Sate Tanjung Khas Lombok Rasanya Bikin Tersanjung
8 October 2016
Yuk! Wisata Religi di Masjid Gunung Pujut Lombok
10 October 2016

Sebelum Mendaki Gunung Rinjani, Yuk Baca Aturan Barunya Dulu!

Kamu suka mendaki gunung? Sudah berapa gunung yang sudah kamu taklukan? Sudahkah kamu menaklukan puncak Gunung Rinjani di NTB ini? Kalau belum dan memiliki niat untuk mendaki gunung tertinggi di NTB ini, yuk simak dulu aturan barunya.

Aturan tentang mendakian Gunung Rinjani yang baru telah disepakati oleh masyarakat umum dan aparat pemerintahan tanggal 25 sampai 30 maret 2016 yaitu:

Kamu ketika mendaki Gunung Rinjani harus menjaga kebersihan dan selalu membawa kembali barang yang berpotensi menjadi sampah. Agar barang tidak lupa atau ketinggalan, maka kamu akan dichek oleh petugas di pintu pengakian untuk mencheklis barang-barang dan bersediaan milikmu, begitu juga ketika kamu turun barang-barangmu pun akan dichek ulang di pintu keluar.

Petugas di Gunung Rinjani akan menjamin keamanan, ketertiban, dan kenyamanann kamu dan pengunjung lain. Kamu juga dilarang untuk menebang pohon, vandalisme, dan hal-hal yang merusak Rinjani. Jika kamu melakukan pelanggaran itu kamu akan terkena sanksi.

Kamu juga harus registrasi dan membayar tiket masuk sesuai jam pelayanan Gunung Rinjani yaitu pukul 07.00 sampai pukul 16.00 WITA. Kamu juga diminta untuk melapor ke petugas pintu keluar setelah pendakian dan menyerahkan sampah pada jam pelayanan yaitu 07.00 sampai pukul 16.00 WITA. Kamu juga harus patuh pada kebijakan penutupan pendakian, bukan kan peraturan itu akan membuat kita lebih aman, nyaman, dan senang? Jadi patuhi aturannya, ya.

Jika kamu tidak mematuhi peraturan-peraturan di atas kamu akan mendapat sanksi. Sanski pelanggaran ini antara lain, tidak membawa sampah dikenakan sanksi penyitaan alat pendakian selama 2 minggu dan ditebus dengan membayar Rp 250.000. jika kamu mengganggu ketertiban, keamanan, dan kenyamanan pengunjung lain seperti menebang pohon serta kegiatan lain yang merusak kawasan dikenakan saksi sesuai undang-undang.

Jika kamu diam-diam mendaki dan tidak membayar tiket maka kamu akan dikenai denda membayar tiket 4 kali lipat untuk pengunjung tanpa tiket atau pengunjung ilegal. Nah, jika kamu berkunjung ketika kawasan pendakian ditutup atau penutupan, kamu akan dikenai denda membayar tiket 4 kali lipat, penyitaan alat pendakian selama 2 minggu dan ditebus dengan membayar Rp 250.000.

Ya, sebagai pendaki yang cinta alam, kamu pasti akan mematuhi peraturan-peraturan yang sudah dibuat bukan? Kami percaya para pendaki akan menjaga kebersihan dan melestarikan Gunung Rinjani agar tetap cantik dan bersih.

By Zahratul Wahdati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *