+6285338000050 +6282247117719 +62370-6173082 lombokclick@gmail.com
+6285338000050 +6282247117719 +62370-6173082 lombokclick@gmail.com

Serunya Bermain Gansing Khas Lombok, Pemainan Tua Suku Sasak

Kamu pernah bermain gangsing? Sudahkah pernah melihat atau bahkan bermain gansing khas Lombok?  Di Lombok bermain gangsing biasa disebut begasingan. Begangsingan ini bukan hanya permainan, kamu juga akan melihat unsur seni dan olahraga dari pengasingan, sebuah permainan yang tua dari Suku Sasak.

Sekelumit mengenai mitologi begansingan. Begasingan ini berasal dari kata Gang yang berarti lokasi lahan atau lorong dan Sing yang berarti suara. Permainan ini harus dilakukan di tanah yang kosong, di mana saja yang terpenting tanah kosong.

Unsur seni dan olahraga dapat kamu lihat dari cerminan nuasa masyarakat yang berpegang teguh kepada petunjuk dan tidak melanggar petujuk, yaitu aturan yang berlaku dalam permainan tersebut. Ini mencerminkan sikap sportif. Tak hanya itu gangsingan juga mengedepanan rasa saling menghormati dan kebersamaan yang kuat ketika melaksanakan tujuan. Begansingan juga berdasar pada nilai-nilai luhur yang menjadi jati diri permainan ini.

Begasingan ini biasa dimainkan kelompok. Bisa dimainkan oleh siapa saja dari berbagai jenjang umur baik muda atau tua. Untuk jumlah pemainnya pun akan dimusyawarakan dan sesuai kesepakatan kedua belah pihak di lapangan. Tentu kamu bisa mencoba untuk meinkan gansingan. Untuk pemula cukup sulit memang, tetapi cobalah beberapa kali dan meminta diajarkan oleh para pemain.

Sebelum bermain, kamu perlu untuk mengenal jenis dari gasing asal Lombok ini. Kamu akan menemukan gansing berukuran besar. Gansing berukuran besar ini bernama pematok khusus digunakan untuk memukul. Kamu juga akan menemukan gasing berukuran kecil. Gasing ukuran kecil ini bernama pelepas khusus untuk diputar atau dipasang untuk segera dipukul. Kamu bisa mencoba bermain kedua jenis gasing ini.

Gasing ini terbuat dari kayu asam dan besi pinggirannya dari besi baja kolaher yang dipande. Besi tersebut dirawat dengan memakai autosol setelah dibersihkan dengan amplas lebih dahulu. Jadi, ketika kamu berlibur ke lombok sempat dirimu untuk melihat para pemain bermain gasingan. Pasti liburanmu semakin berkesan.

Kamu jangan lupa untuk menyimpan kenanganmu bermain gansing dan kehebatan para pemain bermain gasing dengan memvidio atau memfoto. Jangan lupa vidio dan fotomu di share di media sosial agar semua bisa mengenal permainan khas Lombok yang satu ini. Dan semakin banyak yang akan tertarik untuk belajar dan melestarikan budaya khas Indonesia, salah satunya gasingan khas Lombok ini.

By Zahratul Wahdati

Leave a Reply