+6285338000050 +6282247117719 +62370-6173082 lombokclick@gmail.com
+6285338000050 +6282247117719 +62370-6173082 lombokclick@gmail.com

Kerajinan Cukli, Oleh-oleh Cantik Khas Lombok Yang Tidak Boleh Ketinggalan

Jalan-jalan ke Lombok, kamu jangan lupa pulang membawa oleh-oleh khasnya. Salah satu oleh-oleh khas dari Pulau Lombok adalah kerajinan Cukli. Kerajinan ini terbuat dari kayu dengan hiasan potongan kerang yang ditanam dalam kayu. Kamu bisa memilih dari mulai asbak, tempat tisu, kotak perhiasan, pigura, kursi, meja, lemari, bahkan tempat tidur.

Kerajinan unik dan cantik Cukli bisa kamu temui dengan mudah di Desa Lendang Re Lombok. di desa ini kamu tidak hanya bisa membeli cukli, kamu juga dapat melihat proses pembuatannya atau bahkan ikut membuatnya. Desa Lendang ini terletak sekitar 10 kilometer sebelah timur Mataram. Tepatnya di Desa Sayang Sayang, Kabupaten Lombok Barat. Waktu terbaik untuk berkunjung sekitar pukul 08.00 sampai 11.00 WITA. Untuk harga tiketnya gratis. Terdapat lahan parkir dan restoran.

Menuju Desa Lendang Re, jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, rutenya sebagai berikut: Jl. Pejanggil-Jl. Sultan Hasanusin-By pass. Lihat di sisi kanan jalan, kamu akan menemukan gapura besi sederhana bertuliskan selamat datang di sentra kerajinan Cukli Lendang Re. Kalau kamu binggung, kamu bisa bertanya kepada orang di jalan tentang keberadaan desa ini.

Di Desa ini kamu akan menemukan empat keluarga yang membuat kerajinan cukli. Dulu sebelum bom bali 1, semua keluarga di desa ini menggeluti kerajinan cukli, namun sekarang tinggal 4 keluarga saja. 4 keluarga ini rumahnya berdekatan jadi kamu lebih mudah untuk melihat proses pembuatan cukli.

Bahan-bahan pembuatan cukli adalah kayu mahoni, biasanya juga kayu jati tetapi harganya lebih mahal karena kayu jati harus didatangkan dari Jawa. Bahan lainnya seperti baham mentah kilit kerang didatangkan dari beberapa pulau lainnya seperti Bali, Pulau Sulawesi, dan Flores. Jadi bahan bakunya harus didatangkan dari luar pulau Lombok.

Di Desa ini kamu pasti antusias untuk melihat proses pembuatan cukli. Dimulai dari proses awal yaitu pemotongan kayu, kemudian berlanjut proses penyusunan potongan kayu, lalu pemotongan kulit kerang, penanaman kulit kerang, sampai proses finising berupa pemolesan, penghalusan, penghalusan, dan penyemiran.

Kamu juga bisa memesan cukli sesuai keinginanmu, dan dapat dikirim ke alamat kamu. Kamu juga bisa membeli cukli yang tersedia untuk dibawa sebagai oleh-oleh untuk orang-orang yang kamu sayangi di rumah.

Jangan lupa promosiin cukli kepada teman-teman mensosmu agar mereka jadi iri dan juga ingin membeli kerajinan cantik khas Lombok ini.

By Zahratul Wahdati

Leave a Reply