Lombok dengan Sriwijaya dan Majapahit ada apa ya?

Kata lombok memang terkesan aneh, kenapa demikian? Karena lombok artinya cabe dan banyak para wisatawan yang datang ke lombok selalu membayangkan kuliner yang pedas lantaran makna lombok itu cabe, tapi makna kata lombok yang sebenarnya adalah “lurus” yang memang sudah tertulis sejak jaman kerajaan Majapahit pada buku negara kertagama yang berbunyi ” lombok Sasak Mirah Adi ” terus apa makna dari kalimat tersebut? Kalau kita kaji kalimat tersebut dengn cara pisahkan perkata yaitu lombok artinya lurus, Sasak artinya orang lombok sendiri, Mirah artinya permata dan Adi artinya kejayaan. Nah sudah jelas sekarang makna kalimat yang sudah tertulis di buku negara kertagama tersebut, yaitu orang lombok yang memiliki hati yang lurus untuk di jadikan  permata kejayaan.

Lombok memang sudah mengalami peradaban yang panjang bukan hanya peradaban dari kerjaan Majapahit tapi sudah di kuasai sebelumnya oleh kerajaan Sriwijaya yang terbukti dengan ditemukannya bukti arkeologis yaitu empat arca Budha yang dimana 2 di simpan di musium pusat Jakarta dan 2 lagi di simpan di musium NTB, dan masih banyak lagi penemuan penemuan para arkeolog yang membuktikan bahwa lombok sudah exist sejak dahulu kala.

Terus apa donk bukti kerajaan Majapahit yang lain selain tulisan di buku negara kertagama itu? Banyak kok buktinya antara lain nama nama daerah di Lombok banyak yang sama dengan nama kota di Jawa contohnya kota Kediri, di lombok pun ada desa Kediri, kota Gersik, di Lombok pun ada desa Gersik, kota Surabaya, di Lombok pun ada desa Surabaya dan masih banyak daerah lain. Terus dari tulisan aksara kejawen, di Lombok pun sama bentuk tulisannya, kalau di Jawa dibaca Ho No Co Ro Ko, tapi di Lombok dibaca Ha Na Ca Ra Ka, itulah buktinya bahwa lombok sudah sering di kunjungi orang luar. Naaaah pasti berpikir “masak saya kalah dengan orang zaman dulu yang sudah datang ke lombok dan tidak tau pakai apa mereka datang”. Ayok makanya ke lombok biar tidak penasaran.

Dimana sih lombok itu? Oke!!!! lombok itu bereda percis di timurnya Bali terpisah oleh selat Lombok yang terkenal dengan nama wilies Line pemisah flora dan fauna yaitu bali ke barat mengikuti flora dan fauna Asia sedangkan lombok ke timur mengikuti flora dan fauna Australia  dan di timurnya lombok ada pulau Sumbawa yang terpisah dengan selat alas. kalau kita datang menggunakan pesawat dari Jakarta waktu tempuhnya sekitar 2 jam, Surabaya sekitar 1 jam, kalau dari Bali hanya 30 menit, Deket kok, apa lagi sekarang lombok sudah punya airport internasional walaupun masih sederhana he he he he, tapi ada penerbangan direct dari malaysia, singapore, dulu sempat ada dari Australia Perth dan akan ada dari Hongkong dan Dubai. Terus suku asli lombok adalah suku Sasak yang menggunakan  bahasa sasak sebagai bahasa sehari hari dengan luas pulau 4.725km2  dan jumlah penduduknya sekitar 3.000.000 jiwa yang 80% Muslim sisanya hindu, Kristen, Katolik, Konghucu dan budha, lombok terbagi menjadi 4 kabupaten dan satu kodya yaitu kab Lombok timur, Kab Lombok tengah, Kab Lombok barat, Kab Lombok Utara dan kodya mataram sebagai pusat pemerintahan, komersial dan pendidikan.

Masih bingung niiiih kalau mau ke lombok? Jangan khawatir di Lombok sekarang sudah banyak Tour and Travel yang menyediakan jasa paket liburan di Lombok yang resmi yang akan membawa Anda ke tempat tempat yang indah di Lombok, karena di Lombok adalah surganya dunia bagi wisatawan manca negara karena di Lombok pantainya indah indah, air terjun cantik cantik, budayanya menarik, banyak pulau kecil yang kami sebut Gili yang di jadikan tempat persinggahan yang menakjubkan bagi Tourist asing, pemandangan bawah laut yang menawan, gunung Rinjani yang tinggi nan indah sebagai gunung tertinggi no 2 di indonesia dan masih banyak lagi.

Pasti dah mahal kalau ke lombok? Jangan khawatir di Lombok pun banyak Tour and Travel yang menyediakan paket wisata murah di Lombok, pokoknya jangan sampai tidak ke lombok, pasti Anda akan terus penasaran dengan cabe di Lombok, pedes banget atau sekedar pedes,

silakan cek gambar untuk tempat – tempat wisata yang indah di Lombok.

Yuk Bagikan :

FOLLOW US ON INSTAGRAM @WISATA_LOMBOK