Rasakan 3 Suasana Unik di Pura Taman Mayura Lombok
31 July 2016
Petualangan di Hutan Mangrove Gili Sulat Lombok
15 August 2016

Gili Kondo Lombok, Keindahanya Super Istimewa

Gili Kondo Lombok

Berapa Gili di Lombok yang sudah kamu kenal? Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air memang yang paling terkenal. Namun, di Lombok masih banyak lagi gili yang lain. Salah satunya, Gili Kondo Lombok. Gili pemilik keindahan super istimewa ini berada di sebelah timur Pulau Lombok.

Gili Kondo merupakan salah satu dari 33 gugusan pulau gili yang letaknya di sebelah timur Pulau Lombok. Tepatnya berada di Selatan Alas yang menghubungkan Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Gili ini memang tidak berpenghuni. Hanya ada penginapan yang dikelola oleh masyarakat untuk wisatawan yang menginap. Akan tetapi yang perlu kamu catat, Gili Kondo merupakan tempat konservasi pemeliharaan terumbu karang.

Karena merupakan konsevasi pemeliharaan terumbu karang, tentu kamu harus melihat dunia bawah lautnya. Kamu bisa menyelam ataupun snorkling di Gili Kondo. Air lautnya sangat jernih dan bersih, sehingga kamu bisa menikmati keindahan bawah lautnya semakin jelas tanpa penghalang. Bahkan di kedalaman 1 sampai dua meter kamu sudah akan menemukan keindahan bawah lautnya. Ikan dan karang yang memanjakan mata. Kamu juga bisa menjajal 12-30 spot snorkling di Gili Kondo dengan menyewa perahu.

Gili Kondo juga memiliki keistimewaan lain, yaitu pasirnya putih cantik luas. Asyik untuk berjalan santai menyusuri garis pantai atau berkejar-kejaran dengan temanmu. Di dekat Gili Kondo juga terdapat Pulau Kapal yang terlihat ketika air laur surut. Sedangkan, jika kamu berada di pinggir pantai dan menatap ke barat, kamu akan menemukan Gunung Rinjani di ujung lautan. Indah sekali. Nah, coba geser pandanganmu menuju arah timur. Kamu akan menemukan gugusan Pulau Sumbawa Besar dan Kevil yang tidak bisa dipungkiri kecantikannya. Di sebelah utara kamu juga akan menemukan pesona Gili Bedagan dan Gili Bidara dengan pasir putih cantiknya. Kerennya, kalau air laut surut kamu bisa berjalan kaki menuju Gili Bidara yang jaraknya hanya 500 meter. Sehingga lebih baik kamu datang ketika musim kemarau.

Yang paling tidak boleh kamu lewatkan adalah menikmati sunsetnya yang benar-benar eksotis. Langit orange dengan view Gunung Rinjani, gugusan gili, dan laut yang bekilauan. Pasti akan membuat liburanmu berkesan. Tenang saja, di Gili Kondo tidak dipungut biaya. Fasilitasnya pun lengkap. Ada penginapan.

Untuk sampai di Gili Kondo kamu harus menyeberang menggunakan kapal dari Sambelia sekitar 20-30 menit saja. Untuk mencapai Sambelia dari Mataram kira-kira 2-2,5 jam.

By Zahratul Wahdati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *