Menikmati Keindahan Alami dari Air Terjun Tiu Pupus

Air Terjun Tiu Pupus merupakan salah satu dari sekian banyak air terjun yang terletak di kaki gunung Rinjani. Merupakan air terjun yang keberadaannya masih sangat alami. Pephonan, kicauan burung dan suara air terjun menambah kenikmatan tersendiri bagi kamu yang ingin berwisata ke Tiu Pupus ini. Terletak di Desa Genggelang Kabupaten Lombok Utara.

Bagi yang penasaran asal-usul penamaan “Tiu Pupus”, menurut masyarakat setempat nama tersebut berasal dari kata Tiu yang berarti genangan air dan Pupus yang berarti akar. Jadi, berdasarkan masyarakat suku Sasak setempat, arti nama Air Terjun Tiu Pupus merupakan aliran air yang tertahan disebabkan akar-akar pohon yang berada di puncak air terjun. Akar-akar pohon yang berada di puncak air terjun ini lah yang memberikan keindahan tersendiri sehingga memiliki daya tarik unk bagi wisatawan yang berkunjung. Air yang jatuh jadi terlihat seperti kain sutera yang dibentangkan ke bagian bawah.

Dengan memiliki lebar hampir 10 meter dan ketinggian 50 meter, air terjun ini merupakan salah satu air terjun tertinggi di Pulau Lombok.

Jangan coba-coba naik keatas permukaan air terjun, karena permukaannya sangat curam. Pepohonan dan ekosistem alamnya pun masih sangat alamiah, siapapun yang mengunjunginya akan merasakan seperti di air terjun yang berada di hutan rimba. Di sekitar area Air Terjun Tiu Pupus ini terdapat pohon-pohon kakao, dan bukan rahasia lagi bahwa Lombok memang salah satu penghasil kakao terbesar di Indonesia. Dan kabar baiknya, untuk masuk dan menikmati air terjun ini tidak memerlukan biaya. Free access tersebut merupakan hal yang jarang ditemui di objek-objek wisata lainnya. Namun untuk keperluan pengembangan wisata, mungkin saja di masa depan nanti akan dipungut biaya untuk masuk ke air terjun ini.

Direkomendasikan untuk memakai sepatu khusus gunung, karena trek perjalanan menuju Air Terjun Tiu Pupus sangat terjal dan dipenuhi lumut. Jalur perjalanan menuju tempat wisata ini sangat licin, pastikan travelers agar tetap hati-hati selama perjalanan. Untuk dapat mengaksesnya, kamu bisa melalui jalur perjalanan dari pusat kota Mataram ke Pemenang Lombok Utara, setelah itu melakukan perjalanan ke spot lokasi air terjun. Perjalanan dari pusat kota Mataram hingga ke gerbang Air Terjun Tiu Pupus membutuhkan waktu hingga 2 jam.

By Lalu Razieb Ariaharfi (Zi)

Yuk Bagikan :

FOLLOW US ON INSTAGRAM @WISATA_LOMBOK