Gila! Kecantikan Air Terjun Mangku Sakti Lombok Bikin Heboh!

Liburan di Lombok binggung mau ke mana? Objek wisata di Lombok memang bikin bingung, ada objek wisata pantai, gunung, kuliner, sampai air terjun. Semuanya menarik dan patut dikunjungi. Nah, salah satu objek wisata yang memiliki kencantikan gila, ya Air Terjun Mangku Sakti Lombok. Kecantikannya yang super gila bakalan bikin kamu heboh sendiri.

Letak objek wisata ini adalah di Desa Sanjang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Menuju tempat ini kamu bisa menggunakan kendaraan motor atau mobil. Jaraknya sekitar 50 km dari pusat kota Selong, ini jika kamu melewati jalur perbukitan Sembalun, akses jalannya cukup terjal dan kamu akan merasakan hawa yang sangat sejuk. Kamu juga bisa melewati jalur pantai timur ke arah utara, yaitu melewati Kecamatan Sambelia jaraknya sekitar 100 km, bedanya jalannya landai dan hawanya panas. Kamu bisa memilih jalur mana yang ingin kamu lewati.

Air Terjun Mangku Sakti ini dikelola oleh masyarakat setempat. Sesampainya di area parkir kamu harus membayarRp. 10.000 untuk motor, sedangkan mobil Rp. 20.000. Uang parkir tersebut sudah termasuk tiket masuk. Dari area parkir, kamu masih harus menempuh perjalanan sekitar 4 km. Kalau kamu menggunakan motor kamu bisa melanjutkan perjalananmu menuju air terjun dengan motor. Namun, jika kamu menggunakan mobil, kamu akan kesulitan. Ini karena akses mobil yang tidak bisa masuk ataupun sulit karena jalannya tanah kerikil, becek, dan berbatu. Sehingga, kamu harus berjalan kaki.

Perjalananmu pasti akan menyenangkan karena ditemani padang ilalang yang cantik dan bernuasa romantis atau bisa juga sendu. Nah, di padang ilalang ini kamu bisa istirahat sejenak sambil foto-foto. Kemudian lanjut perjalan ke Air Terjun Mangku Sakti Lombok! Kamu juga akan menemukan hutan yang menawarkan kesejukan dan menghalangi panas sinar matahari, Sehingga, perjalananmu akan lebih teduh, dan tidak menguras keringat.

Akan ada penanda masuk Air Terjun Mangku Sakti. Kamu bisa memarkir motormu, dan beristirahat sebentar untuk membeli makanan atau minuman di pedagang yang berada di area penanda masuk. Dari sini, kamu tinggal berjalan kaki sekitar 1 kilometer lagi.

Sesampainya di Air Terjun Mangku Sakti perjalanan panjangmu akan terbayar lebih. Air terjunnya super cantik, warnanya kebiruan dan sangat jernih. Ditemani, suara hewan-hewan merdu yang bersembunyi di hutan yang mengelilingi air terjun ini. Pasti membuatmu merasa rileks. Air terjunnya tunggal, tingginya sekitar 20 meter. Jangan lewatkan mandi di air terjunnya, dan mendapat terapi pijat gratis dari tekanan air terjun ini.

By Zahratul Wahdati

FOLLOW US ON INSTAGRAM @PERCUTIANLOMBOK