Berani Mencoba Sensasi Unik Es Lombok Khas Pulau Lombok
8 October 2016
Sate Tanjung Khas Lombok Rasanya Bikin Tersanjung
8 October 2016

Sate Rembiga, Rajanya Sate Khas Lombok

Berlibur ke Pulau Lombok, tentu tidak lengkap jika kamu tidak mencoba satu per satu kuliner asli Lombok. Salah satu kuliner khas Lombok yang menjadi raja dan selalu dicari-cari wisatawan adalah sate Rembiga. Dijamin mencoba sate rembiga satu kali, rasanya lezatnya pasti akan melekat diingatan.

Untuk merasakan rasa raja super masakan ini, kamu bisa datang di daerah Rembiga, Mataram, Nusa Tenggara Barat. Di tempat tersebutlah banyak yang menjual sate rembiga. Sate rembiga ini berbeda dengan sate daging pada umumnya. sebelum menjadi sate, daging sapi ditumbuk terlebih dahulu agar nanti menjadi lebih empuk, kemudian direndam dengan bumbu-bumbu hasil racikan dari cabe merah, terasi, bawang putih, dan gula merah. Proses masaknya yang lama sekitar 2 jam akan membuat bumbu-bumbu meresap sempurna ke dalam daging sapi. Setelah itu, baru sate ditusuk dan dibakar. Kamu pasti sudah bisa membayangkan kelezatannya, bukan? Pastinya sensasi rasa pedas dan manis sate rembiga bakalan bikin kamu ketagihan dan menjadi penggemar berat sate yang satu ini.

Salah satu rumah makan yang menjual sate rembiga  yang sudah terkenal, bisa kamu datangi  berada di Jalan Rembiga No.4 Mataram. Kamu bisa datang ke warung ini sekitar pukul 14.00 sampai sekitar pukul 21.00 waktu setempat.

Di rumah makan ini, kamu akan langsung disapa oleh tempat pembakaran sate yang berada di pintu utama. Kemudian, kamu bisa memilih tempat yang sesuai di rumah makan yang bentuknya memanjang seperti lorong ini.

Sate Rembiga itu menggunakan daging sapi. Kamu pasti tahu NTB merupaka daerah yang terkenal dengan ternak sapinya sampai-sampai dijuluki Bumi Sejuta Sapi. Daging sapi NTB memiliki ciri khas dan kelezatan unik yang berbeda dengan sapi di daerah lain. Rasanya dijamin lebih manis karena konon sapi-sapi tersebut dibiarkan lepas di alam bebas, sehingga makanannya pun alami yaitu rumput.

Sate rembiga ini disajikan dengan lontong ataupun nasi putih, itu sesuai dengan selera kamu.  Ditambah kerupuk stik rambak dan es jeruk pasti lezat. Nah, ketika disajikan kamu juga tidak akan menemukan makuk berisi bumbu kacang atau kecap. Inilah uniknya sate rembiga, tanpa bumbu sambal rasa sate rembiga sudah pasti akan membuatmu melahap sampai habis. Rasanya yang manis, pedas, dan gurih akan membuatmu jatuh cinta.

Porsi sate rembiga adalah 10 tusuk, untuk harganya menyesuaikan harga daging saat itu. Selamat berpetualang kuliner!

By Zahratul Wahdati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *