Ayo Kenalan dengan Suku Sasak dari Lombok!

Sudah berapa suku di Indonesia yang sudah kamu kenal? Suku Sasak, suku yang satu ini sudah kenal, belum? Apalagi untuk kamu yang sudah pernah menggunjungi Lombok harus kenal dong dengan Suku Sasak. Gak keren kan kalo cuma tahu mengenai objek-objek wisata Lombok yang keren, tapi tidak tahu masyarakat asli Lombok? Tenang-tenang, kalo belum kenal, ayo kenalan.

Suku Sasak merupakan sukubangsa yang berasal dari Lombok dan tinggal di Lombok. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Sasak. Sedangkan, kebanyakan suku ini beragama Islam. Di masyarakat Suku Sasak ada agama islam yang unik dan agak berbeda dari Islam pada umumnya. Namanya adalah Wetu Telu. Pengikut aliran ini sekitar 1 %. Ada pula kepercayaan Islam yang lain yang dianut warga Sasak yaitu Sasak Boda.

Mari kita mengenal etimologi dari nama Sasak. Kemungkinan nama Sasak berasal dari Sak-sak yang berarti sampan. Kalau kamu tahu Kitab Negara Kertagama, kamu akan menemukan kata Sasak disebut menjadi satu dengan Pulau Lombok, yaitu Lombok Sasak Mirah Adhi. Sedangkan dari tradisi lisan, kata Sasak berasal dari sa-saq yang bearti satu. Untuk kata Lombok berasal dari kata Lomboq yang berarti lurus. Lombo Mirah Sasak Adi sebuah kutipan dari kekawin Magaraktegama (Desawarnana), yang tak lain adalah sebuah kitab yang memuat tentang kekuasaan dan kepemerintahan kerjajaan majapahit, gubanan Mpu Prapanca. Kata Lombok dari bahwa kawi berarti lurus. Mirah berarti permata. Sasak berarti kenyataan. Adi antrinya baik atau yang utama. Jadi, Lombok Mirah Sasak Adi berarti kejujuran adalah permata kenyataan yang baik.

Dari makna nama Suku Sasak saja kamu bisa merasakan betapa unik dan luhurnya suku yang satu ini. Tak hanya itu, keunikan lain terdapat pada adat isiadat suku Sasak. Yang paling terkenal adalah budaya nikah merarik atau pelarian. Adat ini bisa kamu lihat ketika ada resepsi perkawinan. Kamu akan menemukan mempelai perempuan yang akan dinikahkan, sang mempelai laki-laki harus melarikan mempelai perempuan dulu ke rumah keluarganya. Lucu kan! Pernikahan unik dan pasti sangat berkesan.

Rumah-rumah tradisional suku Sasak juga unik. Meski sederhana dengan dinding anyaman bambu, tetapi terlihat begitu nyaman untuk ditinggali. Rumah-rumah tradisional khas Suku Sasak bisa kamu lihat banyak di Kampung Adat Sade.

Sekarang sudah kenal kan dengan Suku Sasak? Unik kan?

 

By Zahratul Wahdati

Yuk Bagikan :

FOLLOW US ON INSTAGRAM @WISATA_LOMBOK