Menikmati Liburan di Pantai Berpasir Merica, Pantai Tanjung Aan

Banyak orang tentu sudah sangat mengenal Pulau Lombok sebagai pulau yang dikelilingi oleh banyak pantai-pantainya yang cantik. Dari sekian puluh, bahkan ratusan pantai tersebut, semuanya memiliki keunikannya masing masing, salah satunya adalah pantai yang berada di Lombok Tengah ini. Pantai Tanjung Aan. Pantai yang menghadap langsung dengan Samudra Hindia ini merupakan pantai yang menjadi ikon pariwisata di Kabupaten Lombok Tengah, karena di tempat inilah dongeng Putri Mandalika berasal. Oleh karena itu, setiap tahun, tepatnya tanggal 20 pada bulan ke 10 berdasarkan penanggalan masyarakat sasak, kegiatan Pesta Rakyat Bau Nyale rutin diselenggarakan oleh Pemerintah Lombok Tengah bersama masyarakat. Hal ini menjadi bukti bahwa pemerintah juga turut andil melestarikan kebudayaan setempat, didukung juga oleh partisipasi masyarakat yang sangat besar.

Bagi yang belum mengetahui, Bau Nyale merupakan sebuah tradisi suku sasak Lombok Tengah untuk beramai-ramai menangkap binatang sejenis cacing laut yang hanya bisa ditangkap pada bulan-bulan tertentu. Siapa pun berhak untuk ikut meramaikan pesta rakyat yang digelar setiap tahun ini, kamu cukup datang ke pantai Tanjung Aan pada hari yang sudah ditentukan. Kegiatan ini selalu diselenggarakan secara meriah, bahkan sampai mendatangkan band dan juga artis ibukota.

Selain daripada Bau Nyale, yang menjadi daya tarik pantai ini adalah keindahan alamnya. Ada banyak berugaq (sejenis gazebo) tempat Anda bisa berteduh dari teriknya matahari pantai yang selalu menyengat. Setiap pantai di Pulau Lombok tentu memiliki ciri khasnya masing-masing, tak terkecuali Pantai Tanjung Aan ini. Ciri khas dari Pantai ini adalah terletak pada pasirnya yang unik. Mungkin hanya di pantai ini kamu bisa menemukan pasir yang berbentuk seperti biji merica.

Pantai Tanjung Aan adalah sebuah pantai dengan garis pantai melengkung sepanjang kurang lebih dua kilometer. Hamparan pasir putih seperti butiran merica terbentang luas. Pantai Tanjung Aan memiliki ombak pantai yang kecil, hal ini tentu saja membuatmu lebih aman bermain bersaa anak atau adikmu yang masih kecil.

Meskipun di bibir pantai ombaknya kecil, tapi kamu yang ingin bermain surfing tetap bisa melakukannya. Tentu saja pantai ini juga memiliki spot khusus yang bisa menjadi tempat untukmu bermain surfing sepuasnya. Ada juga fasilitas penyewaan papan surfing yang tersedia banyak pilihannya.

Bagaiamana? Sudah merasa tergiur untuk segera menghabiskan waktu liburan Anda di Pantai Tanjung Aan?

By Lalu Razieb Ariaharfi (Zi)

Yuk Bagikan :

FOLLOW US ON INSTAGRAM @WISATA_LOMBOK