Ini 3 Oleh-Oleh Khas Lombok Yang Harus Kamu Bawa Pulang!

Berlibur Ke Lombok? Tentu, kalau pulang tidak boleh melewatkan membawa buah tangan alias oleh-oleh khas Lombok. Sebenarnya banyak oleh-oleh khas lombok, tetapi ini tiga yang menjadi favorit pengunjung untuk dibawa pulang.

1. Gerabah Banyumulek Pemilik Nilai Ekstetika Tinggi

gerabah banyumulek

Di Desa Banyumulek kamu akan menemukan beberapa galeri dengan koleksi gerabah yang bervariasi dan lengkap. Tak hanya itu, kamu juga bisa belajar membuat gerabah langsung didampingi para pengrajin. Pasti liburanmu menjadi semakin seru. Walaupun tanganmu akan kotor oleh tanah liat tetapi pasti akan menjadi kenang-kenangan yang tak terlupakan dan tentu bisa kamu ceritakan kepada teman-temanmu di rumah.

Gerabah Banyumulek terkenal cantik. Kamu bisa menemukan gerabah-gerabah dengan nilai ekstetika tinggi. Berupa hiasan atau pajangan dengan warna-warna cantik dan beraneka bentuk, desain, dan ragam. Dari mulai dua dimensi ataupun tiga dimensi. Di antaranya ada selao (gentong), kekete atau sigon (wajan), kemek (periuk), ceret, tong sampah, guci, asbak rokok, dan lain-lain. Kamu juga bisa menemukan sauvernir-souvenir pernikahan yang lucu-lucu di sini. Info lebih lengkap bisa dibaca di artikel Gerabah Banyumulek.

2. Anyaman Desa Baleka yang Cantik

anyaman Khas Lombok

Di Desa Beleka inilah salah satu pusat souvenir khas Lombok dan tertua di Lombok. Di desa ini, matamu bakalan berbinar-binar melihat berbagai pernak-pernik anyaman. Soalnya, hampir seluruh penduduk desa ini berprofesi sebagai pengrajin anyaman. Perlu kamu tahu juga, kerajinan anyaman di desa ini sudah turun termurun diwariskan jauh sebelum Pulau Lombok seterkenal ini. Bisa kamu bayangkan, betapa kerennya hasil anyaman di desa ini, kan?

Di Desa Baleka Lombok kamu akan menemukan berbagai souvenir yang terbuat dari anyaman. Anyaman ini sebagian besar berbahan dasar ketak (sejenis mendong) dan rotan. Kerajinan itu antara lain tas cantik, pernak-pernik dekorasi ruangan, hiasan dinding, perlatan rumah tangga, vas bunga, piring buah, dan masih banyak lagi. yang paling dicari oleh wisatawan adalah Cupu, yaitu sebuah wadah berbentuk bulat yang biasanya dipakai untuk menyimpan tembakau dalam upacara tradisional bendulang. Info lebih lengkap bisa dibaca di artikel Anyaman Desa Baleka

3. Mutiara Lombok

mutiara-laut

Daerah yang bisa kamu datangi untuk menemukan Mutiara Lombok adalah sekitar daerah Sekarbile untuk melihat pembuatan perhiasan dari mutiara hitam. Di daerah Sekarbile kamu juga bisa melihat pengrajin emas dan perak. Tentu tidak hanya melihat pembuatannya, kamu juga harus membelinya. Di tempat ini kamu bisa membeli dengan harga yang beragam. Harga beragam itu tergantung dengan besar kecilnya mutiara dan kesulitan membuatnya. Lebih baik kamu melihat-melihat beberapa toko mutiara, agar kamu bisa memilih mutiara yang cocok untuk kamu. Dan tentu dengan harga penawaran yang sesuai juga dengan keinginanmu.

Jangan salah, produk mutiara Lombok ini sangat berkualitas. Sampai-sampai bukan hanya dijual di Lombok saja tapi juga diekspor ke mancanegara. Makanya jangan sampai kelewatan untuk membeli mutiara Lombok sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Untuk info lebih lengkapnya bisa dibaca di artikel Mutiara Lombok.

By Zahratul Wahdati

Yuk Bagikan :

FOLLOW US ON INSTAGRAM @WISATA_LOMBOK