Balapan bersama Kuliner Pedas Khas Pulau Lombok, Nasi Balap

Sebelumnya sudah dibahas soal salah satu kuliner khas Pulau Lombok yang memiliki rasa pedas, yaitu Pelecing Kangkung. Nah, selain Pelecing, Pulau Lombok memiliki kuliner khas dengan ras pedas lainnya. Salah satu yan cukup populer adalah Nasi Balap.

Sebagian besar masyarakat Pulau Lombok memang menyukai masakan pedas, hal ini pula yang mempengaruhi kuliner khas Pulau Lombok yang sebagian besar adalah makanan pedas. Tentu saja hal ini tidak ada kaitannya sama sekali dengan nama Lombok yang dalam bahasa Jawa berarti cabai, karena di Lombok, karena arti “Lombok” dalam bahasa sasak adalah lurus, bukan cabai.

Seperti namanya, Nasi Balap sepertinya memiliki konsep makna yang sama dengan penamaan Lontong Balap yang menjadi kuliner khas Kota Pahlawan, Surabaya. Tentu saja makna balapan di sini bukanlah balapan seperti Valentino Rossi di ajang Moto GP atau Rio Haryanto di ajang F1. Tentu tidak akan terbayangkan bagaimana rasanya makan sambil balapan. Yah, seperti yang dirasakan para penikmat Nasi Balap atau Lontong Balap, rasa pedasnya lah yang membuat kamu akan balapan untuk segera menghabiskannya.

Nasi Balap Puyung merupakan kuliner khas Pulau Lombok yang berasal dari Desa Puyung, Lombok Tengah. Memang, di Pulau Lombok sudah hampir tersedia berbagai tempat yang menjual menu kuliner ini. Tapi, kalau kamu ingin mencicipi rasa pedas ala nasi balap yang sesungguhnya, alangkah baiknya datang langsung ke desa Puyung. Rasa pedas yang benar-benar nikmat akan membuat setiap pecinta pedas merasa ketagihan untuk ingin menikmatinya lagi dan lagi. Tentu saja rasa pedas yang dihasilkan sangat berbeda jika dibandingkan pedas saat memakan sambal atau semacamnya. Karena pedasnya sangat khas.

Sedikit flashback, Nasi Balap merupakan diciptaan seorang Ibu yang bernama Inaq (ibu dalam bahasa sasak) Esun pada tahun 1970-an. Sejak saat itu lah nasi balap terus berkembang sampai saat ini. Pada awalnya Inaq Esun hanya menjual di rumah saja dan promosi nya pun dari mulut ke mulut, namun seiring berkembangnya zaman nasi balap sudah berkembang menjadi sangat digandrungi. Kuliner ini pun menjadi populer dan ikut meramaikan jajaran kuliner top nusantara.

Bagi Anda yang sedang berencana atau bahkan saat ini sedang berlibur di Pulau Lombok, tidak ada salahnya untuk mencicipi makanan khas yang satu ini dengan mampir ke Desa Puyung. Terutama bagi Anda pecinta kuliner pedas, Nasi Balap Puyung ini tentu saja akan sangat disayangkan kalau sampai Anda lewatkan.

By Lalu Razieb Ariaharfi

Yuk Bagikan :

FOLLOW US ON INSTAGRAM @WISATA_LOMBOK