+6285338000050 +6282247117719 +62370-6173082 lombokclick@gmail.com
+6285338000050 +6282247117719 +62370-6173082 lombokclick@gmail.com

Temukan Ketenangan dan Kedamaian di Pura Pengsong Lombok

Tempat ibadah memang memiliki atmosfer kuat untuk menenangkan dan mendamaikan jiwa. Tak hanya menyajikan nuansa spritual saja, namun juga nuansa keindahan bangunannya. Di Pura Pengsong Lombok kamu bisa merasakan kedua nuansa tersebut.

Sedikit mengenai asal nama pura ini. Pura Pangsung berasal dari “Pengsung” diambil dari bahasa Sansekerta yang memiliki arti tempat untuk meminta berkat (dari Sang Hyang Widhi. Masyarakat setempat menyakini pura ini adalah tempat sangat dekar dengan Sang Pencipta. Sehingga, kamu akan menemukan pemeluk agama Hindu sembayang setiap hari bukan hana hari raya saja.

Ada nama lain dari pura ini yaitu Pura Gunung Pengsong, ini dinamai oleh Suku Sasak. Dalam bahasa setemapat, kepeng atau disingkat peng berarti koin, dan song berarti berlubang. Sehingga pengsong memiliki arti koin berlubang. Hal itu karena sebelumnya pura didirikan ditemukan harta karun berupa koin emas di bukit ini. harta karun tersebut merupakan harta karun peninggalan jepang yang dikubur.

Pura Pangsung berdiri sejak tahun 1514. Sejarah berdirinya pura ini terteulis dalam buku yang dibuat dari daun palem. Untuk melihat isinya, harus dilakukan pada hari tertentu dan harus ada upacara juga karena buku itu sangat disakralkan. Namun, dari penjaga pura, Pura Pangsung didirikan oleh seorang pendeta dari Geria Pendem, karangasem, Bali bernama Ida Bethara Wayan Sebali dan merupakan pura tertua di Lombok.

Di Pura Pangsung kamu akan ditemani suasana yang asri dan sejuk membuatmu nyaman dan damai. Di kawasan ini terdapat banyak sekali pepohonan. Termasuk beberapa pohon beringin berumur ratusan tahun yang tampak mistis dan misterius. Kamu juga akan menemukan kera-kera yang berlompatan dari ranting ke ranting. Di depan pura, kamu bisa memberi makan kera-kera lucu dan jinak tersebut.

Sebelum kamu memasuki kawasan ini, kamu harus pastikan pakaianmu sopan. di pura pangsung kamu akan menggunakan selendang khusus untuk mengunjung yang diikat melingkar ke pinggang. Nah, bagi kamu wanita yang sedang halangan kamu tidak diperbolehkan masuk ke kawasan ini. jangan membawa makanan atau merokok di area pura. Waktu untuk berkunjung usahan sebelum pukul 6 sore. Harga tiket gratis. Waktu terbaik untuk berkunjung: Pagi jam 08.00-12.00 WITA, Sore jam 15.00-17.00 WITA.

Sudah tidak sabar untuk menggunjungi Pura Pangsung? Pura Pangsung bisa kamu tempu sekitar 40 menit dari Kota Mataram dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun ojek. Kamu bisa menempuh jalur atau rute sebagai berikut Mataram-Gomong-Ring Road Selatan-Desa Perampuan-Pengsong atau rute Mataram-Cakranegara-Dasan Cermen-Bagek Polak-Perampuan-Pengsong. Pura ini terletak di Desa Kuranji, Kabupaten Lombok Barat.

  By Zahratul Wahdati

Leave a Reply