Membeli Gula Aren Desa Kakait Khas Lombok, Manisnya Seperti Kamu
17 August 2016
Mengenal Kesenian Suling Dewa Bayan Khas Lombok dan Filosofinya
20 August 2016

Mengenal Gong Suling Desa Lembusari Narmada

Gong Suling

Kamu ingin melihat salah satu kesenian yang cukup langka di Pulau Lombok? Namanya kesenian Gong Suling. Kesenian ini hampir punah, namun kamu bisa melihat keelokan kesenian ini di Sanggar Seni Lembusari, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Sebuah sanggar seni yang patut dicontoh oleh kita karena telah melestarikan kesenian yang hampir punah seperti Gong Suling.

Suara gong suling yang mendayu-dayu, pasti akan membuatmu terpikat dan sangat menikmati alunannya. Nadanya yang mendayu-dayu seperti suara embusan angin yang kencang terus lirih diiringi dengan suara pukulan gong yang bergetar. Perpaduan dua nada dari dua alat musik ini akan membuatmu larut dalam kemerduan dan sensasi releksasi musiknya.

Sayangnya, kesenian Gong Suling yang seharus kita banggakan mulai tidak diminati. Bahkan regenerasi dalam tarian ini cukup menyedihkan. Penari bahkan ada yang sudah uzur, entah di mana para pemuda dan pemudi yang harusnya turut serta melestarikan kesenian gong suling ini.

Maka dari itu kamu harus tahu mengenai gong suling. Gong suling ini terbagi dalam tiga jenis. Yang pertama suling saling sahut menyahut menciptakan suara irama etnik yang begitu harmoni dan sempurna. Yang kedua dentuman suara gong pertanda ketukan akan berpindah nada. Yang ketiga rincik dan petuk menyelaraskan sajian musik tersebut menjadi utuh dan indah. Intinya kesenian gong suling lebih menitik beratkan pada seruling dan gong sebagai pelengkap sajian musiknnya.

Kamu juga perlu tahu, ada tiga jenis seruling yang digunakan di dalam seruling gong ini. seruling dengan ukuran kecil disebut pemetik, seruling berukuran sedang disebut penegar, dan seruling berukuran besar yang disebut barangan. Nah, untuk pemain kesenian ini biasanya adalah kelompok musik. Anggotanya sekitar 25 orang. Untuk formasinya adalah tiga orang pemain akan memainkan tiga gong. 21 pemain akan meniup seruling tiga jenis suling. Sementara tiga orang lainnya akan memegang rincik, petuk, dan seroang vokalis atau penyanyi.

Melihat hampir kesenian khas Lombok ini hampir punah ini rasanya miris sekali. Padahal dulu di setiap desa di Narmada terdapat minimal datu kelompok gong suling. Dulu masyarakat sangat mencintai budaya dan kesenian asli, tetapi sekarang hanya ada satu kelompok saja yang masih eksis dan mencintai kesenian gong suling ini. Pastikan kamu juga menonton pertunjukan mereka dan membantu untuk melestarikan kesenian gong suling ini dengan caramu sendiri. Dari yang kecil misalnya, menguplod foto atau vidio musik gong suling agar masyarakat sadar betapa indah musik gong suling khas Lombok ini.

By Zahratul Wahdati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *