Serunya Berpetualang di Hutan Seseot Lombok Pemilik 40 Sumber Mata Air
15 July 2016
Mengenal Peralatan, Waktu, dan Pemilihan Tempat Rumah Adat Sasak Lombok
15 July 2016

TWA Gunung Tunak Lombok Cantiknya Gak Bisa Didustakan

Lagi milih-milih objek wisata di Lombok yang bakalan kamu kunjungi? Bingung kan karena objek-objeknya beraneka ragam dan rasanya pengin datangi semuanya. Ini salah satu objek wisata yang harus kamu kunjungi jika di Lombok yaitu TWA Gunung Tunak. Kecantikan TWA Gunung Tunak tidak akan bisa kamu dustakan. Benar-benar cuantik! Pecahlah!

Letak TWA Gunung Tunak  berada di Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok tengah. Untuk menuju tempat ini kamu harus menempuh sekitar 85 km dari kota Mataram. Kamu bisa mengunakan kendaraan roda empat.

Di TWA Gunung Tunak kamu akan menemukan keindahan yang benar-benar bikin pecah. Keindahannya begitu berlimpah. perpaduan antara keindahan pegunungan nan hijau, hutan, dan pantai yang memiliki pasir putih yang cantik. Sebelum kamu memasuki kawasan TWA Gunung Tunak, kamu sudah akan terhipnotis oleh kecantikan Pantai Bumbang. Kamu jangan sampai melewatkan spot keren di sebelah gerbang. Di Spot ini kamu bisa melihat keseluruhan pemandangan pantai. Spot ini sering dilewatkan karena tempatnya tersembunyi. Untuk menemukanna kamu harus bertanya kepada petugas tiket gerbang TWA, ya!

Di tempat ini, kamu juga bisa menemukan aneka jenis burung. Diantaranya burung Gosong Kaki Merah yang memiliki badan sebesar ayam. Biasanya burung ini bersembunyi di belukar berupa gundukan tanah yang menggunung. Sebenarnya, Gunung Tunak lebih pantas disebut bukit. Untuk memasuki TWA Gunung Tunak, kamu bisa menggunakan sepeda motor atau berjalan kaki. Spot yang bisa kamu tuju salah satunya pantai di ujung jalan dengan bukit-bukit yang mengelilinginya. Di tempat ini sangat populer. Jaraknya kira-kira 7 kilometer dari gerbang TWA. Apalagi buat kamu yang suka tracking, inilah tempat yang jadi surga untukmu.

Kamu akan merasakan ketenangan dengan suasana hutan dan suara merdu penghuni hutan yang benar-benar menemanimu, di ataranya kupu-kupu indah, di sepanjang jalan menuju spot ini. perjalanan ini memakan waktu sekitar 1,5 jam. Dan sampailah kamu di pantainya. Pantai Tunak Begitu sepi dan bersih. Diapit oleh dua bukit karang. Ombaknya besar selayaknya ombak yang berasal dari samudera Hindia. Batu karang di tengah-tengah laut akan tampak sangat indah.

Spot lain untuk menikmati lebih sempurna pemandangan yaitu di atas bukit, kamu bisa menggunakan sepeda atau mendaki. Siapkan tenanga ektra tentunya. Di atas bukit, kamu akan melihat perpaduan laut, dengan deretan bukit cantik. Dibentuk oleh Bukit Bungkulan, Kelor, Takar Akar, Penjanggik, dan Batu Jangak. Kamu juga akan melihat lekukan-lekukan teluk yang dibentuk tebing-tebing curam.

By Zahratul Wahdati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *