Serunya Bermain Gansing Khas Lombok, Pemainan Tua Suku Sasak
25 August 2016
3D/2N Lombok Tour Paket Opsi A
26 August 2016

Serunya Mandi Bersama di Tradisi Rebo Botong Pulau Lombok

Tradisi Rebo Botong

Lombok memiliki tradisi yang seru dan unik. Namanya Tradisi Rebo Botong Pulau Lombok. Di tradisi ini, kamu bisa melihat masyaraka mandi bersama, kamu juga dapat mengikutinya. Tradisi ini merupakan tradisi yang menjadi ikon Pulau Lombok. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang untuk menyaksikan maupun ikut larut dalam tradisi seru ini.

Untuk mengikuti tradisi seru ini, kamu bisa datang hari Rabu terakhir di bulan Safar. Karena hari itulah akan dilakukan tradisi Rebo Botong, tradisi yang dilakukan satu kali setiap tahun. Sebuah tradisi turun temurun sebagai perayaan menyambut bulan Rabiul Awal (dalam kalender hijaiyah) yang tak lain adalah bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Kamu harus mengetahui bahwa tradisi ini tidak dilakukan di sembarang tempat, tetapi di sebuah sungai bernama Sungai Jangkuk yang ada di Dasan Agung,  Kota Mataram, Pantai Tanjung Menangis yang berada di Pringgabaya Lombok Timur, serta di Desa Kuranji yang ada di Luaapi, Lombok Barat.

Kamu pasti bisa menebak, kenapa tradisi ini dilakukan? Ya, sebab mandi merupakan simbol penyucian diri. Sehingga, karena merupakan simbol pensucikan diri dalam tradisi ini akan dipanjatkan serangkaian doa terlebih dahulu. Setelah berdoa, pemuka agama, kepala suku, serta orang-orang yang mengikuti tradisi akan mengantar sesaji ke Sesangi. Sesaji berupa telur, pisang, ketan, hasil tani, serta hasil laut. Sesaji ini sebagai simbol rasa syukur terhadap pemberian dan rezeki dari Sang Pecipta. Tak hanya itu, sesaji tersebut juga merupakan permohonan kepada Sang Pencipta untuk memohon perlindungan dari segala bentuk bencana ke tengah laut.

Setelah sesaji sudah diberikan kepada Sesangi. Kini saatnya tradisi pembersihan diri dengan mandi di tempat yang telah ditentukan. Kamu bisa ikut mandi dan becanda dengan masyarakat lokal. Air sungai yang segar dan suana ceria pasti akan membuat rasa penatmu hilang. Apalagi, kegiatan ini bertujuan untuk mensucikan diri. Jadi, kamu tidak boleh melewatkan untuk larut ke dalam tradisi yang seru ini.

Tradisi ini juga merupakan ajang silahturahmi antara masyarakat. Tradisi yang menyambung tali persaudaraan. Kamu bisa melihat keharmonisan dan persaudaraan antara masyarakat Lombok. Jadi, jika kamu berlibur di Lombok dan tepat ketika hari tradisi ini berlangsung jangan sampai melewatkan tradisi Rebo Bontong ini, ya! Atau bisa mencatat tanggalnya agar liburanmu tepat ketika hari tradisi ini berlangsung. Mengikuti tradisi ini pasti akan membuat liburanmu lebih berarti.

 

By Zahratul Wahdati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *