+6285338000050 +6282247117719 +62370-6173082 lombokclick@gmail.com
+6285338000050 +6282247117719 +62370-6173082 lombokclick@gmail.com

Tari Tandang Mendet Khas Suku Sasak

Indonesia memang kaya dengan budaya dan tradisi, salah satunya adalah tarian. Kamu pernah mendengar tari tandang mendet? Tari ini berasal dari Suku Sasak tepatnya dari Desa Sembahulun pada tahun 1458. Didirikan oleh Nek Kertanegara yang tak lain adalah pimpinan adat Sembalun atau biasa disebut Prabekel. Tarian tandang mendet merupakan tarian untuk peringatan dan rasa syukur atas keberhasilan yang diperoleh.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai tarian ini, kamu pelu mengetahui asal mula nama tarian tandang mendet. Tarian ini berasal dari kata “mendet” yang memiliki arti kegembiraan atau keberhasilan penduduk Desa Sembahulun dalam memperjuangkan dan mempertahankan bibit padi merah dari berbagai hama tanaman dan peperangan melawan jin-jin jahat.

Tarian ini memiliki makna yang dalam bukan? Nah, sekarang kamu juga harus mengetahui lebih jauh mengenai tarian yang satu ini Tarian tandang mendet ini terdiri dari 11 personel. Tepatnya 7 sampai 9 penari tombak, satu orang  pembawa tulup dan satu orang pembawa tameng dan pedang.

Penari-penari tersebut memiliki makna tersendiri-sendiri. Yang pertama penari pembawa tameng merupakan sebuah gambaran seorang pimpinan atau panglima perang. Kamu juga akan melihat penari yang membawa tulup yang menggambarkan patih dari pimpinan perang. Penari pembawa tombak merupakan prajurit perang, makanya jumlahnya lebih banyak.

Seperti tarian adat lainnya, ketika kamu menonton tarian ini kamu juga akan mendengar alunan indah musik tradisional yang mengiringinya. Alat musik yang mengirinya adalah gendang beleq. Sedangkan tembang yang mengiringi tarian tandang mendet ini adalah tembang pangkureong, tembang pengrum-rum.

Tentu setiap tembang memiliki arti yang perlu kamu tahu. Tembang pangkureong berasal dari kata “pangkur” yang artinya pahlawan, sedangkan “reong” berarti berarti langkah singa yang menjadi lambang keberanian prajurit. Sedangkan tembang pengrum-rum merupakan simbol dari hubungan manusia dengan lingkungan dan alam, manusia dan hubungannya dengan Sang Pencipta. Di samping musik dan tembang yang memiliki makna dalam di tarian tandang mendet, gerakan tarian ini juga memiliki makna. Makna dari tarian tandang mendet akan dibahas di artikel yang lain, silakan klik di sini.

Untuk melihat betapa menakjubkannya tarian tandang mendet ini, kamu bisa datang ke Lombok tepatnya di Desa Sembalun. Jangan lupa untuk mengabadikan indahnya tarian ini ke dalam bentuk foto, agar orang lain bisa melihat betapa kaya Indonesia dengan budayanya.

By Zahratul Wahdati

Leave a Reply