Kecantikan Tenun Desa Pringgasela Lombok Bikin Jatuh Hati
25 July 2016
Sensasi Rumah Tradisional Lombok di Desa Segenter
25 July 2016

Teluk Ekas Lombok Tempat Memulihkan Semangat Hidup

Kadang kamu merasa penat dan bahkan ingin melarikan diri dari aktivitas dan kerjaanmu yang padat. Teluk Ekas Lombok bisa jadi solusi tempatmu untuk melarikan diri. Di teluk yang cantik dan tenang ini akan membantumu untuk memulihkan semangat hidupmu.

Di Teluk Ekas kamu bisa tinggal di rumah sederhana para nelayan. Merasakan kesederhanaan penduduk, dan tentu pesona alam Teluk Ekas yang membuatmu selalu tersenyum. Seperti mengajakmu untuk menarik napas dan melepaskan kepenatan. Kecantikan Teluk Ekas bisa kamu nikmati dengan sempurna. Dari mulai pasirnya yang putih dan bekilau. Di Teluk Ekas kamu bisa menjelajah kecantikan pantai-pantainya. Seperti Pantai Sawung, Pantai Planet, Pantai Batunampar, Pantai Surga, dan Sebagainya.

Ketika kamu memandang ke diding timur, kamu akan menemukan tebing karang yang terpahat indah oleh alam dan tampak megah. Sedangkan jika kamu memandang sebelah selatan kamu akan menemukan titik tertinggi di Pulau Lombok yaitu Gunung Rinjani yang agung.

Teluk Ekas sungguh akan memulihkan semangat hidupmu, airnya yang tenang, jernih, dan ombaknya yang lembut mengajakmu untuk bermain. Kamu bisa berenang, memancing, dan snorkling dengan bebas. Akan tetapi, kamu harus membawa peralatan tersebut dari rumah.

Di Teluk Ekas kamu akan menemukan 50 pondok apung dengan sampan yang bersandar di sampingnya. Pondok itu merupakan tempat nelayan menangkarkan ikan kerapu dan udang. Kamu bisa melihat aktifitas mereka menangkarkan ikan dan udang-udang itu.

Teluk Ekas benar-benar sangat cocok sebagai tempat melarikan diri sejenak. Soalnya wilayah ini terpencil dan sangat tenang. Akan tetapi fasilitas di tempat ini kurang, jadi kamu harus mempersiapkannya sendiri. Kamu juga bisa mendirikan tenda ataupun menginap di rumah nelayan setempat. Selain melihat pantai kamu juga bisa mengunjungi danau air asin. Danau ini berada di sepanjang Jerowaru Lauk dan dikelilingi hutan bakau. Di danau ini bukan hanya bisa menikmati keindahan alamnya, kamu juga bisa melihat atifitas masyarakat membuat garam. Mengunjungi teluk ini kamu tidak dipunggut biaya sama sekali.

Untuk mencapai Teluk Ekas kamu harus menempuh jarak sekitar 75 kilometer dari Kota Mataram. Teluk ini berada di sebelah tenggara Kota Mataram tepatnya di Desa Ekas, Kecamatan Jero Waru, Lombok Timur. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi diutamakan sepeda motor, karena tranportrasi umum menuju Teluk Ekas sangat jarang. Kamu bisa menempuh rute menuju Teluk Ekas sebagai berikut jalur Mataram-Cakranegara-Kediri-Praya-Mujur-Ganti-Keruak-Jerowaru-Ekas.

By Zahratul Wahdati

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *