+6285338000050 +6282247117719 +62370-6173082 lombokclick@gmail.com
+6285338000050 +6282247117719 +62370-6173082 lombokclick@gmail.com

Oleh-oleh Khas Lombok Gerabah Banyumulek Pemilik Nilai Ekstetika Tinggi

Jika kamu liburan ke Lombok jangan sampai lupa membawa oleh-oleh khasnya. Salah satu oleh-ole khas yang terkenal adalah gerabah banyumulek.

Kamu bisa membeli gerabah manyumulek di Desa Banyumulek di Kabupaten Lombok Barat. Di desa inilah sentra kerajinan gerabah di Pulau Lombok. Apalagi, kualitas tanah liat atau tanah lempung di desa ini terkenal memiliki kualitas nomor satu di Pulau Lombok.

Di Desa Banyumulek kamu akan menemukan beberapa galeri dengan koleksi gerabah yang bervariasi dan lengkap. Tak hanya itu, kamu juga bisa belajar membuat gerabah langsung didampingi para pengrajin. Pasti liburanmu menjadi semakin seru. Walaupun tanganmu akan kotor oleh tanah liat tetapi pasti akan menjadi kenang-kenangan yang tak terlupakan dan tentu bisa kamu ceritakan kepada teman-temanmu di rumah.

Gerabah Banyumulek terkenal cantik. Kamu bisa menemukan gerabah-gerabah dengan nilai ekstetika tinggi. Berupa hiasan atau pajangan dengan warna-warna cantik dan beraneka bentuk, desain, dan ragam. Dari mulai dua dimensi ataupun tiga dimensi. Di antaranya ada selao (gentong), kekete atau sigon (wajan), kemek (periuk), ceret, tong sampah, guci, asbak rokok, dan lain-lain. Kamu juga bisa menemukan sauvernir-souvenir pernikahan yang lucu-lucu di sini.

Kamu benar-benar tidak boleh melewatkan melihat proses pembuatan gerabah banyumulek ataupun membeli gerabahnya. Sebab gerabah banyumulek terkenal sangat unik. Keunikan yang pertama, gerabah banyumulek masih tetap mempertahankan teknik pembakaran tradisional yaitu menggunakan jerami dan kayu bakar. Kedua, alat yang digunakan sangat sederhana, bahkan para pengrajin tidak menggunakan alat bantu mengukur diameter gerabah ini karena mereka sudah profesional.

Yang ketiga, gerabah banyumulek biasa dihiasi anyaman yang terbuat dari kayu sejenis rotan (ketak, ada juga dihias dengan pasir putih yang ditempel berbentuk motif tertentu. Motif yang lebih dominan adalah motif bunga. Keunikan yang keempat, kebanyakan pengrajin masih menggunakan pewarna alami seperti biji asam dan lainnya. Keunikan ke lima, ada model gerabah banyumulek yang unik dan tidak ada di tempat lain yaitu Kendi Maling. Keunikan yang terakhir, gerabah Banyumulek Lombok sudah dilengkapi dengan sertifikat non toxic jadi aman dipakai sebagai tempat menyajikan makanan dan minuman.

Dari banyak keunikan geraban banyumulek, masa kamu akan melewatkan untuk tidak membawanya pulang? Jadi, jangan lewatkan Desa Banyumulek menjadi salah satu tempat yang menjadi tempatmu singgah ketika berlibur di Lombok, ya!

By Zahratul Wahdati

Leave a Reply