Sekali Seumur Hidup, Berliburlah Ke Pantai Sire Lombok
27 July 2016
Mau Tahu Sejarah Lombok, Museum NTB Lombok Tempatnya
29 July 2016

Gili Tangkong Lombok Cantiknya Anti Mainstream

Di Pulau Lombok masih banyak sekali pulau yang belum terjamah dan keasriannya tentu sangat terjaga. Salah satunya adalah Gili Tangkong Lombok. Pulau ini sangat sepi, karena jarang dikunjungi, dan masih pure. Tanpa sentuhan fasilitas seperti wisata pada umumnya. Tentu, pulau ini cocok banget bagi kamu sang petualang untuk mencicipi cantiknya Gili Tongkong yang cantinya anti mainstream.

Di pulau lombok memang terkenal dengan gilinya, misalnya Gili Trawangan dan Gili Air. Akan tetapi Gili Tangkong sangat jarang bahkan hampir tidak pernah didatangi oleh pengunjung dan tidak ada penghuninya. Jadi di gili ini, kamu tidak akan menemukan sampah. Kamu juga akan terpikat dengan airnya yang super bening. Yang tentu tidak akan bisa kamu sia-siaakan.

Dijamin kamu tidak kuat untuk tidak berenang di gili ini. Dan kamu harus menilik istana bawah lautnya yang menakjubkan dengan snorkling ataupun menyelam. Ikan-ikannya sangat cantik dan terumbu karangnya sehat, subur, dan tak ada rusak sedikit pun. Selepas itu kamu bisa berjalan-jalan menikmati suasana damai dan pemandangan yang mempesona Gili Tangkong.

Agar suasana petualanganmu semakin terasa, kamu harus menginap di Gili Tangkong. Kamu bisa mendirikan tenda yang sudah kamu bawa dari rumah dan peralatan camping lainya. Pasti liburanmu bersama sahabat-sahabat petualangan semakin seru dan berkesan.

Untuk sampai di Gili Tangkong memang butuh ektra berjuang, ya tapi bagi kamu-kamu yang memiliki jiwa petualang ini mah kecil. Masalah transportasi umum yang jarang, angkutan umum dari Mataram yang hanya sampai di Pelabuhan Lembar itu pun sangat jarang tentu bukan masalah bagimu. Soalnya kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk mencapai Pelabuhan Lembar.

Ini dia rute yang harus kamu tempuh, Mataram-Dasan Cermen-Rumak-Gerung-Lembar, dengan jarak sekitar 25 Kilometer. Kemudian kamu harus menyeberang ke Gili Tangkong dari pelabuhan Barang, yang letaknya sekitar 500 Meter sebelah Timur pelabuhan Lembar. Kamu bisa menyewa perahu berkapasitas 6 orang untuk menyeberang, dengan harga sekitar Rp. 400.000,- perjalanan pulang-pergi.

Di sepanjang perjalanan laut itu pasti kamu akan terpikat dengan gili-gili yang akan kamu lewati seperti Gili Sundak, Gua Landak, Gili Kedis, dan Makam Keramat. Kamu juga bisa menyeberang ke Gili Tangkong melalui pelabuhan Mawun. Letaknya sekitar 5 kilometer dari pelabuhan lembar.

Mengunjungi Gili Tangkong tidak dipungut biaya. Jadi tunggu apalagi, ayo tantang jiwa petualangmu untuk berlibur di Gili Tangkong Lombok.

By Zahratul Wahdati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *