Ares Menu Tradisional Pelepah Pisang Muda

Ares Menu Tradisional Pelepah Pisang Muda

Berlibur ke Lombok, tentu kamu harus mencoba kuliner khas yang terdapat di Lombok. Nah, salah satunya yang paling terkenal adalah ares kuliner lombok. Dijamin kelezatan ares akan membuatmu terkesan dan rindu untuk kembali ke Lombok. Kuliner ini unik karena terbuat dari batang pohon pisang yang dimasak dan diolah dengan cita rasa khas Lombok. Rasanya perpaduan antara manis dan gurih, jadi ares bisa menjadi makanan alternatif kamu yang tidak suka kuliner khas Lombok yang kebanyakan pedas.

Ares akan disajikan dengan nasi hangat. Kamu juga tak boleh melewatkan teman-teman ares, yaitu ayam taliwangan, dan plencingan kangkung. Yang pasti akan membuatmu hanya menyisakan piring kosong. Dan perut kenyang.

Awalnya ares hanya disajikan saat ada pernikahan ataupun kematian di Lombok dengan jumlah yang super melimpah. Tetapi, sekarang tidak usah menunggu orang menikah apalagi meninggal, karena ares sudah bisa kamu jumpai di warung-warung Lombok. Ini karena ares sudah menjadi makanan sehari-hari. Warung-warung yang menjual makanan khas Lombok termasuk ares bisa kamu jumpai di Jalan Septar Mataram dan Cakranegara.

Jika kamu selesai berlibur di Lombok, dan rindu dengan kuliner ares. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, karena sebenarnya memasaknya cukup mudah. Awalnya kamu harus mengupas pohon pisang kepok yang belum memiliki bunga hingga menyisakan bagian dalam, warna putih bersih. Setelah itu, kamu iris tipis-tipis, dicuci dengan garam dan diremas-remas. Hal ini dilakukan agar getah pohonnya hilang. Setelah itu, tinggal kamu masak dengan air berserta bumbu-bumbu antara lain kerumbar, jintan, lengkuas, bawang putih dan merah, jahe, kemiri, dan kunyit. Waktu pemasakan ares memakan waktu satu jam hingga bumbunya meresap sempurna. Agar lebih lengkap, kamu bisa menambahkan daging ke dalam kuah. Disarankan tidak menggunakan penyedap rasa agar cita rasa ares tetap terjaga.

Kerennya lagi, tidak hanya lezat dan murah, tetapi memakan ares ternyata bisa membuatmu sehat. Ini karena ares yang terbuat dari batang pohon pisang mengandung kalsium yang tinggi. Jadi, akan menguatkan tulang kamu agar tidak mudah rapuh. Lebih dari itu, batang pisang juga banyak mengandung nutrisi lain yaitu vitamin A dan C, besi, fosfor, kalium, dan masih banyak lagi.

Meskipun kamu bisa membuat makanan ares di rumah, tapi kalau kamu mengunjungi Lombok jangan lewatkan kelezatan ares. Karena kelezatan ares akan lebih terasa jika dimakan di tempat aslinya.

By Zahratul Wahdati

Yuk Bagikan :

FOLLOW US ON INSTAGRAM @WISATA_LOMBOK