Mengenal Musik Semprong Khas Suku Sasak Lombok
21 August 2016
Sejarah Asal-Usul Suling Dewa Bayan, Kekayaan Tradisi Pulau Lombok
23 August 2016

Mengenal Tari Gegerok Tandak Loloan Bayan

Tari Gegerok Tandak

Indonesia memang memiliki banyak sekali keistimewaan, salah satu di dalam bidang seni tari. Setiap daerah memiliki tari yang berbeda. Nah, di Kabupaten Lombok Utara tepatnya di Kecamatan Bayan terdapat sebuah tari bernama Tari Gegerok Tandak Loloan Bayan. Tari Gegerok ini pertama kali dimainkan oleh orang dari garis keturunan Loloan yang terdapat di Kecamatan Bayan.

Kurang diketahui jelas nama lengkap dan tahun berapa tari ini pertama kali muncul dan dimainkan. Namun dari keterangan yang memiliki garis keturunan tersebut adalah Amaq Nursawi yang diperkirakan hidup sekitar 1,5 abad lalu.

Tari Gegerok Tandak berasal dari kata burung dan tandak. Burung memiliki arti bareng atau bersama, sedangkan tandak merupakan tarian yang dilakukan secara bersama-sama. Sehingga, tarian yang menjadi hiburan ini dengan perumpaan binatang, karena sifat manusia yang mengganggu merupakan dari sifat binatang. Seperti babi, burung gagak, dan kera. Suara ketiga hewan ini akan menjadi nada tarian. Yaitu mm tiruan babi, nyuk-nyuk dari burung gagak, uu dari burung gagak.

Kamu harus tahu, alasan Tari Gegerok ditarikan adalah untuk mensukseskan prosesi kitanan. Tari ini digunakan untuk mengalihkan hadirin yang datang agar menonton tari ini, sehingga acara khitanan  berjalan dengan lancar.

Tarian gegorok memang hanya digunakan ketika ada ritual khitanan secara adat. Di dalam acara khitanan akan ada prosesi majang. Majang ini berupa menghiasi berungak dengan menggunakan kain oleh para pranata adat. Selain dimainkan di prosesi majang, tarian ini juga akan ditarikan saat peosesi khitanan dan melasut. Melusut ini merupakan acara ketika membuka kain yang digunakan untuk menghias berugak.

Ketika kamu melihat tarian ini, kamu pasti tidak akan melihat alat musik. Ya, tarian gegerok tandak adalah jenis tarian yang pertama kali di wilayah Bayang yang tidak menggunakan alat musik.

Tarian gegerok ini ditarikan oleh laki-laki yang ikut dalam acara khitanan, dan harus ada pemimpin yang harus dari garis keturunan gegerok tandak (garis keturunan loloan), semester lainnya bebas. Untuk jumlah personil minimal 4 orang, lebih banyak lebih baik. Maksimal 25 orang.

Kamu juga harus tahu ada duan proses dan tugas yang dilakukan gegrok tandak yaitu lawas dan onceq. Lawas merupakan pemimpin dalam barisan. Tugasnya untuk membuka, mengatur barisan. Sedangkan onceq merupakan orang yang mengungkapkan pantun secara bergantian.

Tarian gegerok tandak juga memiliki filosofi yaitu rasa gotong royongan, berat sama dipikul dan ringan sama dijinjing. Ini bisa dilihat dari barisan yang tidak boleh putus dan selalu berdekatan.

By Zahratul Wahdati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *