Sensasi Rumah Tradisional Lombok di Desa Segenter

Kamu sudah pernah melihat perkampungan yang isinya rumah adat tradisional? Nah, di Desa Segenter kamu akan menemukan rumah tradisional Lombok. Pemukiman rumah tradisional lombok ini akan mengenalkanmu ilmu tata ruang suku Sasak yang terkenal sejak zaman lampau.

Seperti yang kamu tahu, kebudayaan memegang peran penting dalam pembuatan rumah adat. Sebenarnya, ada dua tempat di Lombok yang memiliki pemukiman adat suku Sasak, yaitu di Desa Adat Sade  di Lombok bagian Selatan dan Desa Adat Segenter di Lombok bagian Utara.

Untuk mengungunjin Desa Segenter kamu bisa melalui jalur Pantai Barat Pulau Lombok. Jaraknya sekitar 90 kilometer dari Kota Mataram. Rutenya jika kamu menggunakan kendaraan pribadi adalah Mataram-Senggigi-Pemenang-Tanjung-Selengen-Segenter. Saat sampai di KM 97 kamu akan menemukan rambu jalan yang menunjukan arah ke Seda Segenter. Sebuah Desa yang letaknya tidak jauh dari Desa Bayan.

Desa Segenter ini luasnya sekitar 3 hektar dan dikelilingi oleh pintu. Ketika kamu memasuki pemukiman adat ini, kamu akan melihat deretan rumah yang tertata rapi. Deretan rumah tersebut mengapit deretan berungak yang berada di tengah.

Rumah adat Lombok ini hanya memiliki satu pintu. Berbentuk persegi panjang dengan ukuran sekitar 6×7 meter. Didingnya terbuat dari anyaman bambu. Beratap berbentuk limas dengan atap ilalang. Lantai rumahnya dari tanah. Ruangan di dalamnya terdiri dari Amben Belek (tempat peralatan dapur), tempat tidur, dan inan balek.

Di Desa Segenter biasanya satu area merupakan rumah satu keluarga atau satu generasi. Rumah orangtua berada di sisi Timur, sedangkan anak-anaknya menempati rumah yang terletak di depan rumah orang tua (di sisi barat).  Kedua rumah ini akan saling berhadapan dengan berungak di tengah-tengahnya. Berungak ini berfungsi untuk tempat bercengkrama antara orangtua dan anak. Serta menjadi tempat belajar bersama dan menerima tamu.

Di Desa Segenter ini terdapat sekitar 81 eumah adat, yang ditinggali 101 keluarga. Untuk mengunjungi Desa Segenter yang lokasinya berada di Desa Sukadana, Kabupaten Lombok Barat ini lebih baik kamu mengunakan mobil sewaan, sebab angkutan umum minim sekali. Waktu berkunjung yang baik adalah pukul 08.00 atau sore hari sekitar 16.00 WITA. Disarankan lagi kamu menyewa jasa penduduk untuk memandu dan tempat bertanya-tanya. Dan, kerennya untuk memasuki kawasan keren ini tidak dipunggut biasaya alias gratis.

By Zahratul Wahdati

Yuk Bagikan :

FOLLOW US ON INSTAGRAM @WISATA_LOMBOK