Tari Gandrung Lombok, Tarian dari Zaman Erlangga

Lombok memang kaya akan budaya dan pariwisata yang kuat. Terdapat berbagai objek wisata dan budaya yang disajikan pulau ini. ada rumah adat yang unik, suku, dan juga tarian. Di Lombok memiliki berbagai tarian tradisional, salah satunya adalah tari gandrung Lombok. Tarian ini sudahkah kamu kenal? Jika belum, mari mengenal tarian indah dan menarik asal Lombok ini.

Tari gandrung ini berupaka seni tari yang populer di kalangan suku Sasak. Tari ini juga disebut tari jengger. Sejarawan mengatakan tarian ini sudah ada sejak zaman Erlangga di Jawa Timur.

Awal lahirnya tari gandrung ini adalah ketika para prajurit pulang dari medan perang. Kemudian datang seorang wanita cantik yang menari dan mengajak satu per satu prajurit yang dikehendakinya untuk menari bersama. Makanya, tarian ini biasa ditarikan dengan penonton yang melingkar. Sehingga di dalam lingkaran itu menjadi sebuah panggung sederhana.

Secara umum, kamu harus tahu tari gandrung ini terdiri dari tiga bagian: bapangan, gandrangan, dan parianom. Bapangan merupakan bagian ketika gandrung digambarkan sedang memperkenalkan diri kepada penontong dengan mengitari arena tempat ia menari. Kemudian, dilanjutkan dengan bagian gandrang yakni ketika penari bergerak lincah mengitari arena dengan kipas di tangann seperti burung elang yang mengincar mangsa.

Biasanya, penari ini akan mengincar penonton di baris depan untuk menemaninya menari. Ketika penari sudah menemukan mangsanya ia akan menyentuh atau melempar kipasnya pada orang tersebut. Bagian ketiga yaitu parianom yaitu saat tarian hanya diiringi redep dan seruling, dibantu suara gendang, petuk, rincik, dan gong. Di bagian inilah penari gandrung akan menyanyi disebut dengan bersandaran.

Kamu sudah mengenal bagian dari tarian gandrung, kini kamu juga harus mengenal mengenai peralatan musik dalam tari gandrung. Alat musi yang mengiringi tari gandrung adalah gamelan dengan ragam yang mengalami perubahan dari masa ke masa. Tarian ini biasanya dipertujukan ketika musim panen. Dulunya tarian ini dimainkan oleh penari pria, tetapi kemudian dimainkan juga oleh penari wanita. Jadi sempatkan diri untuk menonton tarian gandrung ketika kamu berlibur di Lombok, ya!

Untuk menyebaran tarian gandrung di Lombok cukup merata. Kamu juga akan menemukan berbagai aliran tarian gandrung di berbeda daerah. Seperti gandrung bertais dari daerah bertais dan dasan tereng yang masih mempertahankan keaslian tarian tradisi tarian gandrung.

By Zahratul Wahdati

Yuk Bagikan :

FOLLOW US ON INSTAGRAM @WISATA_LOMBOK