Kelezatan Sate Bulayak Khas NTB Bisa Kamu Coba di Rumah, ini Resepnya!

Sudah pernah mencoba sate bulayak khas NTB? Jika kamu belum pernah mencoba kamu dapat membaca artikel sebelumnya, klik di sini. Kalau sudah kamu pasti akan ketagihan dan kangen untuk kembali menyantapnya, bukan? Tenang-tenang, kamu bisa kok membuat sate bulayak di rumah.

Kamu juga bisa membuatnya di rumah, berikut resepnya. Bahannya terdiri dari daging sapi  300 gr yang ditumbuk kasar kemudian dipotong kecil-kecil. Air jeruk nipis 1 sdm, parutan kelapa tua 100 gr, 100 gr kacang tanah yang ditumbuk halus, 1 sdm gula merah yang diserut, 200 ml santan kental, 25 tusuk sat, 10 buah bulayak atau lontong khas Lombok.

Sedangkan untuk bumbu hulusnya terdiri dari 15 cabai rawit, 6 butir bawang merah, 4 siung bawang putih, ¾ sdt merica sangrai, dan ¾ sdt garam.

Setelah sudah menyiapkan bumbu-bumbunya, tata terlebih dahulu di atas meja agar mudah ketika memasukannya ke dalam masakan. Langkah pertama, kamu harus melumuri daging sapi dengan air jeruk nipis, kemudian kamu diamkan selama 15 menit. Air jeruk nipis ini berguna untuk membuang amis pada daging. Kemudian, kamu harus mencampurkan daging sapi tersebut dengan setengah bagian bumbu halus dan kelapa parut lalu di aduk hingga rata.

Pastikan bumbu sudah rata sebelum menusuk daging sate dengan tusuk sate. Setelah di tusuk, sate bulayak tidak langsung dibakar namun dikukus terlebih dahulu selama 20 menit. Inilah rahasia agar bumbu tersebut meresap sempurna ke seluruh bagian daging. Setelah dikukus baru sate bulayak dibakar di atas arang batok kelapa hingga menjadi kecokelatan.

Untuk bumbu sambal sate bulayak ini, kamu harus memanaskan 3 sendok makan minyak goreng dan panaskan di dalam wajan, kemudian tumis bumbu hingga harum. Tambahkan kacang tanah, gula merah, dan tuangkan santan. Kamu harus mengaduknya hingga rata. Masak bumbu tersebut hingga mendidih dan kental. Lalu sambal tersebut dituangkan ke dalam piring kecil.

Piring kecil berisi bumbu itu disajikan di samping potong-potong lontong bulayak di atas piring. Jangan lupa taruh juga sate bulayak di atasnya. Makanlah bersama keluargamu, sambil bercerita kenangan-kenangan berlibur di NTB. Pasti sate bulayak yang lezat itu akan membuat hubungan keluargamu menjadi semakin erat. Semoga berhasil membuat sate bulayak di rumah, ya!

By Zahratul Wahdati

Yuk Bagikan :

FOLLOW US ON INSTAGRAM @WISATA_LOMBOK