Sate Rembiga, Rajanya Sate Khas Lombok
8 October 2016
Sebelum Mendaki Gunung Rinjani, Yuk Baca Aturan Barunya Dulu!
9 October 2016

Sate Tanjung Khas Lombok Rasanya Bikin Tersanjung

Lombok memang memiliki objek wisata yang berlimpah, salah satunya adalah objek wisata kuliner.  Salah satu kuliner yang menjadi wajib kamu coba adalah sate tanjung. Tenang, bagi kamu yang takut gendut gara-gara makan sate, makan sate tanjung tidak akan membuatmu gendut. Ini karena sate tanjung bukan dari daging ayam, sapi, kerbau, atau kambing, melainkan dari ikan cakalang atau ikan langoan, atau bisa juga ikan marlin.

Ikan cakalang untuk sate tanjung berasal dari sekitar perairan dekat Tanjung. Kamu harus tahu dulu, kalau Kota Tanjung merupaka kawasan pesisir utara Pulau Lombok yang terkenal kaya dengan ikan laut. Ikan cakalang memang yang utama, baru kalau tidak ada ikan ini, bisa diganti ikan yang lain yang memiliki rasa yang sama. Yang paling penting ikan itu masih segar.

Sate tanjung ini pasti akan membuatmu tersanjung. Rasanya yang lezat apalagi jika kamu menyantapnya ketika panas atau hangat, ditemani lontong ataupun nasi. Rasanya yang gurih dari daging ikan, dan santan serta pedas rempah-rempah tidak hanya akan membuat lidahmu menari, tetapi juga membuat tubuhmu menjadi hangat, segar bugar, dan berkeringat. Kamu pasti akan ketagihan hingga ingin mencobanya lagi dan lagi.

Sebenarnya, sate tanjung dulu merupakan makanan yang hanya ada saat tradisi seperti hari-hari besar saja. Tetapi, sate tanjung sekarang menjadi primadona, jadi kamu akan mudah menemuinya di Tanjung.

Sate tanjung yang merupakan kuliner legendaris ini bisa membuatmu rasa lelah dan lapar setelah seharian bewisata akan pulih kembali. Sate yang berasal sari Kab Lombok Utara ini mudah untuk kamu jumpai. Kamu bisa menemukan di pelataran kios-kios Pasar Tanjung. Tepatnya di tepi jalan utama Lintas Utara Pulau Lombok.

Biasanya tidak hanya sate ikan yang disajikan di tempat-tempat makan tersebut, kamu juga akan menemukan pepes ikan yang bisa dijadikan teman makan sate tanjung. Pepes itu ada pepes telur ikan dan pepes kepala ikan.

Kalau dilihat dari tampilannya, sate tanjung mirip sate lilit daari bali. Olahan ikan ditusuk melilit dengan dipadatkan pada tusuk bambu. Aroma bakar sate ikan yang harum pasti akan membuatmu tak sabar untuk menyantapnya.

Tempat makan yang menyediakan sate tanjung yang paling legendaris salah satunya milik Pak Iman. Buka mulai pukul 14.00 sampai 21.00 WITA. Selamat berwisata kuliner, ya!

By Zahratul Wahdati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *