Pulau Gunung Wayang Lombok si Pemilik Kutukan Kematian

Di balik keindahan dan keeksotisan Pulau Lombok, ternyata tersimpan sebuah tempat yang beraura super mistis. Ya, namanya Pulau Gunung Wayang Lombok. Kamu masih bisa melihat pulau ini dari jauh, tetapi jangan pernah berharap bisa mengunjungi dan berdiri di pasirnya. Kalau kamu melakukannya, kamu bisa meninggal. Ih, ngeri ya!

Siapa yang mengunjungi Pulau Gunung Wayang Lombok akan meninggal memang sebuah mitos yang dipercaya sejak zaman bahela. Masyarakat percaya, Pulau Gunung Wayang Lombok memiliki kutukan kematian. Sehingga, pulau ini dikeramatkan, dan tidak boleh dikunjungi.

Mitos ini pun dipercaya oleh para pengunjung. Kamu bisa buktikan aura kutukan kematian pulau ini. Sampai-sampai, pengunjung hanya bisa melihat Pulau Gunung Wayang yang letaknya persis di depan Pantai Selong Belanak. Meskipun dekat dengan kawasan objek wisata populer Pantai Selong Belanak. Kamu hanya bisa melihat pengujung yang melihat-lihat saja, meskipun dengan rasa penasaran, tetapi mereka tidak mau mengambil resiko mengenai mitos tersebut.

Memang dari nama pulau ini tidak ketara aura mistisnya. Nama Pulau Gunung Wayang ini berasal dari bentuk pulau ini yang terlihat seperti segitiga.  Sehingga suku sasak, yang tak lain adalah masyarakat setempat memberi nama Gunung Wayang, karena bentuknya yang seperti gunungan ketika pentasan wayang kulit.

Meskipun pulau ini kecil, bentuk segitiga itu membuat Pulau Gunung Wayang menjadi unik dan semakin memperindah objek wisata Pantai Selong Belanak. Tetapi, kalau kamu penasaran ingin melihat dan mengunjungi Pulau Gunung Wayang Lombok ada satu cara yang bisa kamu tempuh. Yaitu kamu harus meminta izin kepada pemangku adat Suku Sasak. Namanya dalah Amaq Salmah.

Setelah itu, pemangku adat tersebut akan membuat semacam ritual khusus terlebih dahulu sebagai upaya meminta izin para penunggu pulau tersebut sebelum akhirnya mengantarkan kamu menuju Pulau Gunung Wayang Lombok.

Terlepas dari benar atau tidaknya mitos kutukan kematian di Pulau Gunung Wayang Lombok, sebagai pengunjung kamu harus mematuhi peraturan-peraturan di objek wisata yang kamu kunjungi. Hal ini agar kamu aman dan liburanmu menjadi sempurna. Meskipun Pulau Gunung Wayang menyimpan mitos yang mengerikan, tetapi berfoto dengan latar belakang pulau itu menjadi salah satu favorit para pengunjung. Jadi, kamu tidak boleh melewatkannya, ya!

Siap berlibur di lombok? Ayo chek ya objek wisata seru lain di blog www.lombokclik.com

By Zahratul Wahdati

Yuk Bagikan :

FOLLOW US ON INSTAGRAM @WISATA_LOMBOK