yang Harus Dicoba
25 September 2016
Kelezatan Sate Bulayak Khas NTB Bisa Kamu Coba di Rumah, ini Resepnya!
27 September 2016

Dasyatnya Kelezatan Sate Bulayak Khas Lombok NTB

Siapa yang tidak kenal sate? Makanan ini selalu menjadi favorit dan memiliki banyak penggemar. Mungkin kamu salah satunya, bukan? Jika kamu sedang berlibur di NTB selain kamu harus mencoba Ayam Taliwang, kamu juga harus mencoba sate bulayak. Sate ini terbuat dari daging sapi yang dilumuri bumbu khas Lombok yang hmmm lezat dasyat. Sate bulayak ini biasa disajikan dengan lontong bulayak.

Dasyatnya kelezatan sate bulayak ini, salah satunya dari bumbunya yang kaya. Bumbu bulayak ini terbuat dari kacang tanah yang disangrai dan ditumbuk, kemudian direbus dengan santan dalam jumlah dominan. Setelah itu, dicampur dengan aneka rempah-rempah dan bumbu lain seperti bawang, ketumbar, jintan, dan cabai. Daging sapi ataupun jeroan kemudian dilumuri bumbu kemudian di bakar di atas arang batok kelapa. Aroma khas sate yang harum akan membuatmu menelan ludah dan semakin mengaktifkan bunyi perutmu.

Setelah sate matang, sate ini kemudian dikucuri jeruk nipis dan di sajikan dengan sambal. Menghidangkan sate bulayak ini, penjual tidak akan memberikan garpu atau sendok. Jadi, kamu harus memakannya dengan tangan, mencocol sate ke dalam bumbu juga harus menggunakan tangan. Makan dengan tangan akan membuat kelezatan semakin meningkat, kamu harus percaya itu!

Sate bulayak ini seperti yang sudah disebutkan tadi, disajikan dengan lontong. Tetapi lontong ini berbeda dengan lontong biasa. Lontong bulayak ini memiliki rasa lebih lembut dan gurih ketimbang lontong biasanya. Itu karena lontong bulayak dibungkus dengan daun aren yang membuat aroma dan rasanya pun menjadi lebih sedap dan gurih.

Teman minum yang cocok untuk sate bulayak ini, kamu bisa memesan es kelapa muda yang disajikan langsung dalam batoknya tanpa ditambahi gula ataupun pemanis buatan. Jadi rasanya lebih segar dan fress.

Kamu juga bisa membuatnya di rumah, berikut resepnya. Bahannya terdiri dari daging sapi  300 gr yang ditumbuk kasar kemudian dipotong kecil-kecil. Air jeruk nipis 1 sdm, parutan kelapa tua 100 gr, 100 gr kacang tanah yang ditumbuk halus, 1 sdm gula merah yang diserut, 200 ml santan kental, 25 tusuk sat, 10 buah bulayak atau lontong khas Lombok.

Sedangkan untuk bumbu husnya terdiri dari 15 cabai rawit, 6 butir bawang merah, 4 siung bawang putih, ¾ sdt merica sangrai, dan ¾ sdt garam. Untuk cara pembuatannya, akan di sampaikan di artikel selanjutnya.

Jadi, ketika kamu berlibur di Lombok jangan sampai tidak mencoba sate bulayak yang akan membuatmu ketagihan.

By Zahratul Wahdati.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *