3D/2N Lombok Tour Paket Opsi A
26 August 2016
Cerorot dan Tombek Jajanan Tradisional Khas Lombok Yang Harus Dicoba
25 September 2016

Temukan Keharmonisan Beragama di Pura Lingsar Lombok

Tidak ada salahnya, jika kamu berlibur di Lombok kamu bisa mengunjungi Pura Lingsar Lombok. Pura ini akan menyajikan padamu keharmonisan umat beragama. Hal itu karena pura ini menjadi simbol kerukunan antar umat beragama yaitu Hindu-Bali dan Lombok dengan Islam Sasak.

Pura ini dibangung sekitar 1714 oleh seorang pedatang dari Bali. Usia pura ini sudah berabad-abad, sehingga sudah banyak direnovasi. Ketika kamu masuk ke area pura, kamu akan terpesona dengan kolam sepasang yang dipenuhi dengan teratai.

Ketika sampai di area dalam, kamu akan menemui tiga bangunan utama: gaduh, kemaliq, dan pesiraman. Gaduh adalah tempat suci bagi umat Hindu. Di gaduh kamu akan menemukan empat percabangan yang menyimbolkan dewa-dewa. Dewa-dewa tersebut adalah penghuni gunung, percabangan ke arah timur merupakan pemujaan untuk dewa penghuni Gunung Rinjani. Sedangkan ke arah barat adalah tempat pemujaan untuk penghuni Gunung Agung.

Selanjutnya kamu akan menemukan pintu masuk kemaliq ketika kamu menuruni tangga di depan gaduh. Kemaliq ini merupakan bangunan suci untuk pemeluk Islam Wetu Telu.

Di kamaliq ini terdapat dua kolam yang dihuni oleh ikan tuna. Ikan-ikan ini dianggap suci oleh masyarakat setempat. Kamu juga harus tahu bahwa mitosnya ikan-ikan tersebut merupakan jelmaan tongkat milik raja Lombok bernama Datu Milir. Ketika itu sang raja sedang berdoa untuk memohon hujan. Semoga kamu bisa melihat ikan tuna tersebut, sebab melihat ikan tersebut dipercaya oleh masyarakat akan mendapatkan keberuntungan. Kamu bisa mencobanya dengan melempar telur rebus untuk memikat ikan tuna keluar dari persembunyiaannya.

Kamu juga akan menemui sembilan pancuran. Empat buah di area kemaliq, dan lima buah di area pesiraman. Pesiraman ini tempat membasuh dan menyuscikan diri. Kamu bisa menyegarkan diri dengan air pancuran itu, apalagi air pancuran ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Jika kamu datang ketika bulan purnama keenam tahun Saka (sekitar bulan Oktober atau Desember) kamu akan menemukan upacara perang topat. Upacara yang merupakan salah satu prosesi pujawali atau syukuran ulang tahun pura.

Kamu sudah tidak sabar untuk mencatat alamat pura ini. Lokasi Pura adalah Jalan Gora No. 2, Lembah Lingsar, Desa Lingsar, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Pura Lingsar terletak sekitar 8 kilometer dari Kota Mataram. Kira-kira lama perjalanan 20 menit. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi. Rutenya adalah Mataram-Cakranegara-Selagalas-Lingsar. Kamu juga bisa menggunakan kendaraan umum. Tiga kali berganti jurusan. Yaitu jurusan Ampena-Sweta, jurusan Sweta-Narmada, dan Narmada-Lingsar. Waktu untuk berkunjung sekitar pukul 0.30 sampai 18.00 WITA. Gunakanlah pakaian yang sopan. Tiket masuk free hanya sumbangan suka rela saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *